Peralatan Rafting Yang Lengkap dan Aman. Olahraga arung jeram memberikan manfaat untuk kesehatan fisik dan mental. Beberapa manfaatnya adalah menguatkan otot lengan, melatih keseimbangan gerak tubuh, dan sarana rileks dan relaksasi yang menyenangkan.

Berkat rasa menantang yang bisa tersaji, olahraga ekstrem ini memiliki banyak penggemar. Nah, meski kesannya hanya untuk senang-senang, olahraga ini nyatanya juga punya berbagai manfaat bagi kesehatan fisik dan mental.


Rafting atau arung jeram adalah jenis olahraga atau aktivitas pengarungan bagian alur sungai yang berjeram. Merujuk Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arung berarti jalan, lintas atau menjelajah.

Peralatan Rafting Yang Lengkap dan Aman

Sedangkan jeram artinya aliran air yang deras dan menurun (air terjun di sungai). Dalam penerapannya, olahraga air ini menggunakan perahu karet untuk menyusuri arus di sepanjang sungai.

Terlepas dari keseruan dan tantangannya, olahraga air ini juga menawarkan manfaat kesehatan bagi fisik dan mental, yaitu:

1. Memperkuat otot 

Arung jeram adalah olahraga yang penuh tantangan secara fisik dan menuntutmu untuk mendayung bagian atas tubuh dengan cepat. Gerakan mendayung ini dapat membantu menguatkan otot-otot lengan, punggung, dan bahu.

Ketika kamu menghadapi sungai yang lebih deras dan berjuang melawan arus yang lebih kuat, itu juga akan meningkatkan kekuatan ototmu.

2. Baik untuk jantung

Seperti jenis olahraga kardiovaskular lainnya, arung jeram juga bagus untuk meningkatkan kesehatan jantung. Sebab, olahraga ini melibatkan penggunaan otot tubuh dalam menjaga keseimbangan, mengendalikan perahu selama kamu mengarungi sungai.

3. Melatih daya tahan fisik

Manfaat olahraga arung jeram bagi fisik selanjutnya adalah melatih daya tahan fisik. Sebab, olahraga ini memerlukan strategi mengarungi arus sungai, bertahan di kondisi alam yang tak terprediksi, serta melewati rintangan bebatuan.

Baca Yuk :  Wisata Arung Jeram Situ Cileunca Pangalengan Cocok Untuk Liburan

Ketika terjatuh, kamu harus berenang kembali ke perahu karet dengan melawan arus. Seluruh aktivitas ini melatih ketahanan dan kekuatan fisik secara maksimal.

Selain olahraga ekstrem seperti arung jeram, ada aktivitas fisik lain yang bermanfaat untuk melatih kekuatan dan daya tahan tubuh. Yuk, baca selengkapnya di artikel 15 Jenis Olahraga Kardio di Rumah.

4. Membakar kalori

Sama seperti olahraga fisik lainnya, aktivitas air ini juga membakar kalori. Hanya saja, karena kesannya bermain di alam, membuat arung jeram menjadi menyenangkan. Alhasil, olahraga ini tidak terkesan seperti aktivitas fisik yang khusus membakar kalori.

5. Melatih kelincahan serta ketangkasan

Ketika menyusuri sungai dalam arung jeram, olahraga ini membutuhkan kecekatan dan kelincahan yang tinggi. Sebab, kamu dan timmu perlu berjuang untuk menjaga perahu karet tetap stabil saat menghadapi gempuran arus yang kuat agar tidak terbalik.

Selain itu, kamu juga harus waspada terhadap situasi tak terduga, seperti batu-batu di sungai. Secara tidak langsung, olahraga air ini dapat melatih respons kelincahan dan meningkatkan keterampilan motorik.

6. Menghilangkan stres

Beberapa orang suka olahraga arung jeram karena menawarkan ‘pelarian dari kenyataan’. Semua aktivitas yang kamu lakukan selama sesi arung jeram efektif untuk mengurangi stres.

7. Melepaskan adrenalin

Arung jeram memberikan peluang untuk merasakan lonjakan adrenalin. Pengalaman ini memungkinkan seseorang untuk fokus pada sensasi kesenangan. Alhasil, arung jeram cenderung menjadi kegiatan yang menghibur daripada menjadi aktivitas fisik yang membebani.

