Peralatan Rafting Pelampung Wajib Ada

Peralatan rafting pelampung adalah salah satu alat yang digunakan untuk kegiatan rafting atau arung jeram. Sebelum kita melakukan suatu pengarungan di sungai ataupun hanya berarung jeram ceria saja, terlebih dahulu kita harus mengetahui peralatan pribadi yang harus dimiliki perorangan supaya dapat meminimalisir suatu kejadian tak terduga seperti kecelakaan di air saat arung jeram dan lain – lain.

Peralatan Rafting Pelampung Wajib Ada

Wisata petualangan rafting salah satu rekreasi yang disukai banyak orang, kegiatan olah raga adu nyali ini ada di sejumlah tempat di Indonesia, seperti halnya rafting di Bandung, tepatnya di Situ Cileunca Pangalengan Kabupaten Bandung.



peralatan_rafting_pelampung_cileunca_adventure
peralatan_rafting_pelampung_cileunca_adventure
Peralatan rafting pelampung juga banyak macamnya, tetapi semua mempunyai fungsi yang sama. Pelampung yang dipakai untuk arung jeram adalah pelampung dengan bahan baku di dalamnya dari busa yang kedap air, busa bagian depan lebih tebal dari busa bagian belakang, karena apabila seorang hanyut disungai dalam keadaan tidak sadar atau lemas, maka otomatis orang tersebut akan terapung tengadah atau muka di permukaan air.
Baju pelampung ini sangat penting, baju tersebut bisa membantu anda jika terjatuh ke air, sehingga memungkinkan peserta terapung sehingga mempermudah menyelamatkan diri, selain untuk pelampung, baju tersebut juga cukup ampuh untuk perlindungan tubuh saat terjadi benturan dengan benda lain. Pelampung tersebut ada yang dilengkapi pelindung tubuh sampai ke tengkuk leher. Jadi menggunakan pelampung tersebut pastikan tidak terlalu longgar dan tidak terlalu kencang, itu penting untuk keamanan dan kenyamanan.



Fungsi peralatan rafting pelampung adalah membantu peserta yang jatuh di air agar tetap terapung. Fungsi sekundernya adalah sebagai pelindung / body protector terhadap benturan baik berupa rintangan sungai, maupun (dayung) sesama peserta. Selain itu, ada juga pelampung yang dilengkapi dengan pelindung kepala bagian belakang atau tengkuk.
Ketika menggunakan peralatan rafting pelampung ini harus dikencangkan dengan memasang buckle-buckle (gesper pengencang) dan mengencangkannya, karena jika pelampung terlalu longgar dalam pemakaiannya, maka pelampung tidak berfungsi maksimal.



Jika pelampung terlalu longgar maka saat seseorang tercebur kedalam air pelampung tersebut akan naik ketas sehingga akan mencekik orang tersebut dan akan menyulitkannya untuk bergerak sedangkan jika pelampung terlalu kencang maka akan menghambat jalur pernapasan seseorang. Oleh karena itu pakailah peralatan rafting pelampung yang tidak terlalu longgar dan tidak juga terlalu kencang.

Selamat berpetualang 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*