Jual Benih Kentang Unggul Pangalengan. Kentang merupakan tanaman prioritas riset dan pengembangan dari Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian. Tak heran karena kentang merupakan salah satu komoditas penting dan potensinya sangat besar untuk pasar ekspor ke Malaysia dan Singapura.



Jual Benih Kentang Unggul Pangalengan

Kentang (Solanum tuberosum L.) merupakan komoditas sayuran penting yang mendapat prioritas tinggi di bidang penelitian dan pengembangan sayuran karena merupakan salah satu sumber pendapatan petani, ekspor non-migas, altenatif diversifikasi pangan untuk memenuhi kebutuhan gizi masyarakat, dan bahan baku industri. Kentang merupakan komoditas hortikultura yang mempunyai nilai perdagangan domestik dan potensi ekspor yang cukup baik. Tingginya kandungan karbohidrat menyebabkan umbi kentang dikenal sebagai bahan pangan yang dapat menggantikan bahan pangan penghasil karbohidrat lain seperti beras, gandum, dan jagung (Asandhi, 1996).

Budidaya kentang butuh varietas benih yang unggul. Tanpa varietas benih yang unggul, keberhasilan budidaya kentang tidak akan optimal. Memang, kualitas benih berpengaruh 60% pada kesuksesan budidaya.



Kebutuhan benih kentang per hektar rata-rata 1,2 – 1,5 ton dan rata-rata kebutuhan benih per tahun 1.094.240 – 1.641.360 ton jika ukuran benih (30-40 g per butir), tetapi akan meningkat menjadi 2-2,5 ton jika digunakan benih lebih besar dari 40 g per butir. Populasi tanaman kentang per hektar umumnya berkisar antara 40.000 – 50.000 tanaman.

Produktivitas hasil kentang nasional dari tahun 2010 sampai tahun 2014 berturut-turut yaitu 15,94 ton / ha; 15,96 ton / ha; 16,58 ton / ha; 16,02 ton / ha; 17,30 ton / ha (Badan Pusat Statistik dan Direktorat Jenderal Hortikultura, 2015).

Kendala yang dihadapi petani kentang Indonesia adalah sulitnya memperoleh umbi benih yang berkualitas tinggi, karena umumnya benih lokal yang digunakan saat ini sudah mengalami kemunduran (degenerasi) dan tertular dengan berbagai macam penyakit, terutama disebabkan oleh virus. Hal ini menyebabkan rendahnya produktifitas kentang, sehingga hasil yang diperoleh petani sedikit. Mengatasi masalah ini, perlu dilakukan pembenihan kentang yang menghasilkan benih bebas virus dan penyakit serta berkualitas tinggi (Setiadi dan Nurulhuda, 2003).



Kendala utama dalam peningkatan produksi kentang adalah pengadaan dan distribusi benih kentang berkualitas yang belum kontinyu dan memadai serta kurangnya pemahaman petani dalam berbudidaya. Padahal saat ini, penggunaan benih bebas pathogen/berkualitas mutlak diperlukan (Warnita, 2003).

Jual Benih Kentang Unggul Pangalengan

Untuk produk ini, kami dari tim penangkaran bibit kentang memberikan stok produk selalu tersedia. Bibit berkualitas dengan hasil per butir biasanya mencapai 4 kg. Penangkaran yang sudah dikelola secara profesional dan dijamin tahan hama. Untuk pemesanan dalam jumlah banyak, silahkan chat WA 085294089506