Permainan Outbound Terbaru 2024 : Manfaat Outbound Hingga Cara Mainnya. Jenis permainan yang umumnya dilaksanakan di luar ruangan, menawarkan tantangan fisik, sosial, dan psikologis yang mendorong kerjasama dan kreativitas peserta untuk mencapai tujuan bersama.


Outbound games merupakan pendekatan pelatihan yang menggabungkan unsur petualangan dan pembelajaran. Para peserta diajak untuk berpartisipasi dalam berbagai tugas dan permainan yang menantang, yang membutuhkan kolaborasi tim dan interaksi sosial yang efektif.

Kegiatan ini sering diselenggarakan di alam terbuka seperti hutan, gunung, atau pantai untuk memberikan pengalaman yang menyenangkan dan menantang sekaligus.

Permainan Outbound Terbaru 2024 : Manfaat Outbound Hingga Cara Mainnya

Permainan outbound merupakan salah satu permainan yang efektif karena menggabungkan berbagai macam aspek, mulai dari aspek fisik, aspek mental juga intelegensi. Permainan outbound ini sering kali berada di taman wisata yang bernuansa alam. Permainan outbound itu sendiri sebenarnya bukan hanya digunakan untuk anak-anak saja, tetapi juga ada yang khusus orang dewasa.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas lebih lanjut tentang tujuan permainan outbound dan juga jenis-jenisnya. Jadi, simak artikel ini sampai habis, ya agar kamu lebih mudah dalam memilih permainan outbound ketika pergi berwisata.

Biasanya, permainan outbound bertujuan untuk mengembangkan keberanian, kepercayaan diri serta kekompakan. Hal ini dikarenakan hampir semua permainan outbound dilakukan secara berkelompok dengan jumlah anggota tertentu. Selain itu, permainan outbound lebih sering dilakukan di luar ruangan. Meski begitu, sebagian orang kemudian memainkannya di dalam ruangan ataupun indoor karena suatu alasan tertentu.

Dengan semakin banyak orang yang bergabung, lokasi permainan outbound juga harus semakin luas. Selain itu, permainan outbound juga bisa dilakukan di halaman luas, tanah yang luas, pantai, dan sebagainya.

Tujuan Outbound Games

Outbound Games – Permainan outbound secara umum bertujuan untuk mengembangkan keberanian, kepercayaan diri, dan kekompakan dalam kelompok. Kegiatan ini biasanya dilakukan dalam bentuk permainan berkelompok dengan jumlah anggota tertentu. Walaupun umumnya diadakan di luar ruangan, beberapa orang memilih untuk melaksanakan permainan outbound di dalam ruangan karena alasan tertentu.

Dengan semakin banyak peserta yang bergabung, maka dibutuhkan lokasi yang lebih luas untuk melangsungkan permainan outbound. Selain itu, permainan ini dapat diadakan di beragam lokasi seperti halaman luas, tanah lapang, pantai, dan sebagainya.

Adapun beberapa tujuan dari permainan outbound yang perlu kamu ketahui, antara lain:

1. Team Building

Team building merupakan bentuk dari peningkatan hubungan kerjasama, solid, sinergi serta kekompakan tim atau kelompok

2. Team Work

Team work merupakan suatu bentuk kerjasama tim untuk dapat mencapai tujuan bersama

3. Melatih Komunikasi

Komunikasi sebagai suatu proses serta tata cara menyampaikan informasi yang tepat kepada seseorang atau kelompok.

4. Meningkatkan Kemampuan Leadership

Leadership merupakan kekuatan proses dalam memimpin seseorang atau kelompok untuk mencapai suatu tujuan yang diinginkan.

5. Meningkatkan Konsentrasi

Konsentrasi merupakan proses peningkatan daya fokus serta daya ingat pikiran seseorang terhadap sesuatu.

6. Meningkatkan Kreativitas

Kreativitas merupakan suatu proses peningkatan suatu daya cipta ataupun suatu ide baru untuk dikembangkan.

7. Meningkatkan Kemampuan Untuk Membuat Strategi

Strategic Planning merupakan suatu perencanaan dari segi manajemen untuk mencapai sasaran atau tujuan.

8. Meningkatkan Kemampuan Menganalisis

Analisis merupakan kemampuan untuk menelaah dan menyelidiki sesuatu, sehingga suatu masalah lebih mudah untuk dipahami serta dipecahkan.

9. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Confidence merupakan peningkatan rasa percaya diri terhadap kemampuan yang dimilikinya, sehingga akan lebih mudah dalam mengambil keputusan.

Permainan Outbound Terbaru 2024 : Manfaat Outbound Hingga Cara Mainnya

Jenis Permainan Outbound

Kawat Listrik

Outbound Games – Kawat listrik merupakan permainan outbound dengan misi utama yaitu melewati sebuah tali yang dibentangkan sebahu tanpa menyentuhnya. Peserta dapat mencoba melewati tali dengan cara melompat atau melalui bagian atas tali.

Meskipun terdengar sederhana, namun jika permainan ini dilakukan secara berkelompok dan bergandengan tangan, tantangan menjadi lebih kompleks. Setiap anggota kelompok harus melewati tali bersama-sama tanpa melepaskan gandengan tangan, yang tentunya akan menjadi tantangan ekstra yang menguras energi dan pikiran.

Pentingnya kerjasama tim sangat terasa dalam permainan outbound ini. Setiap anggota tim harus berkoordinasi secara hati-hati untuk melewati “kawat listrik” tanpa menyentuhnya. Bahkan, jika tali sedikit saja tersentuh, tim harus mengulangi kembali langkah mereka.

Alat dan bahan yang dibutuhkan untuk permainan ini antara lain:

  • Tali dengan panjang minimal 2 meter.
  • 2 tiang yang digunakan untuk membentangkan tali.

Cara Bermain:

Anggota tim harus bergandengan tangan tanpa cara melingkar dan bekerja sama untuk melewati “kawat listrik” dari atas tanpa menyentuhnya. Salah satu anggota tim akan menggunakan penutup mata untuk menambah tingkat kesulitan.

Pesan Penting:

Melalui permainan Kawat Listrik, pesan yang ingin disampaikan adalah bahwa dalam lingkungan kerja atau kelompok, tidak selalu ada anggota yang sempurna. Namun, hal tersebut tidak boleh menjadi alasan untuk meninggalkan atau mengabaikan anggota yang kurang sempurna. Dalam upaya mencapai tujuan bersama, penting untuk tetap menjalin kerja sama dan dukungan, sehingga setiap anggota tim dapat berkontribusi secara positif. Permainan ini mengajarkan nilai ketekunan dan kerja sama yang kuat dalam menghadapi tantangan, sehingga target atau tujuan akhir dapat tercapai dengan baik.

Pipa Bocor

Outbound Games – Pipa Bocor merupakan salah satu permainan outbound yang menekankan pada kerjasama tim. Permainan ini dilakukan secara berkelompok atau beregu dengan tujuan untuk membentuk rasa kebersamaan dan kerjasama di antara anggota tim. Konsep dasar dari permainan ini adalah memindahkan air dari satu tempat ke tempat lain dengan menggunakan sebuah pipa yang memiliki lubang.

Dalam permainan ini, setiap tim diberi tugas untuk bersaing dan menunjukkan seberapa banyak air yang dapat mereka pindahkan. Tim yang berhasil memindahkan air dalam jumlah terbanyak akan menjadi pemenangnya.

Alat dan bahan yang dibutuhkan untuk permainan ini antara lain:

  • Pipa air sepanjang 1 meter. Pilih ukuran pipa yang paling besar untuk memperkuat tantangan.
  • Penutup pipa.
  • Ember yang jumlahnya sesuai dengan jumlah tim yang berpartisipasi.

Cara Bermain:

Setiap tim akan menggunakan pipa yang penuh dengan lubang untuk memindahkan air. Setiap anggota tim berusaha menutup lubang pada pipa agar air tidak keluar, sementara tim secara berkelompok berlari untuk memindahkan air. Tim yang berhasil memindahkan air dengan cepat dan dalam jumlah terbanyak akan menjadi pemenangnya.

Pesan Penting:

Melalui permainan Pipa Bocor, pesan yang ingin disampaikan adalah bahwa dalam suatu organisasi atau instansi, pasti terdapat kekurangan atau ketidaksempurnaan, baik dari segi anggota maupun organisasi itu sendiri. Oleh karena itu, diperlukan kerjasama tim untuk menutupi kekurangan tersebut. Dengan bekerja bersama dan saling mendukung, setiap anggota tim dapat berkontribusi untuk mencapai tujuan secara efektif. Permainan ini mengajarkan pentingnya kerjasama dalam menghadapi tantangan dan mencapai kesuksesan bersama.