Baca Yuk :  Tempat Wisata Terbaru di Bandung Jawa Barat 2024

Peralatan Rafting Yang Lengkap dan Aman

Apa saja peralatan dalam arung jeram? Nah, simak penjelasan dan daftar peralatan yang digunakan dalam arung jeram :

  • Pelampung jaket

Pelampung jaket ini sangat penting, karena bisa membantu anda jika terjatuh ke sungai, dan ketika anda terjatuh akan tetap terapung sehingga mempermudah menyelamatkan diri, selain itu pelampung jaket juga cukup aman untuk perlindungan tubuh saat terjadi benturan dengan benda lain seperti batu batuan yang ada di sungai. Pelampung tersebut dilengkapi pelindung tubuh sampai ke tengkuk leher. Jadi menggunakan pelampung tersebut pastikan tidak terlalu longgar dan tidak terlalu kencang, itu penting untuk keamanan dan kenyamanan Anda saat mengarungi sungai.

  • Helm kepala

Helm sangat penting karena berfungsi melindungi kepala dari benturan benda-benda keras di sungai seperti batu dan kayu, tidak hanya itu tetapi menjaga juga dari benturan dengan peserta lainnya. Helm pelindung kepala ini biasanya tersedia dalam berbagai ukuran, pakailah helm yang sesuai dengan ukuran anda dan atur kekencangan sesuai kenyamanan, jangan terlalu kencang, karena bisa jadi malah bikin pusing. Berikan sedikit kelonggaran agar nyaman dipakai.

  • Perahu karet

Perahu karet yang digunakan saat rafting biasanya berisikan 4 orang peserta dan 1 guide tetapi terkadang tergantung besar kecilnya perahu tersebut,  perahu karet dibuat dengan bahan khusus untuk mengarungi sungai yang sangat kuat dan berkualitas. Ada dua tipe perahu yang digunakan yaitu Non self Bailing, dan Boat jenis self bailing.

  • Dayung

Dayung tentunya digunakan untuk mendayung perahu karet (boat), dayung tersebut berfungsi untuk mengatur kecepatan perahu baik untuk maju, belok, mundur ataupun berhenti. Kekuatan dan berat dayung tersebut sangat penting. Lebih baik memakai dayung aluminium dan plastik, karena ringan dan bisa terapung dalam air.

  • Tali
Baca Yuk :  Destinasi Wisata Bandung Selama Ramadhan 2024

Tali ini wajib ada dalam setiap perahu, karena sewaktu-waktu mungkin saja dibutuhkan saat peserta ada yang terjatuh, karena tali lempar tersebut berfungsi untuk menyelamatkan disaat ada peserta terjatuh ke sungai, tali tersebut dilemparkan ke peserta untuk mempermudah penyelamatan dan mencegah hanyut dalam aliran sungai.

Itulah beberapa perlengkapan dan peralatan standar yang dibutuhkan agar rafting anda terasa lebih menyenangkan, aman dan nyaman.

  • Perlengkapan P3K

Jenis dan jumlahnya dapat disesuaikan dengan medan dan kondisi awak perahu. Obat yang paling penting adalah obat luka luar seperti antiseptik, kapas pembalut, plester, dan alkohol untuk mengobati jika terjadinya luka luar akibat terbentuk batu atau tergores selama pengarungan.

  • Flip Line

Tali yang panjangnya kira-kira satu setengah meter hingga dua meter dengan kedua ujungnya disimpul dan dikaitkan dengan karabiner.

Fungsi flip line yaitu:

  • Alat bantu untuk melepaskan perahu yang tersangkut
  • Alat untuk membalikkan perahu (flip) / membalikkan kembali perahu ke posisi semula (flop).

Cara menggunakannya dengan mengaitkan karabinernya di ring di badan perahu, tarik dengan posisi badan tidak terlalu membungkuk, kemudian manfaatkan berat badan untuk membalikkan perahu yaitu dengan mencondongkan badan ke arah sungai sambil menarik flip line.

Peralatan Rafting Yang Lengkap dan Aman

Itulah beberapa perlengkapan dan peralatan standar yang dibutuhkan agar rafting anda terasa lebih menyenangkan, aman dan nyaman.