situ_cileunca4

Rekomendasi Wisata Outbound Bandung, Situ Cileunca Pangalengan

Rekomendasi Wisata Outbound Bandung, Situ Cileunca Pangalengan. Untuk Anda yang mencari tempat untuk outbound atau gathering, Situ Cileunca cocok menjadi pilihannya.

Ada banyak aktivitas seru yang bisa Anda dan rekan lakukan untuk melatih kekompakan. Penasaran seperti apa daya tarik dan keseruan di Situ Cileunca? Simak artikel ini selenggarakan, ya!

Baca Yuk :



Rekomendasi Wisata Outbound Bandung, Situ Cileunca Pangalengan

Situ Cileunca Pangalengan merupakan salah satu dari sekian banyaknya wisata alam di Pangalengan, Bandung. Terkenal dengan wisata alamnya yang hijau menyejukkan, Pangalengan selalu menjadi tempat pilihan para wisatawan. Termasuk Situ Cileunca, danau yang dikelilingi pegunungan hijau kontras dengan jernihnya air yang kebiruan.

Sekilas Tentang Situ Cileunca Pangalengan

Situ Cileunca Pangalengan terbilang memiliki lahan yang luas, yakni sekitar 1.400 hektare. Sedangkan kedalaman air situ atau danaunya sekitar 17 meter. Para wisatawan diimbau untuk berhati-hati karena kedalaman airnya tersebut. Danau ini juga berada di ketinggian 1.550 meter di atas permukaan laut sehingga udaranya begitu sejuk.

Usut punya usut, situ ini dulunya merupakan hutan dengan aura yang menyeramkan, lho! Hutan tersebut dipenuhi pepohonan dan semak-semak yang membuat orang tidak berani mendekat. Hingga pada tahun 1918, kawasan hutan tersebut dibangun menjadi situ oleh meneer Belanda dengan tujuan untuk kebutuhan air. Kini, Situ Cileunca menjadi PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air) untuk menunjang kebutuhan masyarakat sekitar.

Ada banyak cerita menarik mengenai Situ Cileunca yang beredar di masyarakat. Seperti tentang cara pembangunan danau ini yang konon menggunakan penumbuk padi selama tujuh tahun. Juga tentang legenda ikan raksasa yang hidup di sana. Namun, itu hanyalah sebuah legenda dan ‘sejarah’ bagi orang-orang yang mempercayainya.

Kini Situ Cileunca penuh dengan aura kecantikan alamnya. Keindahan yang dimiliki situ tersebut menjadikannya sebagai destinasi wisata yang dikagumi banyak wisatawan dari berbagai daerah.

Daya Tarik Situ Cileunca

Banyaknya wisatawan yang berwisata di Situ Cileunca Pangalengan tak serta-merta tanpa alasan. Mereka terpikat akan daya tarik yang dimiliki situ tersebut. Di antaranya adalah airnya yang jernih dan kebiruan akibat pantulan dari birunya langit yang memayungi.

Jika sedang jernih sekali terutama di musim kemarau, ikan yang berada di dasar situ pun bisa terlihat. Jika sedang musim hujan, air situ tidak terlalu jernih dan udaranya sangat sejuk bahkan berkabut. Selain panorama danaunya, view hijaunya pepohonan yang mengelilingi juga menambah daya tariknya. Tempat ini cocok untuk melepas jenuh.

Apalagi ada banyak wahana yang bisa Anda coba di sini. Seperti menaiki perahu, memancing dan bakat ikan, flying fox, rafting, dan outbound lainnya. Anda juga bisa bebas berswafoto di spot menarik yang akan menghasilkan foto ciamik.

Keseruan Outbound dan Memancing

Tak hanya bisa menikmati pemandangan indahnya, Anda juga bisa menikmati kegiatan outbound. Ada beberapa permainan di alam terbuka yang menantang, seperti flying fox, panahan, paint ball, dan Pangalengan tour. Outbound ini tentunya akan lebih seru jika dilakukan bersama keluarga, sahabat, atau teman kantor. Bisa melatih kekompakan, meningkatkan solidaritas, dan menikmati liburan bersama yang menyenangkan.