Si Bisu, Tuli, dan Buta

Outbound Games – Si Buta, Si Tuli, dan Si Bisu adalah tiga individu yang selalu berada dalam satu kelompok, meskipun masing-masing dari mereka memiliki kekurangan. Permainan outbound ini menantang mereka untuk bekerja sama sebagai tim. Dalam permainan ini, tim terdiri dari tiga orang yang akan memerankan peran Si Bisu, Si Tuli, dan Si Buta.

Tugas utama tim adalah bekerja sama untuk menyelesaikan suatu tugas yang diberikan oleh instruktur. Berikut adalah aturan permainannya:

  • Area permainan dibatasi dalam sebuah kotak yang dibagi menjadi 9 bagian dengan menggunakan tali.
  • Beberapa bagian dari kotak ini berisi berbagai benda seperti bola, kaleng, atau barang lainnya, sementara beberapa bagian lainnya ditandai sebagai jebakan yang harus dihindari (dilarang untuk dilalui).
  • Jika salah satu anggota tim terkena jebakan, maka permainan harus diulang dari awal. Begitu pula jika anggota tim menginjak tali pembatas.
  • Anggota tim yang bertugas menerima instruksi disebut sebagai Si Bisu.
  • Anggota tim yang bergerak dan mengeksekusi instruksi adalah Si Buta.
  • Si Tuli memiliki tugas untuk memberitahu Si Buta arah dan langkah yang harus diambil, serta berusaha mengendalikan gerakannya agar tidak menginjak tali pembatas atau jebakan.
  • Instruksi permainan diberikan oleh fasilitator melalui selembar kertas yang berisi perintah acak, seperti mengambil benda kecil atau mengambil kertas.

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan:

  • Tali rafia secukupnya untuk membentuk area permainan.
  • Berbagai benda seperti bola, pensil, atau item lainnya sebagai isi dari beberapa bagian kotak.
  • Kertas atau papan tulis untuk menuliskan instruksi permainan.

Pesan Penting:

Permainan ini mengajarkan bahwa tim yang tidak sempurna bukanlah halangan dalam mencapai tujuan atau target. Sebaliknya, kelemahan yang ada dalam setiap anggota tim menjadi kesempatan untuk saling membantu dan mendukung. Dalam menghadapi berbagai tantangan, kesadaran akan batasan diri dan kemampuan untuk menutupi kekurangan dengan bantuan anggota lain menjadi kunci kesuksesan dalam mencapai tujuan bersama. Permainan ini menumbuhkan semangat kerjasama dan saling percaya di antara anggota tim, sehingga tim menjadi lebih kuat dan efisien dalam menghadapi berbagai tantangan.

Spider Web

Outbound Games – Permainan Spider Web, juga dikenal sebagai Jaring Laba-laba, merupakan permainan outbound yang memiliki kesamaan dengan permainan Kawat Listrik. Jika pada Kawat Listrik, tali dibentangkan secara sederhana, pada permainan Spider Web, tali dibentuk menyerupai jaring laba-laba yang rumit. Tim kemudian dihadapkan pada tugas untuk menyilangkan anggota mereka melalui lubang-lubang dalam jaring tanpa menyentuh tali. Apabila tali tersentuh, maka tim harus mengulangi langkah tersebut.

Untuk menjalankan permainan ini, diperlukan sejumlah tali dan tiang untuk membentangkan Spider Web.

Cara Bermain:

Tim akan berusaha untuk menyilangkan anggota mereka melalui lubang-lubang dalam jaring tanpa menyentuh tali. Tim yang mampu melakukan perpindahan dengan cepat akan menjadi pemenang dalam permainan ini.

Pesan Penting:

Permainan Spider Web mengandung pesan yang relevan, yaitu pentingnya dukungan dan bantuan antar anggota tim untuk mengatasi permasalahan dan terus berkembang. Dalam permainan ini, setiap anggota tim berperan penting dalam mendukung kesuksesan kelompok secara keseluruhan. Solidaritas dan kerjasama di antara anggota tim menjadi kunci dalam menghadapi tantangan dan mencapai tujuan bersama.

Permainan ini juga mencerminkan pentingnya fleksibilitas dan adaptabilitas dalam menghadapi situasi yang kompleks. Anggota tim dihadapkan pada jaring yang rumit, dan kemampuan untuk beradaptasi dengan cepat menjadi penting dalam menemukan solusi terbaik untuk melewati tantangan.

Dalam dunia profesional atau akademik, semangat kerjasama dan rasa saling mendukung antar anggota tim merupakan nilai yang sangat dihargai. Permainan Spider Web menjadi sarana efektif untuk menggali potensi individu dan membangun sinergi dalam kelompok, yang pada akhirnya akan berdampak positif dalam mencapai kesuksesan dan perkembangan bersama.

Perang Naga

Outbound Games – Perang Naga adalah jenis permainan outbound yang menguji kemampuan kerjasama kelompok yang terdiri dari 2 orang atau lebih dalam setiap kelompoknya. Setiap kelompok memiliki tugas untuk melindungi balon air milik mereka dan mencoba memecahkan balon air milik lawan dengan menggunakan tusuk gigi.

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan:

  • Balon berisi air untuk setiap anggota kelompok.
  • Tali rafia untuk mengikat anggota kelompok.
  • Tusuk gigi sebagai alat untuk memecahkan balon air lawan.

Cara Bermain:

  • Buatlah 2 kelompok, kemudian ikat anggota kelompok dengan tali rafia dan ikat balon air pada rafia di antara atau bagian tengah anggota, kecuali anggota paling depan.
  • Anggota paling depan dari setiap kelompok akan diberikan tusuk gigi untuk memecahkan balon air lawan.
  • Kelompok harus berkoordinasi dengan baik dalam melindungi balon air milik mereka sambil mencoba menghindari serangan dari kelompok lawan.

Tujuan dari permainan ini adalah untuk memecahkan semua balon air lawan. Kelompok yang berhasil memecahkan semua balon air lawan akan menjadi pemenang dalam permainan ini.

Pesan Penting:

Permainan Perang Naga mengajarkan pentingnya kerjasama dan koordinasi dalam mencapai tujuan bersama. Setiap anggota kelompok memiliki peran kunci dalam melindungi balon air dan memecahkan balon air lawan. Komunikasi yang efektif dan strategi yang tepat akan menjadi kunci sukses dalam mencapai kemenangan. Selain itu, permainan ini juga mengajarkan pentingnya kehati-hatian dan kesabaran dalam menghadapi tantangan. Dalam mencoba memecahkan balon air lawan, tim harus mengambil keputusan dengan cermat dan berusaha mencari celah yang tepat untuk mencapai tujuan dengan efisien.

Dalam dunia nyata, kerjasama tim menjadi hal yang sangat penting, terutama dalam menghadapi berbagai tantangan dan masalah. Dengan saling mendukung dan berkomunikasi dengan baik, tim dapat mencapai hasil yang lebih baik dan mencapai tujuan bersama secara efektif. Permainan Perang Naga menjadi sarana yang menyenangkan untuk mengasah keterampilan kerjasama dan strategi dalam sebuah tim.

Menara Air

Outbound Games – Permainan outbound Menara Air merupakan tantangan yang mendorong anggota tim untuk menjaga wadah air dalam ember dengan menggunakan kaki sebagai tiang menara. Dalam permainan ini, satu anggota tim bertugas mengisi air ke dalam ember menggunakan gayung, sementara anggota lainnya berperan untuk menjaga wadah air agar tidak tumpah.

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan:

  • Ember sebagai wadah air.
  • Gayung untuk mengisi air ke dalam ember.

Cara Bermain:

Tim diminta untuk berbaring dan menegakkan kaki, saling menumpukkan kaki satu sama lain hingga membentuk sebuah menara.

Letakkan ember atau wadah air di atas kaki tim. Salah satu anggota tim ditunjuk sebagai tugas untuk mengisi wadah air dengan menggunakan gayung.

Baca Yuk :  Wisata Air Terjun Curug Batu Templek Bandung Timur, Cek Harga Tiket Masuk

Anggota tim yang menopang air bertugas untuk menjaga dan menopang wadah air agar tidak tumpah. Proses pengisian air dilakukan hingga wadah air penuh. Tim yang paling cepat mengisi wadah air menjadi pemenang dalam permainan ini.

