Liburan-ke-Labuan-Bajo

Liburan ke Labuan Bajo

Liburan ke Labuan Bajo. Labuan Bajo merupakan salah satu desa dari 19 desa dan kelurahan yang berada di kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Labuan Bajo merupakan sebuah tempat penangkapan ikan kecil yang berada di ujung paling barat pulau Flores yang menyimpan berbagai keajaiban alam. Labuan Bajo telah berkembang menjadi sebuah gerbang masuk, menuju destinasi wisata eksotis di Nusa tenggara Timur.

Liburan ke Labuan Bajo

Taman Nasional Komodo yang terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1991 ini, selalu memiliki daya pikat untuk para wisatawan seperti Sobat Pesona. Lokasi ini terkenal karena keberadaan Komodo, yang oleh warga lokal disebut dengan Ora. Taman Nasional  yang terdiri dari Pulau Komodo, Pulau Rinca , Pulau Padar dan beberapa pulau di sekitarnya ini adalah habitat alami bagi satwa liar di darat dan di dalam air yang beragam.

Di Labuan Bajo ada banyak tempat-tempat terbaik untuk Sobat Pesona yang ingin menikmati keindahan langit senja yang spektakuler saat tenggelamnya matahari. Itulah yang membuat Labuan Bajo juga terkenal dengan sebutan kota matahari terbenam.

Beberapa tempat wisata yang menarik dapat Sobat Pesona temukan saat berada di dalam Kota Labuan Bajo. Seperti Gua Cermin yang letaknya hanya 4 kilometer dari Labuan Bajo. Gua ini ditemukan oleh arkeolog asal Belanda pada tahun 1951 yang beranggapan bahwa dulunya Labuan Bajo pernah berada di bawah permukaan air.

Keajaiban yang menakjubkan lainnya dan tidak boleh Sobat Pesona lewatkan adalah Gua Rangko. Di sini, Sobat Pesona punya kesempatan untuk berenang di danau indah yang berada di dalam gua!

Tak jauh dari Bandara Komodo di Labuan Bajo, Sobat Pesona dapat menikmati pemandangan lautan yang luas dan sangat mempesona saat matahari tenggelam dari atas Bukit Cinta, Puncak Amelia, dan Puncak Silvia.

Sobat Pesona pecinta kuliner, dapat menuju ke Kampung Ulung yang menjadi pusat kuliner lokal yang lezat untuk bersantap malam di Labuan Bajo.

Menghabiskan waktu di pondok-pondok kayu beratapkan jerami yang tersembunyi di antara ilalang  dan pohon-pohon yang tinggi, bisa menjadi sebuah pengalaman romantis saat Sobat Pesona berlibur ke Labuan Bajo dengan kota landai yang menghadap ke Pelabuhan.

Bagi Sobat Pesona dengan jiwa petualang, Labuan Bajo memiliki banyak daratan dan juga lautan yang siap untuk ditaklukkan. Maka tak heran jika setiap tahunnya jumlah pengunjung terus meningkat. Sobat Pesona bisa menjajal liveaboards, dengan mencoba untuk tinggal di kapal selama beberapa hari sambil berlayar mengunjungi pulau-pulau yang indah dan juga menyelam untuk melihat keindahan bawah laut yang istimewa.

Labuan Bajo semakin dikenal masyarakat Indonesia, apalagi dengan beragam open trip yang ditawarkan untuk menyusuri setiap sudut pulau dan pantainya. Salah satu yang dikenal di Labuan Bajo selain Pulau Komodo adalah Pink Beach atau pantai pasir pink.

Meski demikian, Labuan Bajo dan sekitarnya bukanlah satu-satunya pesona yang ditawarkan oleh Kabupaten Manggarai Barat, Flores, NTT. Ada beragam wisata alam dan wisata sejarah yang ditawarkan di Flores.

Berikut sejumlah lokasi wisata alam yang unik dan seru dari penelusuran Bisnis.com yang patut Anda sambangi jika sedang berkeliling Labuan Bajo dan sekitarnya di Pulau Flores.

Pulau Rinca

Tak hanya Pulau Komodo, Labuan Bajo yang memiliki banyak gugusan pulau juga memiliki pulau lain dengan keindahan alam laut yakni Pulau Rinca. Bahkan, di Pulau Rinca, Anda bisa menjumpai lebih banyak Komodo. Di Pulau Rinca, wisatawan juga berkesempatan untuk mengikuti kegiatan penanaman bakau dalam rangka melestarikan lingkungan.

Gili Laba

Masih berada di sekitar Taman Nasional Komodo, Anda juga bisa menjumpai Gili Laba. Lokasi ini terkenal dengan keindahan perbukitan yang terbingkai dengan hamparan laut biru.

Tak heran jika Gili Laba masuk sebagai salah satu destinasi incaran para wisatawan di Labuan Bajo. Bahkan, Gili Laba juga seringkali didatangi sebagai lokasi untuk foto pre-wedding.

Berkeliling Liburan ke Labuan Bajo

Untuk berkeliling Labuan Bajo, Sobat Pesona dapat menggunakan jasa ojek, bemo, bus ataupun dengan menyewa mobil beserta supir pemandu. Pastikan Sobat Pesona memeriksa penyewa mobil dan juga pemandu wisata yang terpercaya. Informasi untuk berkeliling Labuan Bajo dapat Sobat Pesona dapatkan dari hotel atau tempat Sobat Pesona menginap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*