Apa Perbedaan Motor Trail, Cross, dan Enduro ? Simak Ulasannya berikut ini!. Masih banyak yang mengira motor berjenis motocross (MX), enduro, dual sport, dan super moto (motard) itu sama. Memang tidak mengherankan karena tampilan keempat jenis motor ini pada dasarnya mirip. Keempat motor tersebut identik dengan kaki-kaki yang tinggi, dan spakbor depan yang sangat khas.

Masih banyak orang menganggap kalau motor trail, cross, dan enduro itu sama. Sebab, secara desain, ketiga motor ini memang terlihat mirip. Padahal ketiganya bukan jenis motor yang sama.

Apa Perbedaan Motor Trail, Cross, dan Enduro ? Simak Ulasannya berikut ini!

Motocross, trail, enduro dan supermoto memiliki perbedaan tersendiri, terutama pada fitur-fitur dan tujuan ridingnya. Meskipun demikian, secara fisik, jenis motor tersebut terlihat sangat mirip juga pada setingan dasarnya yang umumnya mengedepankan torsi motor yang besar.
Yang menjadi ciri khas utama pada jenis motor tersebut adalah terdapat kaki-kaki dan spakbor depan yang relatif tinggi. Kenali masing-masing penggunaan dan juga spesifikasi fitur keempat jenis sepeda motor tersebut.

Bahkan perbedaan ketiganya cukup signifikan, lho. Nah, berikut perbedaan antara motor trail, cross, dan enduro.

1. Motorcross dan Spesifikasi Fiturnya

 

Motorcross adalah salah satu motor populer di antara para pecinta dunia balap motor. Motocross sendiri adalah sebuah kompetisi motor off road yang dilaksanakan pada sirkuit off road yang memiliki ciri khas medan berupa tanah dan memiliki berbagai rintangan misalnya gundukan salah sarunya.

Apa-Perbedaan-Motor-Trail,-Cross,-dan-Enduro-Simak-Ulasannya-berikut-ini1

Berbeda dengan motor trail, motor cross biasanya digunakan pada sirkuit off-road yang memiliki medan berupa tanah dan berbagai rintangan seperti gundukan. Motor ini memang sengaja dibuat khusus untuk balapan di jalan ekstrem. Maka mesin motor cross biasanya memiliki kapasitas 125 CC – 400 CC.

Shockbraker yang digunakan pun berasal dari merek terkenal dengan kualitas luar biasa, disertai dengan sasis yang kuat serta ban tahu atau pacul yang kembangannya cukup besar. Biasanya ban belakang motorcross berukuran 19 inci dan ban depan depan 20 inci, sehingga memungkinkan motor ini melintasi jalanan bebatuan.

Nah, bedanya lagi adalah motor cross gak menggunakan perlengkapan standar seperti motor trail, baik lampu, klakson, atau plat nomor. Suspensi motor cross juga beda dari spesifikasi motor pada umumnya, karena motor ini harus dirancang dengan suspensi yang mampu melompat dan mendarat dengan keras.

Baca Yuk :  Wisata Rafting Pangalengan Situ Cileunca November 2023

Motor ini dibuat khusus untuk balapan dengan medan yang ekstrim. Karena itu, motor ini juga dilengkapi berbagai spesifikasi fitur yang istimewa, seperti halnya :

  • Kapasitas mesin => Mesin motor untuk jenis balapan di atas memiliki kapasitas 125 cc hingga 400 cc. Karena itu, motor ini memiliki performa yang sangat baik untuk balapan.
  • Shockbreker => Penggunaan fitur ini pada motocross umumnya berasal dari merk terkenal yang tentunya kualitasnya sangat baik, disertai dengan sasis yang kuat serta ban tahu/ pacul yang kembangnya relatif besar.
  • Tidak memiliki perlengkapan standar perlengkapan jalan raya => Motor ini tidak untuk dikendarai di aspal karena tidak memiliki kelengkapan jalan raya, seperti halnya dudukan plat nomor, lampu depan, lampu standar, lampu sein dan klakson hingga knalpot standar.
  • Ban motor => Motocross memiliki ban belakang dengan ukuran 19 inci dan ban depan ukuran 21 inci. Spesifkasi ban motor ini memungkinkan motocross mampu melewati jalanan bebatuan.
  • Suspensi motor => Motocross memiliki suspensi yang didesain untuk lompat dan mendarat dengan keras. Jadi, spesfikasinya berbeda dengan motor pada umumnya.

Penggunaan motor ini tidak cocok untuk jalan raya dan hanya khusus untuk penggunaan di jalur balapan medan tanah. Penggunaan di jalan raya merupakan hal ilegal dan bisa berbahaya bagi pengendara karena fitur dan bannya tidak cocok untuk jalur aspal.

Motocross ini termasuk ke dalam motor balap dengan spesifikasi yang lebih tinggi daripada motor trail pada umumnya, meskipun secara fisik akan terlihat mirip. Komponennya juga di atas rata-rata yang membuat motocross memiliki harga yang lebih mahal.

Apa Perbedaan Motor Trail, Cross, dan Enduro ? Simak Ulasannya berikut ini!

2. Motor Trail dan Spesifikasi Fiturnya

 

Motor trail biasa disebut dual sport atau all road, karena bisa digunakan di jalan raya aspal dan off-road. Motor ini memiliki kelengkapan standar, seperti lampu utama, lampu sein, bahkan spion, sehingga kamu gak perlu khawatir ditilang polisi.