Pesan Penting:

Permainan Menara Air mengajarkan nilai sinergi dan kerjasama dalam sebuah tim. Setiap anggota tim memiliki peran dan tanggung jawab masing-masing untuk mencapai tujuan bersama. Dalam menjaga wadah air agar tetap stabil dan tidak tumpah, tim harus bekerja dengan harmonis, saling mendukung, dan berkoordinasi dengan baik. Ketepatan dan kecepatan dalam mengisi air juga menjadi faktor penentu dalam mencapai kemenangan.

Dalam kehidupan nyata, setiap anggota kelompok atau tim memiliki peran yang unik dan penting. Dalam mencapai tujuan bersama, penting untuk saling mendukung dan bekerja sama, sehingga kelompok atau tim dapat mencapai hasil yang diinginkan. Permainan ini mengingatkan kita akan pentingnya kerjasama dan kontribusi setiap individu untuk menciptakan sinergi yang kuat dan sukses dalam mencapai tujuan bersama.

Estafet Air

Outbound Games – Permainan Estafet Air adalah permainan outbound yang mirip dengan permainan Pipa Bocor. Dalam permainan ini, para anggota kelompok diminta untuk memindahkan air dari satu tempat ke tempat lain secara estafet hanya dengan menggunakan mangkok kecil. Kelompok yang berhasil memiliki jumlah air terbanyak di ember pada akhir permainan menjadi pemenang.

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan:

  • Ember untuk menyimpan air.
  • Mangkok kecil untuk memindahkan air.
  • Air sebagai bahan permainan.

Cara Bermain:

  • Mintalah setiap anggota kelompok untuk membentuk barisan estafet dan memindahkan air secara berantai dari sumber air ke ember yang telah disiapkan.
  • Anggota kelompok akan saling bergantian mengisi mangkok kecil dengan air dari sumber air dan membawanya ke ember.
  • Permainan berlangsung dalam bentuk estafet, di mana setiap anggota tim berlomba dengan cepat untuk memindahkan air ke ember.
  • Tim yang berhasil memiliki jumlah air terbanyak di ember pada akhir permainan akan menjadi pemenang.

Pesan Penting:

Permainan Estafet Air mengajarkan nilai kerjasama dan ketrampilan dalam sebuah tim. Setiap anggota kelompok memiliki peran penting dalam mencapai tujuan bersama, yaitu mengumpulkan sebanyak mungkin air dalam ember. Dalam permainan ini, kerjasama dan komunikasi yang baik antar anggota tim menjadi kunci utama untuk mencapai hasil yang maksimal. Selain itu, permainan ini juga mengasah ketrampilan fisik dan kecepatan dalam melaksanakan tugas.

Di dunia nyata, ketrampilan kerjasama dan koordinasi sangat penting dalam mencapai kesuksesan dalam berbagai situasi, baik dalam lingkungan kerja, pendidikan, maupun dalam kehidupan sehari-hari. Permainan Estafet Air menjadi cara yang menyenangkan untuk mengasah ketrampilan tim dan membangun semangat kerjasama di antara anggota kelompok. Dengan semangat persaingan yang sehat, permainan ini juga dapat meningkatkan kekompakan dan semangat juang dalam mencapai tujuan bersama.

Kereta Panjang

Outbound Games – Permainan Kereta Panjang adalah permainan outbound berkelompok yang mengajak anggota kelompok untuk membuat jejeran benda yang dimiliki oleh masing-masing anggota. Kemudian, jejeran benda-benda tersebut dibandingkan dengan kelompok pemain lain. Kelompok yang berhasil membuat jejeran paling panjang akan menjadi pemenang dalam permainan ini.

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan:

  • Semua benda yang dimiliki oleh anggota kelompok.

Cara Bermain:

  • Bagilah peserta menjadi beberapa kelompok dengan jumlah anggota yang sama.
  • Minta setiap kelompok untuk mengeluarkan semua benda yang dimiliki oleh anggota-anggotanya.
  • Anggota kelompok harus menyusun benda-benda tersebut menjadi sebuah jejeran atau barisan sehingga terbentuk sebuah “kereta panjang” dari benda-benda tersebut.
  • Permainan berlangsung dalam batas waktu tertentu. Setelah waktu berakhir, bandingkan panjang kereta panjang dari setiap kelompok.
  • Kelompok yang berhasil membuat jejeran paling panjang akan menjadi pemenang dalam permainan ini.

Pesan Penting:

Permainan Kereta Panjang mengajarkan nilai kreativitas dan kompetisi dalam sebuah tim. Setiap kelompok harus berpikir kreatif untuk menyusun benda-benda yang dimiliki menjadi sebuah kereta panjang yang panjangnya dapat melebihi kelompok pemain lain. Dalam permainan ini, tim harus bekerja sama dan saling berkolaborasi dalam menciptakan kereta panjang yang unik dan menarik. Selain itu, semangat kompetisi juga menjadi pendorong untuk memberikan yang terbaik dan berusaha mencapai hasil yang lebih baik dari kelompok pesaing.

Di kehidupan nyata, kreativitas dan semangat kompetisi menjadi faktor penting dalam mencapai kesuksesan dalam berbagai bidang. Dalam lingkungan kerja, pendidikan, dan kehidupan sehari-hari, kemampuan untuk berpikir kreatif dan berkompetisi dengan sehat akan membawa kemajuan dan pencapaian yang lebih baik. Permainan Kereta Panjang menjadi sarana yang menyenangkan untuk mengasah kreativitas tim dan semangat kompetitif, serta meningkatkan rasa kebersamaan dan semangat juang dalam mencapai tujuan bersama.

Rantai Nama

Outbound Games – Permainan “Berkenalan dalam Lingkaran” adalah sebuah permainan outbound yang efektif untuk memperkuat hubungan antaranggota kelompok dengan cara mengenal nama setiap anggota. Kemampuan mengingat dan fokus menjadi kunci utama dalam permainan ini. Permainan ini tidak memerlukan alat atau bahan khusus sehingga dapat diimplementasikan dengan mudah, praktis, dan biaya terjangkau.

Cara Bermain:

  • Peserta membentuk lingkaran dengan berdiri atau duduk dalam posisi melingkar.
  • Permainan biasanya dimulai oleh ketua kelompok atau peserta yang ditunjuk.
  • Peserta pertama akan memperkenalkan diri dengan menyebutkan namanya, dan opsionalnya, dapat menambahkan informasi menarik seperti asal daerah, usia, atau cita-cita.
  • Peserta kedua, yang berada di sebelah kanan peserta pertama, akan mengulangi apa yang disampaikan oleh peserta pertama dan kemudian memperkenalkan diri dengan menyebutkan namanya. Contohnya, “Saya Budi dari Surabaya, dan saya Abdi dari Solo.”
  • Proses dilanjutkan dengan peserta ketiga, yang berada di sebelah kanan peserta kedua, akan menyebutkan nama kedua peserta sebelumnya dan kemudian memperkenalkan diri sendiri. Contohnya, “Saya Budi dari Surabaya, Abdi dari Solo, dan saya Ismail dari Magetan.”
  • Permainan dilanjutkan dengan peserta berikutnya sampai kembali ke peserta pertama, sehingga semua anggota kelompok berkesempatan memperkenalkan diri dan menyebutkan nama peserta sebelumnya.
  • Peserta yang salah menyebutkan nama dapat diberi hukuman sesuai kesepakatan seluruh peserta.

Permainan “Berkenalan dalam Lingkaran” sering digunakan untuk mempererat ikatan dalam kelompok yang anggotanya belum saling mengenal. Dengan cara ini, peserta dapat lebih akrab satu sama lain, meningkatkan rasa kebersamaan, dan memperkuat hubungan dalam kelompok. Kemampuan mengingat dan fokus menjadi keterampilan yang diperlukan dalam permainan ini, sehingga permainan ini tidak hanya menyenangkan tetapi juga memberikan manfaat edukatif bagi peserta.

Perkenalan Rahasia

Outbound Games – Permainan “Tebak Nama” merupakan permainan outbound yang menguji kemampuan peserta dalam mengenali teman-teman mereka dengan cepat. Permainan ini dirancang untuk meningkatkan kepekaan dan perhatian terhadap teman-teman di sekitar kita.

Alat yang Dibutuhkan:

  • Kain ukuran besar sekitar 2×3 meter, spanduk, atau terpal yang tidak transparan.

