Arung Jeram di Sungai Palayangan

posted in: Outbound, Rafting | 0

Bagi kamu yang suka dengan adrenalin, ini dia nih rekomendasi untuk kamu. Bermain Arung jeram di sungai palayangan yang panjangnya sekitar 5 kilometer akan sangat mengasyikan apalagi bareng sahabat terdekat kamu.

Arung jeram di sungai palayangan ini berawal dari Situ Cileunca dan berakhir di Hutan Pinus Rahong. Apalagi dengan aliran air yang deras dan debit airnya yang relatif stabil sehingga aman untuk diarungi kapan saja sepanjang tahunnya. Alur sungai yang berkelok-kelok juga membuat rafting di sini cukup menantang.

Inilah yang menjadi tujuan utama kami, basah-basahan! haha. Bermain Arung jeram di sungai palayangan sudah lama kami inginkan, hanya saja baru kesamaian pada waktu itu.

Untuk bermain rafting ini, kami sudah memesan paket rafting sekitar 5 hari sebelumnya ke salah satu penyedia. Sehingga kami sudah ada jadwal hari dan jam yang sudah dipesan.

Perlu diketahui bahwa ada banyak penyedia yang menyediakan peralatan sekaligus guide pada permainan rafting ini. Ada banyak paket juga yang disediakan, seperti paket plus makan siang, cemilan, dan lain-lain. Harganya rata-rata 150 ribuan lah untuk paket standar.

Waktu itu kami sampai ke lokasi sekitar jam 10, dan rafting dimulai jam 11. Ada satu jam waktu yang kami habiskan untuk istirahat sambil menikmati keindahan Situ Cileunca.

Tidak lama, jam menunjukkan angka 11, ya, inilah saatnya petualangan dimulai. Kami pun berkumpul di rerumputan pinggir Situ Cileunca. Kami mulai briefingdan dikasih arahan oleh guide. Sambil briefing sambil bersiap-siap memakai peralatan yang sudah disediakan.

Peralatan yang tersedia seperti helm, pelampung dan dayung yang wajib dipakai untuk keselamatan. Selain itu perahu karet disiapkan oleh guide, dan yang paling penting dan tidak boleh dilupakan adalah menyiapkan kamera haha.

Sebelum berangkat, kami melakukan pemanasan ringan terlebih dahulu untuk berjaga-jaga dari cedera. Tidak lupa doa juga kami panjatkan agar diberikan keselamatan.

Persiapan dan arahan sudah selesai, kini saatnya kami berangkat. Kami pun naik ke perahu karet. Start dari Situ Cileunca sekaligus untuk mempraktekan arahan yang diberikan, seperti cara mendayung, menunduk, dan lain-lain.

Setelah itu mulailah kami turun ke sugai Palayangan. Karena saat itu bukan musim hujan, sehingga aliran air tidak terlalu deras, tapi masih cocok untuk Arung jeram di sungai palayangan.

Start dari hulu, dayungan pertama masih ringan dan membuat hati ini degdegan. 5 meter pertama masih track masih mudah. Barulah 10 mete mulai ada jurang-jurang kecil pengejut jantung hati.

Kanan-kiri terlihat dengan jelas perkebunan milik warga. Menambah eksotisme perjalanan dan rintangan yang kami lalui.

Banyak jurang yang kami lalui, dan yang paling terkenal adalah Jurang Domba. Jurang ini terkenal ekstrim, namun tidak seberapa bagi kami para remaja tangguh idaman ibu-ibu pengajian.

Jurang demi jurang pun kami lalui, tidak begitu terasa, namun membuat hati ini bahagia. Aliran air yang jernih dan dingin, membuat kami seakan ingin mandi dan bercengkerama dengannya.

Tidak terasa, 1.5 jam telah kami lalui, kami sampai di titik terakhir permainan. Sepanjang perjalanan, teriakan demi teriakan terlontar dari mulut kami. Kami bukan takut, tapi kami merasakan sensasi itu. Hati kami terjatuh dan bersatu ke dalam aliran sungai.

SERU! Mungkin ini kata yang menggambarkan kami saat berada di sana. Apalagi saat bermain arung jeram. Terbaik pokona mah wa hehe

Saya sarankan kamu untuk main arung jeram di sungai Palayangan Pangalengan. Silahkan kalau mau ajak teman, karena harus minimal ada 6 orang untuk bermain Arung jeram di sungai palayangan

Untuk penyedia silahkan pilih sendiri berikut pilih paket harga yang sesuai dengan kantong kamu tentunya. Cobalah hubungi penyedianya dari jauh-jauh hari sekaligus tanya-tanya terlebih dahulu. Kalau semua paket dan harga udah oke, langsung saja jangan ragu untuk booking bersama Cileunca Adventure!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*