Apa-Perbedaan-Motor-Trail,-Cross,-dan-Enduro-Simak-Ulasannya-berikut-ini2

Bodi motor ini ramping dan ringan, sehingga cukup mumpuni untuk melibas jalan on-road maupun off-road. Ban yang digunakan juga dual purpose sehingga berfungsi sama baik di jalan raya yang beraspal dan permukaan tanah.

Baca Yuk :  Wisata Hidden Gem di Garut Bisa Jadi Spot Healing dan Liburan Puasa Ramadan 2024

Motor trail juga memiliki mesin yang cukup powerful dengan torsi yang besar, sehingga berbagai tanjakan bisa dilahap dengan mudah.

Salah satu jenis motor yang memiliki banyak peminat khususnya bagi para bikers adalah motor trail. Jenis motor ini disebut pula dengan dual sport dan dijual legal di pasaran. Motor ini juga dilengkapi dengan kelengkapan yang standar, misalnya lampu utama, lampu sen, spion dan lain-lain sehingga ketika menggunakannya, Anda tidak perlu takut ditilang petugas.

Selain digunakan di jalan raya, motor trail juga bisa digunakan pada jalan tanah maupun berbatu atau off road. Bila ingin mengenal lebih jauh tentang motor trail, maka ketahui berbagai fiturnya di bawah ini :

  • Jenis ban => Motor ini bisa digunakan di jalan raya maupun untuk off road. Hal ini sangat memungkinkan karena ban yang digunakan adalah ban tahu/ pacul kotak-kotal dual purpose. Ukuran ban depan lebih besar daripada ban belakang.
  • Body motor => Motor trail memiliki dimensi yang lebih ramping dan ringan. Ditambah lagi, karakter mesin cenderung responsif sehingga semakin menambah performa motor ini lebih baik untuk berkendara di jalan raya maupun off road.
  • Mesin motor => Berbagai jenis motor trail memiliki mesin yang cukup powerful sehingga bsia untuk riding dengan kecepatan tinggi. Motor ini bisa jadi andalan di jalanan aspal yang mulus. Pabrikan motor trail mengeluarkan jenis two strokes dan four strokes. Sementara itu, ciri khas lainnya adalah durabilitas dan akselerasi yang tinggi.
  • Suspensi => Motor trail memiliki suspensi di depan dan belakang, berbentuk garpu dengan ujung bawah mengait ban depan dan rem. Hal in memungkinkan motor ini mampu melintasi jalur ekstrim dan berat.

Apa Perbedaan Motor Trail, Cross, dan Enduro ? Simak Ulasannya berikut ini!

3. Enduro dan Spesifikasi Fiturnya

 

Motor enduro termasuk salah satu jenis motor yang memiliki banyak peminat di pasaran Indonesia. Perlu Anda ketahui bahwa kata enduro sendiri diambil dari kata endurance, yang berarti daya tahan. Hal ini sesuai dengan tujuan riding motor ini, yaitu mengutamakan ketahanan baik ketahanan motor maupun bikers.

Apa-Perbedaan-Motor-Trail,-Cross,-dan-Enduro-Simak-Ulasannya-berikut-ini3

Motor enduro berasal dari kata endurance, yang berarti daya tahan. Maka motor ini sangat mengutamakan ketahanan pada motor dan pengendaranya.

Baca Yuk :  Outbound KARINJING FOREST, Destinasi Wisata Baru di Pangandaran Untuk Liburan

Motor ini diciptakan untuk menerjang medan dengan rintangan ekstrem, seperti berbatu, sungai, lumpur, menghantam batang pohon, bahkan menuruni bukit dengan jarakĀ  yang jauh.

Berbeda dengan motor cross, motor enduro dilengkapi lampu utama untuk membantu kegiatan riding malam hari.

Ban yang digunakan masih sama dengan motor trail dan cross namun menggunakan kembangan yang sangat besar. Tangki motornya pun berukuran besar karena diharapkan bisa menempuh perjalanan jarak jauh di berbagai medan.

Ingat, motor ini hanya memiliki lampu utama tanpa perlengkapan standar seperti motor trail, karena memang gak ditujukan untuk jalan raya.

Penggunaan motor ini sering kali untuk menerjang rintangan ekstrim seperti jalanan berbatu, sungai, lumpur, melewati batang pohon, menuruni bukit hingga untuk perjalanan yang cukup jauh. Motor ini dirancang sedemikian rupa sehingga memiliki ketahanan yang tinggi. Berikut ini dalah berbagai fitur yang umumnya ditemukanĀ  pada motor enduro :

  • Lampu utama => Motor enduro disertai dengan lampu utama yang bisa membantu untuk kegiatan riding di malam hari.
  • Jenis ban => Seperti pada motor trail, motor enduro pun juga memiliki ban motor pacul/ tahu dengan kembangan kotak-kotak yang besar.
  • Tangki bahan bakar => Anda akan menemukan motor trail dengan tangki bahan bakar yang ukurannya besar. Hal ini ditujukan agar motor ini bisa menempuh perjalanan jarak jauh di berbagai medan.
  • Tidak memiliki perlengapan standar => Motor ini tidak memiliki perlengkapan standar. Hal ini karena motor enduro tidak ditujukan untuk berkendara di jalan raya.

Apa Perbedaan Motor Trail, Cross, dan Enduro ? Simak Ulasannya berikut ini!

Mau wahana Motor Cross di daerah Cileunca Pangalengan, Kontak Kami :

Outbound Cileunca Adventure
Kantor :
Jl.Terusan Situ Cileunca Pangalengan Bandung
Kontak :
cileunca.adventure99@gmail.com
087711711040