Tips Camping Aman di Musim Hujan, Camping Aman di Musim Hujan, tips camping hujan, camping hujan

Camping Aman di Musim Hujan, Apa yang harus dilakukan?

posted in: Blog, Camping | 0

Tips Camping Aman di Musim Hujan. Bagi pencinta suasana alam, camping bisa menjadi pilihan aktivitas yang tepat untuk Anda. Sayangnya, di Indonesia durasi musim hujan terjadi setiap November hingga April sehingga tidak menutup kemungkinan bahwa camping di musim hujan akan menjadi sedikit menantang adrenalin.

Natal dan Tahun Baru 2022 tinggal menghitung hari. Banyak jenis kegiatan yang dapat dilakukan bersama keluarga, teman, ataupun pasangan untuk menyambutnya. Salah satunya dengan liburan. Kesempatan ini juga bisa menjadi waktu yang tepat untuk Anda abadikan sebagai momen spesial.

Baca Yuk :

Berkemah atau camping adalah aktivitas luar ruangan yang seru. Buat anda yang suka menantang adrenalin, pendakian dan camping adalah aktivitas yang wajib dicoba. Untuk mendapatkan pengalaman yang menyenangkan, sangat disarankan untuk camping saat cerah.

Tips Camping Aman di Musim Hujan

Namun cuaca di pegunungan tidak terduga. Meskipun musim kemarau, ada kalanya anda kehujanan saat camping. Jika suatu saat anda camping di musim hujan, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan.

Ada alternatif untuk Anda melakukan camping yang aman dan nyaman walaupun di musim hujan, yaitu dengan glamping. Merupakan singkatan dari glamorous camping, di Indonesia kegiatan satu ini lumayan populer. Lantaran wisatawan yang ingin berkemah dapat dimudahkan berkat fasilitas dan lainnya yang telah tersedia.

Selain fasilitasnya yang lengkap, ada beberapa kegiatan menarik yang bisa dilakukan saat glamping.

Membuat api unggun

Salah satu kegiatan yang tidak boleh dilewatkan adalah api unggun. Sebagai penghangat badan di malam yang dingin, kegiatan satu ini bisa dilakukan sambil melakukan bonding, bermain, dan bernyanyi bersama-sama.

Melihat bintang

Pada malam hari, bintang banyak bermunculan. Saat glamping, Anda dapat menatap dan memperhatikan keindahan pancaran cahaya dari atas langit sambil berbicara santai dengan partner Anda.

Berswafoto dengan latar alam

Menginap di glamping sayang jika dilewatkan dengan tidur-tiduran saja. Selagi menginap di sana, Anda bisa mengabadikan kegiatan dengan swafoto berlatar belakang pemandangan alam yang memukau dan Instagramable.

Barbecue-an

Berkumpul bersama tanpa barbecue terasa kurang lengkap. Sensasi kegiatan bakar-bakaran daging atau seafood sekaligus menyantap hidangan hangat-hangat terasa sangat seru, apalagi jika diadakan bersama kerabat terdekat.

Berwisata ke destinasi terdekat

Umumnya, spot glamping memang berada di tempat yang dekat dengan alam sehingga banyak destinasi menarik di sekitarnya yang dapat Anda kunjungi untuk berwisata. Seperti air terjun, gunung, bukit, dan danau. Bahkan destinasi buatan seperti kolam renang, outbond, area bermain sepeda, dan lainnya juga disediakan fasilitasnya.

Menyatu dengan alam

Jika Anda tinggal di pusat kota, pasti jarang menjumpai tempat-tempat terbuka yang langsung menghadap ke alam bebas. Pergi glamping bisa menjadi waktu yang tepat untuk Anda menghabiskan waktu sambil menghirup udara segar.

Menikmati pemandangan

Salah satu manfaat glamping yang paling ditunggu-tunggu wisatawan, yaitu bisa melihat panorama indah. Tidak heran kalau spot glamping selalu berada di tempat-tempat yang memiliki best view untuk melihat sunrise maupun sunset.