Cara Bermain:

  • Semua peserta memperkenalkan diri agar saling mengenal satu sama lain. Jika belum mengenal, dapat menggunakan permainan sebelumnya.
  • Peserta dibagi menjadi dua kelompok dengan jumlah yang sama.
  • Kelompok 1 dan Kelompok 2 duduk saling berhadapan dengan jarak sekitar 4 meter di antara keduanya.
  • Antara dua kelompok, sejajar dengan posisi duduk peserta, dibentangkan kain sebagai pemisah.
  • Pastikan Kelompok 1 tidak dapat melihat Kelompok 2 dan sebaliknya.
  • Setiap kelompok mengirim satu anggota mereka untuk duduk persis di depan kain pemisah.
  • Ketika kain diturunkan, masing-masing utusan dari Kelompok 1 menyebutkan nama utusan dari Kelompok 2 dan sebaliknya, utusan dari Kelompok 2 menyebutkan nama utusan dari Kelompok 1.
  • Peserta yang paling cepat menyebutkan nama dengan benar menjadi pemenang.
  • Permainan terus berlanjut sampai semua anggota kelompok turut bermain.
  • Pada akhir permainan, skor yang didapatkan dari setiap ronde dijumlahkan untuk menentukan kelompok pemenang.

Permainan ini akan menjadi lebih menarik ketika kelompok lawan berusaha memecahkan fokus pemain dengan mengagetkan mereka atau saat mengutus perwakilan menyebutkan nama yang bukan nama peserta, sehingga kelompok lawan terkecoh.

Permainan “Tebak Nama” tidak hanya menghibur, tetapi juga efektif dalam meningkatkan kepekaan sosial, memperkuat ikatan antaranggota kelompok, dan meningkatkan kemampuan komunikasi dalam mengenal nama teman-teman dengan lebih baik. Kehadiran permainan ini dalam sesi outbound akan memberikan pengalaman berharga dan menyenangkan bagi seluruh peserta.

Human Ladder

Outbound Games – Permainan “Melewati Balok” adalah sebuah permainan outbound yang menguji rasa kepercayaan, tanggung jawab, kelincahan, dan kekuatan setiap peserta. Di dalam permainan ini, kerjasama dan pembagian peran yang baik akan menjadi faktor penentu untuk menentukan kelompok mana yang akan menjadi pemenang.

Alat yang Dibutuhkan:

Minimal 3 balok kayu atau bambu dengan ukuran 50 cm dan diameter 8-10 cm untuk setiap kelompok.

Cara Bermain:

  • Peserta dibagi menjadi beberapa kelompok dengan idealnya terdiri dari 10 orang per kelompok, tetapi lebih banyak peserta bisa lebih baik karena memungkinkan untuk bergantian saat peserta merasa lelah.
  • Tentukan garis start dan garis finish sebagai titik awal dan akhir permainan.
  • Pilih satu orang sebagai penyebrang, disarankan untuk memilih orang yang ringan dan lincah.
  • Buat dua barisan dengan peserta berhadapan, masing-masing memegang balok kayu dengan orang yang ada di hadapannya di garis start.
  • Penyebrang akan mulai menaiki balok kayu pertama dan melangkah menuju balok kayu selanjutnya hingga mencapai garis finish.
  • Setelah penyebrang melewati balok kayu, balok tersebut dipindahkan ke depan oleh peserta lain agar penyebrang bisa terus melanjutkan perjalanan hingga mencapai garis finish.
  • Pastikan permainan ini dilakukan di permukaan tanah atau rerumputan agar saat jatuh tidak menyebabkan cedera yang serius.

Permainan “Melewati Balok” bukan hanya menguji kelincahan dan kekuatan fisik peserta, tetapi juga mengembangkan rasa kepercayaan antaranggota kelompok dan tanggung jawab untuk saling membantu agar penyebrang dapat mencapai garis finish dengan sukses. Pembagian peran dengan bijaksana serta kerjasama yang baik di antara anggota kelompok akan menjadi kunci keberhasilan dalam permainan ini.

Memindahkan karet

Outbound Games – Permainan “Pindahkan Gelang” merupakan permainan outbound yang bertujuan untuk melatih kerjasama kelompok dan kesabaran, serta meningkatkan kehati-hatian dalam melakukan tugas. Saat bermain permainan ini, peserta akan secara langsung berhadapan dengan wajah teman-teman mereka, yang pada gilirannya akan meningkatkan rasa peduli dan perhatian terhadap satu sama lain.

Alat yang Dibutuhkan:

– Karet gelang sejumlah kelompok yang ada.
– Sedotan atau korek api (semakin pendek semakin menantang).

Cara Bermain:

  • Peserta dibagi menjadi beberapa kelompok dan berdiri dalam barisan, sambil memegang sedotan dengan mulut mereka.
  • Pemandu atau fasilitator menaruh karet gelang di sedotan orang yang berada pada barisan paling depan.
  • Selanjutnya, karet gelang harus dipindahkan melalui sedotan satu per satu hingga sampai ke orang terakhir dalam barisan.
  • Kelompok yang paling cepat dan berhasil memindahkan karet gelang dari barisan depan ke barisan belakang dengan hati-hati adalah kelompok yang menjadi pemenang dalam permainan ini.

Permainan “Pindahkan Gelang” mengajarkan pentingnya kerjasama dan koordinasi antaranggota kelompok. Selain itu, permainan ini juga melatih kesabaran dan kehati-hatian dalam menyelesaikan tugas. Melalui interaksi langsung dan tatap muka dengan teman-teman sekelompok, peserta akan semakin peduli dan memperhatikan satu sama lain, sehingga menciptakan lingkungan yang lebih positif dan harmonis dalam kelompok.

Cermin Diri

Outbound Games – Permainan yang menyenangkan ini dirancang untuk mengamati perasaan dan sikap serta memperhatikan dan mengikuti gerakan orang lain.

Cara Bermain:

  • Setiap pemain berpasangan dan berdiri berhadapan.
  • Secara bergantian, pemain menirukan gerakan lawan mainnya.
  • Pada putaran kedua, para pemain meneruskan bercermin, namun kali ini kedua tangannya saling bersentuhan dengan lembut.
  • Pada putaran ketiga, para pemain merapatkan tangan dengan kuat, dan melanjutkan untuk mengikuti gerakan lawan main secara bergantian.

Permainan ini memberikan kesempatan kepada para pemain untuk mengamati perasaan dan sikap rekan bermain mereka, serta melatih kemampuan dalam mengikuti gerakan orang lain. Dengan melakukan aktivitas ini secara bergantian, peserta dapat membangun rasa saling percaya dan kebersamaan dalam kelompok. Selain itu, permainan ini juga dapat meningkatkan keterampilan sosial dan kemampuan berkomunikasi dalam berinteraksi dengan orang lain. Melalui proses bercermin dan menirukan gerakan, peserta akan semakin memahami dan memperhatikan orang lain dengan lebih baik, menciptakan lingkungan yang lebih positif dan harmonis dalam kelompok.

7 Wow

Outbound Games – Permainan “7 Wow” merupakan sebuah permainan outbound yang bertujuan untuk melatih konsentrasi dan kemampuan berhitung para pemain. Dalam permainan ini, tidak diperlukan alat apapun dan bisa dimainkan di mana saja.

Cara Bermain:

  • Pemain membentuk lingkaran dan permainan bisa dimulai dari siapa saja.
  • Pemain mulai berhitung secara berurutan, dimulai dari angka 1.
  • Setiap kali seseorang mendapatkan angka 7 atau kelipatannya (misalnya 7, 14, 21, dst.), ia harus berteriak “Wow!”
  • Contohnya, jika urutan berhitung adalah 4, 5, 6, maka saat mencapai angka 7, pemain harus berteriak “Wow!”, dan kemudian berlanjut dengan 8, 9, 10, dan seterusnya.
  • Pemain yang salah mengucapkan “Wow” pada angka yang bukan merupakan angka 7 atau kelipatannya akan diberi hukuman atau dikeluarkan dari permainan sebagai hiburan bagi teman-teman lainnya.

Permainan “7 Wow” menguji konsentrasi pemain dalam mengikuti urutan angka secara cepat, serta mengasah kemampuan berhitung dengan tepat. Selain itu, permainan ini juga bisa menjadi momen hiburan dan kesenangan bagi para pemain ketika ada yang membuat kesalahan. Permainan sederhana ini dapat memberikan kesan yang menyenangkan dan mengasyikkan dalam suasana kelompok, serta meningkatkan interaksi sosial antara para pemain.

