Team Building Cileunca Pangalengan 2024. Team Building Outbound Cileunca Adventure memberikan kegiatan training outbound, yang diharapkan mampu Melatih mental kepribadian seseorang dan Membentuk karakter yang lebih realitis di perusahaan atau tempat kerja.


Team building adalah proses atau kegiatan yang dirancang untuk memperkuat hubungan, kerjasama, dan komunikasi antara anggota tim dalam suatu kelompok atau organisasi. Tujuan utama dari team building adalah untuk meningkatkan kinerja tim, memperbaiki hubungan antaranggota tim, membangun kepercayaan, meningkatkan komunikasi, mengidentifikasi dan memanfaatkan kekuatan individu, serta mempromosikan kolaborasi dalam mencapai tujuan bersama.

Team Building dapat meningkatkan keakraban antar karyawan sehingga mereka menjadi lebih solid dan saling mengerti satu sama lain.

Salah satu dasar pengembangan organisasi yang diterapkan dalam berbagai kelompok, mulai dari antar siswa di kelas pada sekolah, anggota tim olahraga, hingga karyawan pada sebuah perusahaan.

Team Building Cileunca Pangalengan 2024

Outbound atau team building merupakan sarana pembelajaran yang sarat akan makna dimana terdiri dari bermacam-macam gaya dalam proses dan penerapannya. Outbound adalah serangkaian aktivitas dan kegiatan yang dilakukan oleh segelintir orang sebagai sarana pembelajaran dimana dalam proses dan penerapannya dapat dilakukan baik itu didalam (indoor) maupun diluar ruangan (outdoor), adapun terdapat serangkaian informasi yang disimulasikan kedalam bentuk permainan sehingga menjadi sangat menarik untuk dilakukan, program dan kegiatan outbound seringkali ditujukan untuk membangun sebuah komunikasi guna mencari solusi dalam tugasnya menyelesaikan suatu misi.

Permainan yang di rancang untuk meningkatkan kerja sama team yang solid, dengan memadukan kreativitas dan tantangan dalam suatu bentuk permainan di alam terbuka. Dan setiap regu/teamnya wajib menyelesaikan problemanya besama.

Arti dan Definisi Outbound atau Team Building

Apakah sebenarnya progam outbound atau team building? Outbound atau team building, sering juga disebut dengan capacity building, adalah program pelatihan manajemen yang dirancang untuk membangun jiwa kepemimpinan dan teamwork untuk individu-individu di dalam suatu organisasi atau perusahaan. Tujuannya adalah untuk peningkatan kapasitas diri dan peningkatan kemampuan bekerja secara kolektif karyawan.

Lazimnya, Program outbound adalah program pelatihan dengan metode-metode permainan yang dilakukan di ruangan terbuka. Umumnya, tempat outbound yang profesional sudah memiliki wahana-wahana permainan untuk outbound dan team building dalam bentuk permanen.

Baca Yuk :  Tiket Wisata Kolam Air Panas Carita Alam Pangalengan, Cocok untuk Libur Akhir Pekan

Tujuan Outbound atau Team Building Karyawan

Inti tujuan dari kegiatan outbound dan team building untuk karyawan adalah untuk membangun komitmen yang ditujukan untuk peningkatan perkembangan diri dan kolektivitas kerja dari seluruh peserta outbound melalui konsep 4C: Competency, Confidence, Conception, dan Connection, yang tertuang dalam manfaat-manfaat outbound di bawah ini.

Team Building Cileunca Pangalengan 2024

Manfaat Outbound atau Team Building Karyawan

  1. Peningkatan Individual Soft Skills.
    • Program pelatihan outbound untuk karyawan adalah program pelatihan yang dirancang untuk melatih dan memacu setiap individu peserta outbound agar selalu berpikir dalam kerangka berpikir yang sistematis dan berorientasi pada tujuan jangka panjang.
    • Program pelatihan outbound selalu dilaksanakan dengan suasana yang santai dan fun, tanpa sekat-sekat senioritas dan jabatan, sehingga diharapkan dapat mengembangkan sekaligus meningkatkan kemampuan aktualisasi diri dari masing-masing individu peserta pelatihan outbound. Peningkatan kepercayaan diri dari masing-masing karyawan diharapkan akan berpengaruh positif pada peningkatan dan perkembangan jiwa kepemimpinan dari masing-masing karyawan yang mengikuti program outbound.
    • Program pelatihan outbound dan team building juga dirancang untuk membentuk karakter disiplin dan bertanggung jawab, serta pola perilaku yang berorientasi jangka panjang. Salah satu tujuan dari progam pelatihan outbound memang dimaksudkan untuk membuat masing-masing individu peserta outbound memiliki etos kerja dan etika kerja yg tinggi.
  2. Peningkatan Teamwork Skills.
    • Selain untuk peningkatan individual soft skills dalam poin-poin di atas, program pelatihan outbound juga dirancang untuk menumbuhkan kesadaran tentang arti penting serta manfaat dari kebersamaan dan bekerja secara kolektif.
    • Dibuat dalam bentuk permainan, program pelatihan outbound dan team building akan membuat simulasi agar semua individu ‘terpaksa’ untuk bekerja secara kolektif atau melalui teamwork demi mencapai tujuan. lebih maksimal. Tujuan akhirnya adalah turut membantu menghasilkan produktivitas dan peningkatan kinerja yang dari suatu perusahaan atau suatu organisasi.
    • Dalam program pelatihan outbound, melalui metode-metode permainan, seluruh peserta outbound akan disimulasi agar selalu siap untuk bertindak dan merespon dengan cepat sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada. Sehingga dalam prakteknya, akan selalu siap menghadapi tantangan-tantangan perubahan yang muncul dan dihadapi oleh perusahaan.
    • Simulasi program permainan outbound mengajak peserta untuk mencoba memahami kelebihan-kelebihan dan kekurangan-kekurangan yang ada pada dirinya sendiri, kelebihan-kelebihan dan kekurangan-kekurangan maupun dari orang lain. Tujuan akhirnya adalah untuk meningkatkan kemampuan bekerja secara kolektif (teamwork) dari masing masing individu karena timbulnya rasa saling menghargai dalam setiap keputusan yang dibuat.
  3. Refreshment.
    • Beban kerja yang pasti terus bertambah, dan rutinitas kerja sehari-hari, tentu akan menimbulkan kejenuhan bagi masing-masing individu, pada suatu waktu. Salah satu manfaat utama dari program outbound adalah juga sebagai sarana refreshing bagi para karyawan, untuk break sejenak dari rutinitas kerja sehari-hari.
    • Program pelatihan outbound dirancang untuk dilakukan dalam suasana yang santai dan menyenangkan, dengan metode-metode permainan yang fun dan seru, sehingga sangat cocok untuk menjadi salah satu program dalam agenda outing dan liburan karyawan.
Baca Yuk :  Paintball Cileunca Pangalengan 2024

