Peralatan Rafting Helm Yang Wajib Di Pakai

Peralatan Rafting Helm Yang Wajib Di Pakai adalah untuk melindungi kepala peserta arung jeram apabila kepala peserta terbentur batu atau benda keras di air. Selain pelampung, peralatan untuk rafting yang tak kalah pentingnya adalah helm. Fungsi dari helm ini adalah untuk melindungi benturan pada bagian kepala dengan benda keras seperti batu yang ada di sungai. Helm yang digunakan pun juga helm khusus sehingga lebih aman, tidak mudah lepas dan tahan terhadap benturan benda keras sekalipun.

Peralatan Rafting Helm Yang Wajib Di Pakai

Peralatan ini sangat penting untuk digunakan, karena berfungsi melindungi kepala dari benturan benda-benda keras, tidak hanya saat terjatuh karena aliran sungai pada umumnya terdapat bebatuan tetapi juga benturan dengan peserta lainnya. Helm pelindung kepala ini biasanya tersedia dalam berbagai ukuran, pilihlah ukuran yang sesuai dan atur kekencangan sesuai kenyamanan, kalau terlalu kencang, kepala juga tidak akan terasa nyaman, sisakan kelonggaran tali sekitar dua jari dari dagu.



Dalam menggunakan peralatan rafting helm ini jangan terlalu kencang, karena pengarungan memakan waktu yang cukup lama dan bisa mengakibatkan kepala sakit karena terjepit helm yang terlalu kencang. Atau jangan terlalu longgar karena bisa mengganggu gerakan atau pandangan dalam pengarungan. Biasanya untuk pengaturan kencang tidaknya helm maka disisakan kira – kira dua jari supaya pemakaian helm menjadi optimal.
Ada beberapa macam Peralatan Rafting Helm Yang Wajib Di Pakai ,diantaranya :
  • Helm fiber glass sangat ringan tetapi bisa berbahaya. Apabila terbentur benda keras, helm fiber glass mudah pecah, pecahnya sengat gampang melukai apalagi jika helm pecah pada waktu dipakai.
  • Helm plastik, lebih aman karena tidak mudah pecah seandainya pecah, pecahannya tidak hancur. Biasanya helm plastik jika pecah hanya retak – retak saja. Untuk saat ini para operator arung jeram kebanyakan memakai helm ini.



Kriteria helm yang baik adalah kuat, ringan, tahan air, tidak mengganggu pergerakan dan pandangan. Helm yang biasa dipakai untuk arung jeram yaitu terbuat dari bahan plastik dengan busa di bagian dalamnya. Helm plastik bersifat lentur dan tidak mudah pecah sehingga merupakan salah satu peralatan terpenting dalam arung jeram.



Dalam arung jeram usahakan memilih Peralatan Rafting Helm Yang Wajib Di Pakai yang menutup hingga belakang kepala karena helm ini lebih aman dibandingkan helm yang hanya menutup setengah kepala saja. Namun saat ini helm tersebut jarang dijumpai di operator arung jeram. Oleh karena itu siapkan helm yang pas buat kegiatan rafting ini, semoga bermanfaat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*