Baca Yuk :  Rekomendasi Tempat Wisata di Bandung 2024 Terbaru

Perang Naga

Outbound Games – Perang Naga adalah permainan yang dirancang untuk melatih kekompakan dan kerjasama dalam sebuah tim.

Alat:

  • Tali Rafia
  • Balon
  • Tusuk gigi

Cara bermain:

  • Peserta dibagi menjadi dua kelompok dengan jumlah sekitar 8-10 orang pada setiap kelompok.
  • Setiap kelompok berbaris dengan anggota yang berada pada bagian depan berhadapan dengan anggota kelompok lainnya.
  • Setiap pemain, kecuali anggota paling depan, diberi balon yang diikatkan pada pinggang mereka menggunakan tali rafia.
  • Orang yang berada di posisi paling depan dalam kelompok diberi tusuk gigi.
  • Setiap kelompok berbaris dengan kedua tangan mereka memegang pundak teman di depannya, membentuk formasi menyerupai seekor naga, dan barisan tidak boleh terlepas.
  • Pemain yang berperan sebagai “kepala naga” dengan tusuk gigi berusaha meletuskan balon pada barisan lawan, sambil juga berusaha melindungi barisan dari serangan lawan.
  • Kelompok yang memiliki balon yang paling banyak meletus atau barisannya terlepas dianggap sebagai kelompok yang kalah dalam permainan.

Perang Naga mendorong setiap anggota tim untuk bekerja sama secara efektif, karena mereka harus menjaga kekompakan formasi dan melindungi balon dari serangan lawan. Selain itu, permainan ini juga mengajarkan pentingnya koordinasi dan komunikasi yang baik antaranggota tim, sehingga tim dapat bergerak dengan efisien dan berhasil mencapai tujuan bersama. Melalui permainan ini, peserta akan merasakan pengalaman menyenangkan sekaligus mendapatkan pelajaran tentang pentingnya kerjasama dan kekompakan dalam mencapai suatu tujuan.

Kursi Panas

Outbound Games – Permainan ini merupakan latihan yang menyenangkan untuk melatih kesigapan dan konsentrasi pemain.

Alat:

  • Kursi

Cara Bermain:

  • Pemain membentuk lingkaran dan di tengahnya diletakkan kursi dengan jumlah yang sama dengan jumlah pemain, namun dikurangi satu kursi.
  • Pemandu permainan memutar sebuah lagu, dan para pemain harus bergerak memutari kursi di sekitar lingkaran.
  • Ketika musik berhenti, para pemain harus segera mencari dan duduk di kursi yang ada.
  • Pemain yang tidak kebagian tempat duduk harus keluar dari permainan.
  • Permainan dilanjutkan dengan mengeluarkan satu kursi lagi setiap putaran berikutnya.
  • Permainan berakhir ketika tinggal tersisa satu kursi.
  • Orang yang berhasil menduduki satu kursi terakhir adalah pemenangnya.

Permainan ini dapat meningkatkan kesigapan dan konsentrasi pemain, karena para pemain harus selalu waspada terhadap saat musik berhenti untuk segera mencari tempat duduk. Selain itu, permainan ini juga melatih responsif dan kemampuan beradaptasi dalam situasi yang cepat berubah. Dengan cara yang menyenangkan, para pemain dapat mengasah keterampilan mereka dalam memperhatikan dan merespons situasi dengan cepat.

Sendok Bola Estafet

Outbound Games – Permainan ini mirip dengan permainan sendok kelereng, namun alat yang digunakan berbeda.

Alat:

  • Sendok
  • Bola pingpong

Cara Bermain:

  • Pemain dibagi menjadi beberapa kelompok.
  • Setiap pemain memegang sendok dengan mulut mereka.
  • Setiap kelompok dibagi menjadi dua bagian, yaitu bagian kanan dan kiri.
  • Bagian kanan berdiri di sebelah kanan lapangan, sementara bagian kiri berdiri di bagian kiri lapangan.
  • Setiap kelompok harus berusaha memindahkan bola pingpong dari sebelah kiri ke sebelah kanan dan sebaliknya, sampai semua anggota kelompok ikut bermain.
  • Kelompok yang berhasil menyelesaikan perlombaan terlebih dahulu akan menjadi pemenangnya.

Permainan ini menguji keterampilan koordinasi dan kerjasama dalam kelompok. Pemain harus mampu mengendalikan sendok dengan mulut mereka untuk memindahkan bola pingpong dengan cepat dan tepat. Dengan cara ini, permainan ini dapat melatih ketangkasan dan kecekatan gerak pemain, serta meningkatkan rasa kebersamaan dalam tim.

Lingkaran Mahkota

Outbound Games – Tujuan dari permainan ini adalah untuk meningkatkan kepedulian dan memperkuat rasa saling berbagi dalam kelompok.

Alat:

  • Tali Rafia

Cara Bermain:

  • Peserta diminta untuk membentuk lingkaran dengan menggunakan tali rafia.
  • Ketika pemandu memberikan aba-aba, semua pemain harus masuk ke dalam lingkaran yang telah dibuat dengan tali rafia.
  • Apabila ada peserta yang tidak berhasil masuk ke dalam lingkaran, maka seluruh peserta akan diberi hukuman.

Permainan ini bertujuan untuk meningkatkan kebersamaan dan kerjasama dalam kelompok. Dengan membutuhkan partisipasi aktif dari setiap anggota, permainan ini mendorong pemain untuk saling membantu dan memperhatikan satu sama lain. Hukuman untuk peserta yang gagal masuk ke dalam lingkaran juga menjadi bagian dari pelajaran tentang pentingnya mendukung dan berbagi dengan sesama dalam kelompok.

Lawan Kata

Outbound Games – Permainan ini merupakan sarana yang efektif untuk mengasah dan meningkatkan tingkat konsentrasi, kemampuan mendengarkan instruksi, serta kerjasama dalam sebuah kelompok.

Cara Bermain:

  • Peserta dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil dengan jumlah sekitar 8-10 orang per kelompok.
  • Setiap kelompok membentuk barisan dengan setiap peserta memegang pundak teman di depannya.
  • Pemandu atau instruktur memberikan perintah untuk bergerak, seperti “Maju,” “Mundur,” “Kanan,” atau “Kiri,” dan peserta harus bergerak sesuai dengan instruksi tersebut.
  • Peserta hanya boleh bergerak sesuai dengan perintah yang telah disepakati sebelumnya.
  • Pada putaran kedua, instruksi akan diubah dengan tambahan kata “Coy,” yang mengubah arah gerakan peserta. Misalnya, jika perintah adalah “Mundur coy,” maka peserta seharusnya bergerak maju.
  • Permainan akan menjadi semakin menarik dan menantang ketika ada anggota kelompok yang tidak tepat dalam menjalankan perintah atau bergerak saat perintah yang diberikan bertentangan.

Permainan ini tidak hanya menghibur, tetapi juga memberikan latihan yang bermanfaat bagi para peserta. Meningkatkan konsentrasi dan kemampuan mendengarkan akan membantu peserta menjadi lebih responsif dan efektif dalam menghadapi situasi dalam kelompok atau tim. Selain itu, melalui kerjasama dalam menjalankan perintah, peserta juga akan lebih memahami pentingnya bekerja sama dan saling mendukung dalam mencapai tujuan bersama.

Sarang Laba-Laba

Outbound Games – Permainan ini menuntut ketangkasan dan kemampuan strategi dari para peserta.

Alat:

  • Tali rafia yang diikatkan di antara dua pohon membentuk struktur menyerupai sarang laba-laba.

Cara Bermain:

  • Setiap kelompok berusaha untuk melewatkan seluruh anggotanya melalui lubang-lubang pada sarang laba-laba tanpa menyentuh tali rafia.
  • Pemain yang telah berhasil melewati sarang laba-laba tidak diizinkan untuk kembali ke titik awal, tetapi diperbolehkan untuk membantu rekan-rekannya dari sisi seberang.
  • Para peserta harus sangat berhati-hati agar tidak menyentuh tali rafia saat melewati sarang laba-laba. Jika ada peserta yang menyentuh tali, maka dia harus mengulangi dari awal.
  • Permainan ini tidak hanya menguji keterampilan fisik dalam melewati rintangan, tetapi juga mengajarkan pentingnya perencanaan dan strategi dalam mencapai tujuan.
  • Peserta harus bekerja sama dan berpikir cerdas untuk mencari jalan terbaik dalam menyelesaikan tantangan ini.

Permainan ini dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan sekaligus bermanfaat bagi para peserta. Mereka dapat meningkatkan ketangkasan dan keterampilan strategi mereka sambil bersenang-senang dan memperkuat kerjasama dalam kelompok.