Self-healing

Cara terbaik untuk self-healing adalah bisa beristirahat cukup, merawat diri, dan melakukan meditasi demi membantu menyegarkan pikiran dan mental agar selalu positif, sekaligus meningkatkan kesehatan dan well-being seseorang. Faktanya, cara tersebut dapat Anda lakukan saat sedang ber-glamping ria.

Dirikan tenda di area tinggi

Tips pertama yang perlu anda ingat ketika berkemah pada musim hujan adalah dirikan tenda di tempat yang tinggi. Sebenarnya sudah umum diketahui bahwa musim hujan bukan waktu yang tepat untuk berkemah. Meskipun begitu, masih ada banyak yang nekat berkemah. Jika begitu, cobalah untuk mendirikan tenda di area yang lebih tinggi agar bagian dalam tenda tidak kemasukan air. Jika salah lokasi, air genangan hujan akan masuk ke dalam tenda. Dengan mendirikan tenda di tempat yang tinggi, anda akan terhindar dari kebanjiran.

Bawa jaket hujan

Hal yang pasti harus anda persiapkan ketika camping di musim hujan adalah membawa jaket hujan. Dengan memakai jaket hujan, aktivitas tetap bisa lancar tanpa hambatan yang besar. Jaket hujan tidak hanya akan melindungi anda dari kehujanan, tetapi juga mencegah anda mengalami hipotermia. Untuk mendapatkan kenyamanan yang memuaskan, pilihlah jaket hujan lapisan luar berbahan anti air dan lapisan dalam polyester atau wool basic. Pakailah juga celana dan sepatu anti-air. Ketika camping di musim hujan, hindarilah memakai pakaian berbahan katun karena sulit kering.

Biasakan camping aman

Agar bisa tetap aman ketika camping di musim hujan, anda bisa melakukan beberapa hal. Misalnya anda menyalakan api unggun setidaknya 4.5 meter dari tenda. Jangan biarkan api unggun menyala tanpa diawasi siapapun, matikan terlebih dahulu. Anda harus memenuhi kebutuhan dehidrasi. Anda juga tidak boleh lupa memakai losion anti serangga atau nyamuk saat berkemah.

Tetaplah kering

Ketika cuaca sedang dingin atau lembab, usahakan agar anda tetap kering. Adapun cara agar tubuh tetap hangat adalah dengan memakai pakaian beberapa lapis. Kaki pun harus terlindung dari basah.

Gunakan tenda 4-Season

Tenda ini mungkin tidak berlaku di Indonesia yang memiliki dua musim, tetapi ini adalah salah sau tenda rekomendasi buat anda. Pasalnya tenda ini ideal untuk berkemah di semua musim. Meskipun hujan dan angin lebat, tenda ini mampu bertahan dengan baik.

Gunakan Sleeping Pads

Saat anda tidur berkemah di musim hujan atau dingin, ada baiknya menggunakan sleeping pads. Kasur praktis ini akan melindungi anda dari dingin dan lembap. Selain itu, kasur ini nyaman untuk punggung anda.

Jagalah kebersihan lingkungan

Ini adalah hal penting yang harus dilakukan saat berkemah di musim kemarau ataupun musim hujan. Lingkungan sekitar tidak akan menghambat anda jika kondisinya bersih. Banyak gunung dan jalur pendakian menjadi tidak nyaman dilewati karena banyak sampah pendaki. Selain bisa merusak lingkungan, kondisi ini juga akan bertimbal balik pada manusia sendiri. Potensi banjir dan longsor pun tidak akan terhindarkan kalau kondisi alam rusak. Oleh karena itu, jagalah kebersihan lingkungan berkemah anda.

Tips Camping Aman di Musim Hujan

Dan demikian itulah beberapa tips yang bisa anda lakukan ketika terlanjur berkemah di musim hujan. Semoga dengan beberapa ulasan tersebut, anda menjadi lebih bijak dan cermat kapan melakukan camping. Semoga bermanfaat.

Baca Yuk :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *