3 RAPTOR ONE

Peralatan Rafting : Perahu Karet

posted in: Rafting | 0

Anda suka bermain outbound rafting? mari kita mengenal peralatan rafting, yaitu perahu karet. Perahu karet atau yang sering disebut Rubber Boat adalah perahu yang terbuat dari bahan karet yang bisa dikempiskan saat tidak dipakai dan dikembangkan lagi pada saat akan digunakan. Perahu karet sangat fleksibel dan mudah dibawa kemana-mana. Perahu karet sangat cocok digunakan dalam kegiatan arung jeram karena cukup stabil jika berada di atas air. Terdapat beberapa jenis perahu karet diantaranya perahu karet Landing Craft dan perahu karet Oval.

Peralatan rafting perahu karet dengan jenis Landing Craft adalah salah satu jenis perahu karet khusus untuk rafting. Perahu karet dengan desain yang kuat serta dibuat dari bahan yang berkualitas, banyak digunakan di negara-negara Eropa dan Amerika. Karena karakteristik sungai-sungai yang ada di negara tersebut termasuk jenis sungai dengan arus yang sangat deras, maka dalam rafting dibutuhkan perahu karet yang kuat dan tangguh. Jenis perahu rafting seperti Landing Craft harganya relatif cukup mahal.

Peralatan rafting perahu karet dengan jenis Oval adalah perahu karet berbentuk Oval dengan desain khusus yaitu pada bagian haluan dan burit berbentuk sedikit mencuat yang bertujuan agar perahu mampu menjaga kestabilan posisi di saat melewati arus yang deras. Perahu karet jenis Oval sering digunakan dalam arung jeram di Indonesia, harganya pun relatif terjangkau. Ada dua jenis perahu rafting Oval yaitu jenis Non Self Bailing Floor dan Self Bailing Floor. Non Self Bailing Floor yaitu jenis perahu karet yang tidak dilengkapi dengan lubang-lubang khusus pembuangan air. Sedangkan perahu Oval dengan jenis Self Bailing Floor merupakan perahu karet khusus yang dilengkapi dengan lubang-lubang pembuangan air. Bahan perahu karet yang banyak digunakan adalah terbuat dari PVC (Polivinil Chloride) atau sering disebut dengan karet sintetis dan harganya relatif terjangkau.

Namun berhati-hatilah dalam memilih perahu karet demi kenyamanan dan keselamatan. Berikut kami akan mengulas jenis perahu karet termurah dan terbaik yang bisa Anda gunakan untuk bersantai di danau, memancing, bencana alam (banjir), jelajah, atau rafting.

Berikut jenis-jenis Peralatan rafting perahu karet :

  1. Perahu karet jenis Transom Boat
    perahu-karet-model-transom-boat
    perahu-karet-model-transom-boat
  2. Perahu Karet jenis River Boat
    outbound_cileunca_airasia_1
    outbound_cileunca_airasia_1
  3. Perahu Karet Jenis RIB (Rigid Inflatable Boat)
    3 RAPTOR ONE
    3 RAPTOR ONE
  4. Perahu Karet Jenis Kayak
    kayak
    kayak
  5. Perahu Karet Jenis Extreme Boat
    extreme-boat-wahana-main-air
    extreme-boat-wahana-main-air

Semoga artikel Peralatan rafting perahu karet, membantu inspirasi anda untuk mengadakan rafting di tempat outbound. 🙂

Sumber : http://www.perahukaret.co.id/2014/10/jenis-perahu-karet.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*