Manfaat Olahraga Arung Jeram untuk Kesehatan Fisik dan Mental. Konon, sejarah arung jeram dimulai setelah masa Perang Dunia II. Seorang tentara asal Amerika Serikat bernama John Wesley Powell menyusuri Sungai Colorado sejauh 250 mil dan melalui gugusan tebing raksasa nan cantik yang kemudian dikenal dengan nama Grand Canyon.


Namun, jenis perahu yang digunakan sang Bapak Arung Jeram Dunia tersebut nggak seperti perahu yang digunakan saat ini, tetapi masih berupa kayu yang disusun sedemikian rupa.

Manfaat Olahraga Arung Jeram untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Barulah pada pengembangannya, aktivitas mengarungi sungai tersebut mulai populer di tanah Amerika dan Eropa. Kegiatan yang menantang dan memiliki risiko tinggi tersebut kemudian disebut dengan istilah white water rafting.

Perahu yang digunakan pun mulai diproduksi secara khusus untuk rafting menggunakan material yang lebih kuat, sehingga dapat mengangkut lebih banyak orang sekaligus alat-alat dan logistik lain yang dibutuhkan.

Arung jeram adalah olahraga ekstrim yang melibatkan perjalanan menggunakan perahu kecil di sungai atau sungai berarus deras. Peserta dalam olahraga ini menggunakan dayung untuk mengendalikan perahu dan menghadapi rintangan alam seperti bebatuan, air terjun, dan arus deras. Berikut beberapa informasi tentang olahraga arung jeram:

  1. Perahu: Perahu yang digunakan dalam arung jeram biasanya terbuat dari bahan tahan lama seperti plastik, karet, atau bahan komposit. Mereka dirancang khusus untuk menghadapi arus deras dan bebatuan. Perahu arung jeram biasanya memiliki dayung ganda yang digunakan oleh peserta untuk mengendalikan perahu.
  2. Rintangan: Sungai yang digunakan untuk arung jeram sering kali memiliki berbagai jenis rintangan alam, seperti bebatuan, air terjun, jeram, dan arus deras. Peserta harus menggunakan dayung dan keterampilan navigasi untuk mengatasi rintangan ini.
  3. Klasifikasi Arus: Sungai diklasifikasikan berdasarkan kesulitan dan bahaya arus. Klasifikasi berkisar dari kelas I (arus yang mudah) hingga kelas VI (arus yang sangat sulit dan sangat berbahaya).
  4. Keselamatan: Keselamatan peserta dalam arung jeram sangat penting. Mereka harus memakai peralatan pelindung seperti helm, jaket pelampung, dan tali pengaman. Ada juga panduan dan prosedur keselamatan yang harus diikuti oleh peserta.
  5. Keterampilan Navigasi: Arung jeram memerlukan keterampilan navigasi yang baik. Peserta harus dapat memilih jalur yang tepat melalui rintangan dan menghindari bahaya.
  6. Tim: Beberapa jenis arung jeram melibatkan tim. Ini berarti peserta harus bekerja sama untuk mengendalikan perahu dan melewati rintangan.
  7. Lokasi: Arung jeram bisa dilakukan di sungai-sungai dengan berbagai tingkat kesulitan di seluruh dunia. Beberapa destinasi terkenal untuk arung jeram termasuk Sungai Colorado di Amerika Serikat, Sungai Zambezi di Afrika, dan Sungai Futaleufú di Chili.
  8. Olahraga Ekstrim: Arung jeram sering dianggap sebagai olahraga ekstrim karena melibatkan risiko dan ketegangan yang tinggi. Namun, dengan pelatihan yang baik dan penggunaan peralatan keselamatan yang tepat, risiko dapat diminimalkan.
  9. Wisata Arung Jeram: Selain sebagai olahraga ekstrim, arung jeram juga menjadi daya tarik wisata populer. Banyak orang yang melakukan perjalanan khusus untuk mengalami arung jeram di sungai-sungai indah.
Baca Yuk :  Wisata Kebun Teh Jangkung Malabar Pangalengan

Arung jeram adalah olahraga yang mendebarkan dan memadukan tantangan fisik, keterampilan, dan petualangan alam. Bagi mereka yang mencari pengalaman ekstrim di alam terbuka, ini bisa menjadi pilihan yang menarik. Namun, penting untuk mendekati olahraga ini dengan pemahaman tentang risiko yang terlibat dan dengan pelatihan dan peralatan keselamatan yang sesuai.