Benda Ajaib

Outbound Games – Permainan ini dirancang untuk melatih kreativitas dan kemampuan berdiskusi dalam menciptakan sebuah produk atau karya inovatif. Menggunakan berbagai alat, seperti lego atau barang-barang bekas, peserta akan diberdayakan untuk bekerja dalam kelompok dan merumuskan ide-ide unik untuk menciptakan sebuah benda.

Cara Bermain:

  • Peserta akan dibagi menjadi kelompok-kelompok yang dipimpin oleh seorang ketua yang bertanggung jawab dalam memimpin jalannya diskusi.
  • Dalam durasi waktu yang ditentukan, biasanya 30-40 menit, peserta akan berdiskusi intensif untuk memutuskan jenis benda atau produk apa yang akan mereka ciptakan menggunakan barang-barang yang telah disediakan oleh instruktur.
  • Setelah waktu diskusi berakhir, setiap kelompok akan mempresentasikan hasil karya ciptaannya. Dalam presentasi, kelompok akan menyebutkan nama produk yang telah mereka buat, menjelaskan kegunaannya, mengungkapkan kelebihan yang dimiliki oleh produk tersebut, serta menonjolkan keunikan dan inovasi yang diusung.
  • Permainan ini tidak hanya mengembangkan kreativitas, tetapi juga melatih kemampuan berkolaborasi dalam sebuah tim. Peserta akan belajar untuk mendengarkan ide-ide dari anggota kelompok, menyampaikan pendapat dengan jelas, dan mencari solusi terbaik dengan bersama-sama. Selain itu,
  • permainan ini juga meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan presentasi, karena setiap kelompok harus mengomunikasikan ide-ide dan hasil karya mereka secara efektif kepada seluruh peserta lainnya.

Dengan menggabungkan unsur kreativitas, kolaborasi, dan kemampuan berdiskusi, permainan ini menciptakan sebuah pengalaman berharga dalam mengembangkan potensi individu dan membentuk kerjasama tim yang efektif. Selain itu, peserta juga akan merasakan kepuasan dan kebanggaan atas karya ciptaannya sendiri, sehingga memotivasi untuk terus berinovasi dan berkreasi di berbagai aspek kehidupan.

Permainan Instruksi

Outbound Games – Permainan ini mengandalkan konsentrasi dan ketelitian dalam mengikuti perintah instruktur. Para peserta akan diajak untuk memperhatikan dengan seksama setiap kata dan gerakan instruktur untuk menemukan instruksi tersembunyi dalam sebuah cerita, seperti dalam contoh cerita “Ihsan”.

Cara Bermain:

  • Instruktur memberikan penjelasan mengenai aturan permainan, seperti mengatakan “Ikuti apa yang saya katakan” dan memberikan contoh seperti “Pegang telinga” sambil memegang hidung, sehingga peserta harus memegang telinga bukan hidung.
  • Peserta diharapkan fokus dan berusaha untuk mengikuti dengan tepat setiap instruksi yang diberikan oleh instruktur, yang mungkin disertai gerakan tubuh atau mimik wajah instruktur.
  • Permainan ini menjadi lucu dan menghibur ketika ada peserta yang salah mengikuti instruksi karena mereka terlalu fokus dengan gerakan atau mimik wajah instruktur, sehingga terjadi kebingungan yang mengundang tawa dari peserta lainnya.

Permainan ini tidak hanya menguji konsentrasi dan ketelitian peserta dalam mengikuti instruksi, tetapi juga dapat menjadi momen yang mengasyikkan dan menyenangkan bagi seluruh peserta. Selain itu, permainan ini juga mengajarkan pentingnya mendengarkan dengan seksama dan berfokus pada apa yang diinstruksikan, sehingga mengajarkan nilai-nilai disiplin dan kesadaran terhadap instruksi-instruksi yang diberikan.

Menggambar Rumah

Outbound Games – Permainan ini didesain untuk melatih kemampuan kerjasama dan kesadaran atas pengawasan dalam sebuah kelompok. Dalam permainan ini, peserta akan bekerja berpasangan dan menghadapi tugas salin-menyalin tanpa berkomunikasi secara lisan.

Alat:

  • Pena atau pulpen.
  • Kertas.

Cara Bermain:

  • Peserta dibagi menjadi pasangan-pasangan.
  • Setiap pasangan diberi satu pena atau pulpen dan memegangnya bersama-sama.
  • Pemandu memberikan sebuah tulisan atau gambar contoh, seperti gambar rumah, kepada setiap pasangan.
  • Tugas pasangan adalah menyalin tulisan atau gambar tersebut, tetapi dengan satu aturan khusus: mereka dilarang untuk berkomunikasi secara lisan atau verbal.
  • Pasangan harus bekerja sama dan mencari cara lain untuk berkomunikasi dan memastikan bahwa tugas salin-menyalin dapat dilakukan dengan akurat.
  • Permainan berlangsung dengan peserta berusaha keras untuk mengawasi gerakan dan tindakan pasangan mereka untuk berhasil menyalin tulisan atau gambar dengan benar.

Tujuan dari permainan ini adalah mengajarkan pentingnya kerjasama dan komunikasi non-verbal dalam sebuah kelompok. Peserta akan menyadari betapa pentingnya pengawasan dan perhatian terhadap pasangan mereka agar tugas dapat diselesaikan dengan baik. Dengan bekerja bersama tanpa berbicara, peserta akan mengalami tantangan dan hambatan, namun dengan kerjasama yang efektif, mereka dapat mencapai hasil yang diinginkan.

Melalui permainan ini, peserta akan belajar pentingnya saling mengawasi dan berkomunikasi dengan cara yang berbeda untuk mencapai tujuan bersama. Selain itu, permainan ini juga dapat memberikan pengalaman menyenangkan dan menarik bagi peserta, sehingga menciptakan suasana belajar yang positif dan interaktif dalam kegiatan pelatihan atau acara kelompok lainnya.

Estafet Hula Hoop

Outbound Games – Permainan ini difokuskan untuk melatih kelincahan dan kerjasama dalam kelompok. Alat yang digunakan adalah hula hoop, sebuah lingkaran plastik yang biasanya digunakan untuk bermain.

Cara Bermain:

  • Peserta dibagi menjadi beberapa kelompok dan diatur berbaris membentuk satu shaf, dengan setiap peserta memegang tangan peserta yang berada di sampingnya.
  • Di tengah-tengah barisan, diletakkan hula hoop, yang bertindak sebagai objek permainan.
  • Tugas dari setiap kelompok adalah memindahkan hula hoop dari sisi kiri ke sisi kanan shaf tanpa melepaskan pegangan tangan sesama anggota kelompok.
  • Kelompok harus bekerja sama dengan cepat dan koordinasi yang baik untuk berhasil memindahkan hula hoop ke sebelah kanan shaf.
  • Kelompok yang mampu melakukan tugas tersebut dengan paling cepat adalah kelompok pemenangnya.

Melalui permainan ini, peserta akan dilatih untuk merespons dengan cepat, mengembangkan kelincahan tubuh, dan meningkatkan koordinasi tangan serta kerjasama dalam kelompok. Komunikasi dan koordinasi yang baik antar anggota kelompok menjadi kunci keberhasilan dalam memindahkan hula hoop dengan efisien. Permainan ini juga membantu dalam membangun rasa kebersamaan dan semangat tim dalam menghadapi tantangan bersama-sama.

Selain itu, permainan ini juga dapat memberikan aspek hiburan dan kesenangan bagi peserta, sehingga menciptakan suasana yang menyenangkan dan positif dalam kegiatan pelatihan atau kegiatan kelompok lainnya. Melalui permainan ini, peserta dapat belajar bahwa kerjasama dan kelincahan merupakan dua hal penting yang saling melengkapi dan dibutuhkan dalam mencapai tujuan bersama.

Menggambar Wajah

Outbound Games – Permainan ini didesain untuk meningkatkan kedekatan antara para pemain dengan cara mengamati dan menggambarkan wajah lawan mainnya. Dalam permainan ini, peserta akan berpasangan dan saling menggambar wajah satu sama lain.

Alat:

– Pena atau pulpen.
– Kertas.

Cara Bermain:

  • Peserta dibagi menjadi pasangan-pasangan.
  • Setiap pasangan mempersiapkan satu lembar kertas dan satu pena atau pulpen.
    3. Salah satu pemain di setiap pasangan akan menjadi model, sedangkan yang lainnya menjadi penggambar.
  • Pemain yang menjadi model duduk atau berdiri di depan pasangannya.
  • Pemain penggambar kemudian mulai mengamati wajah modelnya secara seksama, memperhatikan detail-detail seperti bentuk mata, hidung, mulut, dan ekspresi wajah secara keseluruhan.
  • Setelah mengamati dengan seksama, pemain penggambar kemudian menggambarkan wajah modelnya di kertas.
  • Proses ini berlangsung dalam batas waktu tertentu, misalnya 2-3 menit.
  • Setelah selesai, peran model dan penggambar akan ditukar, sehingga setiap peserta memiliki kesempatan untuk menjadi model dan penggambar.
  • Permainan berlangsung dengan peserta bergantian berperan sebagai model dan penggambar, sehingga setiap pasangan akan saling menggambar dan diobservasi oleh pasangannya.
Baca Yuk :  Harga Warung Nasi Ceu Mar Braga Bandung, Kuliner Kaki Lima Legendaris

Tujuan dari permainan ini adalah menciptakan kedekatan antar pemain melalui pengamatan dan menggambar wajah satu sama lain. Melalui aktifitas ini, peserta akan lebih fokus pada wajah dan ekspresi lawan mainnya, sehingga menciptakan rasa keakraban dan keintiman dalam kelompok. Selain itu, permainan ini juga dapat meningkatkan keterampilan pengamatan dan ketelitian peserta dalam menggambar.

Permainan ini akan memberikan kesempatan bagi peserta untuk saling mengenal lebih dalam melalui bentuk seni sederhana, yaitu menggambar. Selain itu, suasana santai dan menyenangkan dalam bermain juga akan menciptakan pengalaman berharga dan meningkatkan rasa kebersamaan dalam kelompok.

Baut Barisan

Outbound Games – Tujuan dari permainan ini adalah untuk memperkenalkan dan mengenal lebih baik ciri-ciri fisik dan sifat-sifat setiap peserta, serta melatih kemampuan bekerjasama dalam kelompok. Melalui permainan ini, peserta akan diajak untuk berinteraksi dan berkolaborasi dalam menyelesaikan tugas-tugas sederhana berdasarkan ciri-ciri tertentu.

Cara Bermain:

  • Peserta dibagi menjadi dua kelompok dengan jumlah yang sama.
  • Kedua kelompok akan berlomba untuk menyusun barisan berdasarkan aba-aba pemandu, misalnya tinggi badan, panjang rambut, usia, dan sebagainya.
  • Pemandu akan memberikan aba-aba untuk menyusun barisan berdasarkan kriteria yang telah ditentukan.
  • Setiap kelompok berusaha menyusun barisan dengan cepat dan sesuai dengan kriteria yang diberikan.
  • Setelah pemandu menghitung sampai 10, kedua kelompok harus berjongkok, tidak peduli apakah mereka telah selesai menyusun barisan atau belum.
  • Setelah berjongkok, masing-masing kelompok secara bergantian memeriksa barisan kelompok lawan untuk memastikan apakah telah dilaksanakan dengan benar sesuai kriteria.
  • Kelompok yang dapat menyusun barisan dengan benar dan cepat sebelum hitungan 10 akan menang dalam permainan ini.

Permainan ini menciptakan kesempatan bagi para peserta untuk lebih mengenal satu sama lain, baik dari segi ciri-ciri fisik maupun sifat-sifat mereka. Selain itu, permainan ini juga melibatkan kerjasama dalam kelompok, karena peserta harus berkolaborasi dengan baik untuk menyusun barisan sesuai kriteria yang diberikan. Hal ini akan meningkatkan rasa kebersamaan dan keakraban dalam kelompok serta memperkuat ikatan antar anggota tim.

Menggambar Bersama

Outbound Games – Permainan ini bertujuan untuk melatih kreativitas dalam menggambarkan suatu objek atau kata sehingga mudah dipahami oleh orang lain. Melalui permainan ini, peserta akan mengasah kemampuan komunikasi visual dan interpretasi gambar dari orang lain.

Cara Bermain:

  • Peserta dibagi menjadi beberapa kelompok dengan jumlah sekitar 6-8 orang per kelompok.
  • Setiap kelompok membentuk barisan berbanjar, dan setiap pemain memegang pena dan kertas.
  • Pemandu memberikan sebuah nama benda atau kata kepada peserta yang berada di bagian depan barisan.
  • Pemain di bagian depan harus menggambar sesuatu yang merepresentasikan kata atau benda yang diberikan pemandu.
  • Gambar tersebut kemudian diperlihatkan ke peserta yang berada di belakangnya, dan orang kedua harus menggambarkan kembali gambar tersebut dalam bentuk baru.
  • Proses ini berlanjut sampai mencapai peserta yang berada di bagian belakang barisan.
  • Orang terakhir harus menebak maksud dari gambar yang telah dia terima dari pemain sebelumnya.
  • Jika tebakannya benar, dia akan mendapatkan poin, tetapi jika salah, dia tidak mendapatkan poin.
  • Permainan berlanjut dengan proses yang sama untuk 4 gambar berikutnya.
  • Kelompok yang berhasil mengumpulkan poin terbanyak pada akhir permainan akan menjadi pemenangnya.

Permainan ini akan membangkitkan kreativitas dan kemampuan berkomunikasi peserta dalam menyampaikan maksud dan ide melalui gambar. Selain itu, permainan ini juga akan meningkatkan kemampuan peserta dalam menginterpretasi dan memahami gambar dari orang lain. Dengan demikian, permainan ini dapat menjadi sarana yang menyenangkan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi visual dan interaksi sosial dalam kelompok.

Menara Koin

Outbound Games – Permainan ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan fokus dan kesabaran pada para pesertanya.

Alat yang digunakan dalam permainan ini adalah koin-koin dengan ukuran yang seragam, sebanyak 100 buah.

Cara bermain dimulai dengan membagi peserta menjadi dua kelompok yang seimbang. Setiap kelompok diberi tugas untuk menumpuk koin-koin tersebut dengan jumlah yang sama. Setiap anggota kelompok bergantian untuk melakukan tugas ini dengan batasan waktu 30 detik.

Pada saat permainan dimulai, para peserta diharuskan untuk dengan cermat menumpuk koin-koin tersebut satu per satu, menciptakan tumpukan yang rapi dan stabil. Fokus penuh diperlukan untuk mencapai hasil yang optimal dalam batas waktu yang ditentukan.

Setelah 30 detik berlalu, permainan dihentikan, dan tumpukan koin masing-masing kelompok dihitung jumlahnya. Kelompok yang berhasil menumpuk koin dengan jumlah yang paling banyak atau yang selesai menumpuk lebih cepat akan menjadi pemenangnya.

Permainan ini memberikan tantangan yang menarik dalam mengasah kemampuan fokus dan kesabaran peserta. Para pemain harus bekerja dengan cermat dan efisien dalam menyelesaikan tugasnya agar dapat mencapai hasil yang diinginkan. Selain itu, permainan ini juga mengajarkan pentingnya kerjasama dalam kelompok, di mana setiap anggota kelompok harus bergantian dalam menumpuk koin dan mendukung satu sama lain.

Dengan mengikuti permainan ini, peserta akan mengembangkan keterampilan yang bermanfaat dalam berbagai aspek kehidupan, terutama dalam meningkatkan fokus dan kesabaran dalam menghadapi berbagai tantangan. Hal ini akan membantu peserta menjadi lebih efektif dan efisien dalam menyelesaikan tugas-tugas sehari-hari serta meningkatkan performa dalam lingkungan profesional maupun akademis.

Bakiak

Outbound Games – Bakiak, sejenis sandal yang terbuat dari kayu, menjadi inspirasi dalam permainan ini yang bertujuan untuk melatih kekompakan gerakan kelompok. Permainan ini mengedepankan kerjasama dan komunikasi yang efektif di antara anggota kelompok.

Alat yang digunakan dalam permainan ini adalah papan kayu berukuran 1×0,15 meter dengan tebal 5 cm, yang disediakan sebagai alat bantu dalam menjalankan permainan.

Cara bermain dimulai dengan membentuk kelompok peserta yang terdiri dari 3 orang. Setiap kelompok akan berpartisipasi dalam adu cepat untuk menyelesaikan tugas yang telah ditetapkan. Pemandu permainan menandai garis start dan garis finish sebagai tempat awal dan akhir perlombaan.