CONTOH GAMES TEAM BUILDING

  1. Three Truths and a Lie

Setiap peserta menyampaikan tiga pernyataan yang benar tentang diri mereka dan satu pernyataan palsu. Tim harus menebak pernyataan mana yang palsu.

  1. Minefield

Tim harus melewati medan ranjau yang diisi dengan rintangan, dengan bantuan petunjuk verbal dari anggota tim lainnya.

  1. Human Knot

Peserta membentuk lingkaran dan saling menggenggam tangan. Mereka kemudian harus mencoba membuka simpul manusia tanpa melepaskan genggaman tangan.

  1. Blindfolded Obstacle Course

Peserta yang terikat mata harus melewati rintangan dengan bantuan arahan verbal dari tim mereka.

  1. Tower Building

Tim harus membangun menara yang stabil menggunakan bahan yang diberikan dan mencapai tinggi tertentu.

  1. Scavenger Hunt

Peserta harus mencari dan mengumpulkan berbagai objek dalam waktu yang ditentukan.

  1. Egg Drop

Tim diberikan bahan-bahan terbatas untuk melindungi telur mentah dari pecah saat jatuh dari ketinggian.

  1. Truth and Lies Circle

Setiap peserta duduk dalam lingkaran dan menyampaikan tiga pernyataan tentang diri mereka. Orang lain di lingkaran harus menebak pernyataan mana yang benar dan mana yang palsu.

  1. Spider Web

Peserta harus melewati jaring laba-laba yang terbuat dari tali tanpa menyentuhnya.

  1. Team Olympics

Berbagai jenis permainan dan tantangan olahraga yang melibatkan kerjasama tim, seperti estafet, tarik tambang, atau permainan bola.

  1. Cross the River

Tim harus menyeberangi “sungai” menggunakan platform yang terbatas tanpa jatuh ke dalam air.

  1. Paper Airplane Competition
Baca Yuk :  Rekomendasi Tempat Makan Bakso di Pangalengan Bandung 2024

Setiap tim harus merancang dan meluncurkan pesawat kertas, dengan tujuan untuk terbang sejauh mungkin.

  1. Human Pyramid

Tim harus membentuk piramida manusia dengan anggota tim di berbagai tingkatan tanpa meruntuhkan piramida.

  1. Bucket Relay

Peserta harus mengisi ember dengan air menggunakan spon dan mentransfer air dari ember satu ke ember lainnya dalam waktu yang ditentukan.

  1. Escape Room

Tim harus bekerja sama untuk memecahkan teka-teki dan menyelesaikan tantangan dalam batasan waktu untuk “melarikan diri” dari ruangan.

  1. Tower of Cups

Tim harus membangun menara dengan cangkir plastik tanpa menjatuhkannya, dengan menggunakan tali dan karet gelang.

  1. Trust Walk

Peserta bekerja berpasangan, di mana salah satu orang memimpin dan yang lainnya terikat mata. Orang yang terikat mata harus mempercayai pasangannya untuk memimpin mereka melalui rute yang ditentukan tanpa terjatuh atau menyentuh hambatan.

  1. The Marshmallow Challenge

Tim harus membangun struktur tertinggi yang mampu menopang marshmallow menggunakan spageti, benang, dan selotip.

  1. Human Bingo

Peserta harus mencari orang lain yang memenuhi kriteria yang ditetapkan dalam kartu bingo manusia mereka.

  1. Tug of War

Tim bersaing dalam tarik tambang untuk menguji kekuatan dan kerjasama tim.

Dengan adanya banyak manfaat yang bisa diambil oleh suatu perusahaan atau jenis organisasi lainnya, program pelatihan outbound bisa dilakukan secara rutin dan berkala. Untuk perusahaan, program pelatihan outbound bisa dilakukan secara berjenjang, sesuai tingkatan level jabatan. Juga bisa langsung diadakan untuk seluruh karyawan secara bersama-sama.

Karena sifatnya yang fun dan seru, program outbound tidak hanya bisa bermanfaat untuk kantor atau perusahaan saja lho. Tapi juga bisa bermanfaat untuk anak-anak dan keluarga. Outbound untuk keluarga bisa jadi alternatif kegiatan seru yang pasti akan meningkatkan kekraban.

Team Building Cileunca Pangalengan 2024

Harga :
Rp. 75.000/orang

Untuk mengetahui harga paket Outbound Team Building Cileunca Adventure >> KLIK DISINI


Kantor :
Jl.Terusan Situ Cileunca Pangalengan Bandung

Kontak :
cileunca.adventure99@gmail.com
087711711040