Manfaat Olahraga Arung Jeram untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Rafting atau arung jeram adalah jenis olahraga atau aktivitas pengarungan bagian alur sungai yang berjeram. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arung berarti jalan, lintas atau menjelajah.

Sedangkan jeram artinya aliran air yang deras dan menurun (air terjun di sungai). Dalam penerapannya, olahraga air ini menggunakan perahu karet untuk menyusuri arus di sepanjang sungai.

Baca Yuk :  Rekomendasi Harga Hotel di Pangalengan Bandung yang Nyaman Untuk Liburan, Cek Alamatnya

Berkat rasa menantang yang bisa tersaji, olahraga ekstrem ini memiliki banyak penggemar. Nah, meski kesannya hanya untuk senang-senang, olahraga ini nyatanya juga punya berbagai manfaat bagi kesehatan fisik dan mental.

Terlepas dari keseruan dan tantangannya, olahraga air ini juga menawarkan manfaat kesehatan bagi fisik, yaitu:

1. Memperkuat otot 

Arung jeram adalah olahraga yang penuh tantangan secara fisik dan menuntutmu untuk mendayung bagian atas tubuh dengan cepat. Gerakan mendayung ini dapat membantu menguatkan otot-otot lengan, punggung, dan bahu.

Ketika kamu menghadapi sungai yang lebih deras dan berjuang melawan arus yang lebih kuat, itu juga akan meningkatkan kekuatan ototmu.

2. Baik untuk jantung

Seperti jenis olahraga kardiovaskular lainnya, arung jeram juga bagus untuk meningkatkan kesehatan jantung. Sebab, olahraga ini melibatkan penggunaan otot tubuh dalam menjaga keseimbangan, mengendalikan perahu selama kamu mengarungi sungai.

3. Melatih daya tahan fisik

Manfaat olahraga arung jeram bagi fisik selanjutnya adalah melatih daya tahan fisik. Sebab, olahraga ini memerlukan strategi mengarungi arus sungai, bertahan di kondisi alam yang tak terprediksi, serta melewati rintangan bebatuan.

Ketika terjatuh, kamu harus berenang kembali ke perahu karet dengan melawan arus. Seluruh aktivitas ini melatih ketahanan dan kekuatan fisik secara maksimal.

Selain olahraga ekstrem seperti arung jeram, ada aktivitas fisik lain yang bermanfaat untuk melatih kekuatan dan daya tahan tubuh.

4. Membakar kalori

Sama seperti olahraga fisik lainnya, aktivitas air ini juga membakar kalori. Hanya saja, karena kesannya bermain di alam, membuat arung jeram menjadi menyenangkan. Alhasil, olahraga ini tidak terkesan seperti aktivitas fisik yang khusus membakar kalori.

Baca Yuk :  Flying Fox Cileunca Pangalengan 2024

5. Melatih kelincahan serta ketangkasan

Ketika menyusuri sungai dalam arung jeram, olahraga ini membutuhkan kecekatan dan kelincahan yang tinggi. Sebab, kamu dan timmu perlu berjuang untuk menjaga perahu karet tetap stabil saat menghadapi gempuran arus yang kuat agar tidak terbalik.

Selain itu, kamu juga harus waspada terhadap situasi tak terduga, seperti batu-batu di sungai. Secara tidak langsung, olahraga air ini dapat melatih respons kelincahan dan meningkatkan keterampilan motorik.

Manfaat Olahraga Arung Jeram untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Manfaat Olahraga Arung Jeram bagi Kesehatan Mental

Tak hanya untuk fisik, olahraga arung jeram juga bermanfaat bagi kesehatan mental. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Meningkatkan kepercayaan diri

Saat mengarungi sungai selama arung jeram, kamu akan memiliki peran unik dalam membantu tim mencapai tujuan mereka. Ini akan meningkatkan kepercayaan dirimu karena arung jeram  merasa mampu membimbing diri sendiri dan tim dengan aman sampai ke destinasi akhir.

2. Menghilangkan stres

Beberapa orang suka olahraga arung jeram karena menawarkan pelarian dari kenyataan. Semua aktivitas yang kamu lakukan selama sesi arung jeram efektif untuk mengurangi stres.

3. Melepaskan adrenalin

Arung jeram memberikan peluang untuk merasakan lonjakan adrenalin. Pengalaman ini memungkinkan seseorang untuk fokus pada sensasi kesenangan. Alhasil, arung jeram cenderung menjadi kegiatan yang menghibur daripada menjadi aktivitas fisik yang membebani.

Manfaat Olahraga Arung Jeram untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Kontak :
cileunca.adventure99@gmail.com
087711711040