Ketika permainan dimulai, kedua kelompok berlomba untuk berjalan dari garis start menuju garis finish dengan menggunakan papan kayu sebagai alat berjalan. Gerakan pergerakan yang terkoordinasi dan padu antar anggota kelompok menjadi kunci untuk mencapai kemenangan dalam permainan ini.

Kelompok yang berhasil mencapai garis finish dengan cepat dan teratur adalah kelompok yang menjadi pemenangnya. Permainan ini menekankan pentingnya kerjasama dan komunikasi yang baik di antara anggota kelompok untuk mencapai hasil yang optimal.

Dengan berpartisipasi dalam permainan ini, peserta akan mengembangkan keterampilan berkomunikasi dan bekerjasama yang esensial dalam berbagai situasi, baik dalam lingkungan sosial, kelompok kerja, maupun dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, permainan ini juga menyenangkan dan memberikan kesempatan bagi peserta untuk merasakan sensasi tantangan dalam mencapai tujuan bersama.

Benteng Takeshi

Outbound Games – Permainan ini memiliki tujuan yang beragam, di antaranya melatih kerjasama, kemampuan mengatur strategi, dan keterampilan kepemimpinan bagi orang yang menjadi pemimpin kelompok.

Alat yang digunakan dalam permainan ini terdiri dari 2 buah bendera beserta batangnya, yang menjadi simbol dalam permainan ini.

Cara bermain dimulai dengan membagi peserta menjadi 2 kelompok yang setiap kelompok menentukan seorang pemimpin pasukan. Kemudian, pemandu permainan memberikan penjelasan mengenai aturan main.

Masing-masing kelompok memiliki tugas untuk memilih tempat sebagai benteng mereka, biasanya pohon atau tembok. Di dalam benteng tersebut, bendera diletakkan sebagai simbol kekuasaan kelompok. Setiap kelompok berusaha merebut bendera lawan dengan cara menyerang musuh menggunakan tangan untuk menepuk tubuh mereka.

Setiap musuh yang tertepuk akan ditawan oleh pihak musuh, namun mereka dapat dihidupkan kembali dengan cara menepuk tubuhnya lagi. Kelompok yang berhasil merebut bendera lawan akan menjadi pemenang dalam permainan ini.

Sebelum memulai permainan, pemandu memberikan waktu sekitar 7 menit bagi masing-masing kelompok untuk berdiskusi dan merencanakan strategi yang efektif dalam merebut bendera lawan.

Permainan ini menjadi sarana yang efektif untuk melatih kerjasama tim, kemampuan mengatur strategi, dan keterampilan kepemimpinan yang dapat diaplikasikan dalam berbagai situasi, baik dalam lingkungan kelompok maupun dalam lingkungan kerja. Selain itu, permainan ini juga memberikan kesempatan bagi peserta untuk merasakan sensasi tantangan dan ketegangan dalam mencapai tujuan bersama.

Bowling Botol

Outbound Games – Permainan ini menyerupai olahraga bowling, namun dengan peralatan yang berbeda. Tujuan dari permainan ini adalah melatih ketangkasan dalam membidik sasaran.

Alat yang dibutuhkan untuk permainan ini adalah bola sepak dan 10 botol minuman ukuran 600 ml. Botol diisi dengan air hingga penuh dan kemudian disusun menyerupai pin pada olahraga bowling.

Cara bermain dimulai dengan setiap pemain secara bergantian menendang bola ke arah botol-botol tersebut. Tujuan mereka adalah untuk menjatuhkan sebanyak mungkin botol.

Pemain yang berhasil menjatuhkan paling banyak botol dianggap sebagai pemenang dalam permainan ini.

Permainan ini tidak hanya menyenangkan, tetapi juga efektif dalam melatih ketangkasan dan koordinasi gerak. Dengan mengandalkan kemampuan membidik dan mengontrol bola, peserta dapat merasakan tantangan dalam mencapai tujuan yang telah ditentukan.

Selain itu, permainan ini juga dapat dimodifikasi sesuai dengan tingkat kesulitan yang diinginkan. Misalnya, jarak antara pemain dan botol dapat diatur ulang untuk meningkatkan tingkat kesulitan, atau bahkan menggunakan bola dengan berat yang berbeda untuk menantang para pemain.

Dengan demikian, permainan ini tidak hanya menyenangkan, tetapi juga memberikan manfaat dalam meningkatkan keterampilan motorik dan fokus para pesertanya.

Mencari Harta Karun

Outbound Games – Permainan ini bertujuan untuk melatih kewaspadaan dan kerjasama kelompok.

Alat yang digunakan dalam permainan ini adalah kertas karton yang telah dipotong-potong menjadi beberapa potongan dan setiap potongan berisi kata-kata. Selain itu, terdapat kertas yang bertuliskan sebuah kalimat yang menjadi acuan.

Cara bermain dimulai dengan pemandu menyembunyikan potongan-potongan kertas di sekitar area bermain, seperti semak-semak atau tempat tersembunyi lainnya.

Setelah itu, pemandu memberikan kertas yang bertuliskan sebuah kalimat kepada setiap kelompok. Tugas kelompok adalah mencari potongan-potongan kertas yang sesuai dengan kalimat yang ada pada kertas yang diberikan pemandu, dan menyusunnya kembali menjadi sebuah kalimat yang lengkap dan sesuai.

Kelompok harus bekerja sama secara efektif dalam mencari dan menyusun potongan-potongan kertas. Mereka harus berkomunikasi dengan baik untuk memastikan bahwa setiap potongan kertas ditemukan dan ditempatkan dengan benar.

Kelompok yang berhasil menyusun kalimat dengan benar dan selesai lebih awal dari kelompok lain dianggap sebagai pemenang dalam permainan ini.

Permainan ini tidak hanya melatih kewaspadaan dan kerjasama, tetapi juga melibatkan aspek komunikasi dan strategi. Para peserta harus secara aktif mencari potongan kertas dan berdiskusi dengan anggota tim untuk mencapai tujuan bersama.

Dengan demikian, permainan ini menyediakan pengalaman yang menyenangkan sambil membantu meningkatkan keterampilan penting seperti kewaspadaan, kerjasama, komunikasi, dan strategi dalam konteks kelompok.

Simpulan dan FAQ Outbound Games

Outbound Games – Outbound games adalah serangkaian kegiatan berbasis tim dan lingkungan alam terbuka yang bertujuan untuk mengembangkan keterampilan individu dan kelompok. Jenis permainan dalam outbound games dapat dikelompokkan menjadi dua kategori, yaitu permainan outbound fun games yang menekankan pada aspek hiburan dan kesenangan, serta permainan outbound team building yang lebih fokus pada pengembangan tim dan kerjasama.

Dalam permainan outbound, peserta diajak untuk menghadapi tantangan fisik, sosial, dan psikologis yang memerlukan kerjasama, komunikasi, kreativitas, serta strategi untuk mencapai tujuan bersama. Permainan ini umumnya dilakukan di luar ruangan dan cocok digunakan dalam pelatihan perusahaan, pendidikan, dan program pengembangan diri.

Beberapa tujuan dari outbound games antara lain meningkatkan hubungan kerjasama, memperkuat rasa kebersamaan dalam tim, melatih komunikasi, meningkatkan kemampuan leadership, meningkatkan konsentrasi, kreativitas, dan kemampuan untuk membuat strategi serta menganalisis. Selain itu, permainan ini juga berperan dalam meningkatkan rasa percaya diri peserta terhadap kemampuan yang dimilikinya.

Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, permainan outbound dirancang dengan menggunakan berbagai alat dan bahan sederhana seperti pipa air, tali, ember, tusuk gigi, kain, dan lainnya. Penggunaan alat-alat tersebut menambah keseruan dan tantangan dalam permainan.

Permainan outbound juga berfungsi untuk membantu peserta mengenali teman-teman kelompoknya dengan lebih baik, sehingga mempererat hubungan antaranggota kelompok dan menciptakan lingkungan yang lebih akrab dan harmonis.

Dalam keseluruhan, outbound games merupakan metode yang efektif dan menarik dalam pengembangan individu dan kelompok, dengan menggabungkan unsur hiburan dan pembelajaran dalam suasana alam terbuka. Permainan ini dapat diadaptasi dan disesuaikan dengan kebutuhan berbagai kelompok peserta, dan memberikan manfaat yang berharga dalam pengembangan keterampilan dan sikap positif bagi peserta di berbagai bidang kehidupan.

Permainan Outbound Terbaru 2024 : Manfaat Outbound Hingga Cara Mainnya

Sumber : https://www.gramedia.com/