Bagi Anda yang senang memancing, ada juga lho fasilitas memancing yang disediakan. Anda bisa memancing di tepi danau sambil menikmati pesona Situ Cileunca. Setelah mendapat ikannya, Anda bisa melanjutkannya dengan acara bakar-bakar. Wah, pasti seru, bukan?

Rafting/Arung Jeram dan Camping Ground

Masih belum puas melakukan outbound di darat? Tenang, Sobat, karena Situ Cileunca Pangalengan menyediakan outbound lain yang lebih seru dan menantang. Yakni arung jeram, ini adalah outbound yang paling disukai para muda-mudi. Anda akan diberikan perlengkapan safety yang lengkap dan akan ada guide-nya, jadi benar-benar aman.

Puas bermain adrenalin dengan arung jeram, Anda bisa beristirahat dan menikmati suasana malam di Situ Cileunca. Ada camping ground yang disediakan di sana. View sunset di Situ Cileunca benar-benar epik. Anda bisa mengadakan gathering dengan camping.

Petik Buah dan Menaiki Perahu

Wahana atau fasilitas liburan lain yang disediakan di Situ Cileunca adalah Anda bisa memetik buah arbei dan strawberry. Anak-anak pastinya akan cocok berada di sana. Ingin mengitari danau? Anda bisa menyewa perahu yang disediakan.

Berburu Photo Spot

Liburan tanpa berswafoto agaknya kurang lengkap, Sobat. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mengabadikan momen indah di danau di spot yang terbaik. Ada jembatan Cinta yang terbentang menghubungkan dua desa di sana yang menjadi spot foto favorit. Ada pula spot foto yang disediakan, atau berfoto dengan dengan background danau dan hijaunya pepohonan.

Fasilitas Situ Cileunca

Berada di kawasan pariwisata, Situ Cileunca sudah didukung dengan fasilitas yang memadai. Seperti area parkir, toilet, mushola, dan warung. Untuk Anda yang berasal dari luar kota, bisa membeli oleh-oleh di toko yang disediakan. Ada pula penginapan di sekitar Situ Cileunca yang bisa Anda sewa untuk bermalam.




HTM

Harga tiket masuk Situ Cileunca Pangalengan adalah Rp6.000. Sedangkan untuk biaya parkir biasanya dikenakan Rp2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp3.000 untuk kendaraan roda empat. Untuk menyewa perahu m, Anda hanya perlu membayar Rp7.500 saja dengan maksimal kapasitas 10 orang. Biaya memasuki kebun arbei dan strawberry dipatok dengan harga Rp5.000.

Anda bisa membawa pulang hasil panen arbei dan strawberry. Setiap 1 kg arbei dihargai sebesar Rp25.000 sedangkan 1 kg strawberry dihargai Rp30.000. Harga-harga tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu.

Lokasi dan Jam Operasional

Destinasi wisata ini berada di Desa Wanasari, Kecamatan Pangalengan, Bandung, Jawa Barat. Butuh sekitar 2 sampai 2,5 jam untuk menempuh perjalanannya dari pusat Kota Bandung. Akses jalannya baik sehingga aman untuk dilalui. Adapun jam operasionalnya, biasanya mulai beroperasi pukul 07.00 hingga pukul 18.00.

Itulah sekilas mengenai Situ Cileunca Pangalengan yang menjadi rekomendasi wisata outbound paling seru. Hawa segar dingin yang ditawarkan membuat wisatawan bisa berlibur dengan nyaman. Situ yang penuh legenda ini ternyata memiliki keindahan alam yang memesona.

Rekomendasi Wisata Outbound Bandung, Situ Cileunca Pangalengan

Sumber : https://djavatoday.com/wisata/situ-cileunca-pangalengan-rekomendasi-wisata-outbound-menarik/

Baca Yuk :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *