Tips Manfaat Team Building Membangun Kerjasama Lewat Outbound. Outbound team building adalah sebuah aktivitas yang dilakukan secara berkelompok sehingga terjadi interaksi antar individu dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan dan produktivitas dari kelompok tersebut. Selain itu, untuk menuntaskan atau menyelesaikan tugas dengan baik secara bersama melalui serangkaian aktivitas di kemas dengan permainan yang fun, ceria, dan seru.


Outbound team building seringkali menjadi pilihan Perusahaan dalam meningkatkan kualitas kerja dan produktivitas semua anggota karyawan. Sudahkah anda tahu, apa sebenarnya outbound team building tersebut?

Team building adalah salah satu kegiatan yang rasanya tidak akan pernah absen dalam acara-acara outbond. Baik yang diselenggarakan oleh perusahaan, kampus, atau komunitas tempatmu bernaung.

Tips Manfaat Team Building Membangun Kerjasama Lewat Outbound

Apa Itu Team Building?

Team building adalah rangkaian kegiatan yang dilakukan untuk membangun interaksi, kedekatan, dan kerja sama dalam tim. Melalui aktivitas ini, para peserta akan memiliki bonding antar satu dengan yang lainnya. Sehingga nantinya, ketika bekerja bersama, peserta yang mengikuti kegiatan ini akan menjadi semakin produktif.

Kedekatan yang terjalin selama acara juga diharapkan dapat mempermudah kerja sama tim dalam bekerja. Hal tersebut sangat berguna bagi karyawan yang bekerja di perusahaan. Terlebih karena pekerjaan-pekerjaan dalam perusahaan banyak yang mesti dilakukan bersama (team work).

Dalam melakukannya, biasanya para peserta akan dibagi ke dalam beberapa kelompok. Kelompok-kelompok itu nantinya harus bekerja sama menyelesaikan tugas, ‘menaklukkan’ tantangan atau rasa takut melalui games yang dikemas ringan, fun, dan tentunya seru.

Agar makin seru, enggak jarang, pihak panitia atau penyelenggara menyelipkan kompetisi di tengah-tengah acara. Tim yang paling cepat atau paling bagus dalam menyelesaikan games, akan menjadi pemenang dan mendapat hadiah.

Apalagi kalau biasanya acara outbond itu diadakan dalam rangka Makrab atau Malam Keakraban. Hmm.. Sudah pasti, kamu akan disuguhi rangkaian aktivitas seru dan menegangkan sepanjang pagi hingga sore hari. Tapi, apa, sih, sebenarnya team building dan apa manfaatnya?

Baca Yuk :  Popondok Glamping, Glamping Pinggir Danau View Pegunungan di Garut

Kali ini, Cileunca Adventure Pangalengan bakalan mengulasnya untuk kamu. Jadi, enggak perlu berlama-lama, yuk, simak artikel berikut!

Dalam kegiatan outbound team building di awali dengan aktivitas ice breaking atau penyegaran terlebih dulu sebagai pengenalan antara peserta dengan instruktur kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi-materi yang membangun semangat oleh motivator mengenai bagaimana membentuk team work yang solid, Leadership, dan belajar berkomunikasi dengan efektif.

Tips Manfaat Team Building Membangun Kerjasama Lewat Outbound

Kegiatan outbound memang selalu dikombinasikan dengan berbagai macam permainan-permainan yang menyenangkan. Dengan kegiatan Outbound ini diharapkan semua karyawan memiliki jiwa kepemimpinan, semangat tinggi, berani, percaya diri, kreatif, bertanggung jawab, dan masih banyak lagi nilai positif lainnya. Adapun tujuan dari kegiatan Outbound Team Building adalah sebagai berikut:

  1. Memecahkan masalah antar pribadi sesama anggota tim atau kelompok secara kebersamaan.
  2. Membangun komunikasi efektif, strategi yang baik, kecepatan dan ketepatan serta kekompakan tim sehingga tercipta kebiasaan positif.
  3. Mendapat ruang yang lebih terbuka untuk mengakui kelemahan masing-masing individu sehingga menjadi kekuatan secara berkelompok.
  4. Membangun pola kepemimpinan yang lebih kuat dan lebih efektif.
  5. Membentuk gaya kepemimpinan yang lebih sesuai dengan kelompok tersebut.
  6. Komunikasi atau dialog sesama anggota tim menjadi lebih efektif dan terbuka.
  7. Bekerja sama dengan baik dapat membantu meningkatkan produktivitas kerja yang dilakukan oleh setiap anggota tim.

Apa Saja Manfaat Teal Building

Ada beragam manfaat yang bisa didapatkan melalui aktivitas ini. Berikut adalah beberapa di antaranya.

  • Bikin Lebih Akrab

Kesibukan di kantor bukan enggak mungkin bikin karyawan jadi tak saling mengenal satu sama lain. Melalui aktivitas seru dalam team building, kamu bisa saja berkelompok dengan orang-orang baru yang bahkan mungkin tak pernah kamu sapa.

Baca Yuk :  Jasa Outbound Pangalengan Juni 2024

Para peserta akan saling mengenal satu sama lain, dan menjadi lebih akrab. Karena kegiatan tersebut terjadi di luar pekerjaan kantor, biasanya orang-orang akan menjadi lebih santai ketika mengikutinya.

Nah, dari acara ini, siapa tahu kamu jadi lebih dekat dengan teman atau atasan yang biasanya terkesan galak dan kaku. Mungkin juga, kamu bisa bertemu dengan orang-orang yang memiliki hobi maupun minat yang sama denganmu.

Oh, ya, terkadang, bakat-bakat tersembunyi seseorang juga bisa terlihat, lho. Jadi, jangan kaget kalau kamu melihat teman kerja yang ‘terlihat’ jauh berbeda dari kepribadiannya yang biasa kamu nampak.

  • Membentuk Kerja Sama Tim

Hampir seluruh games yang dihadirkan dalam acara team building dilakukan secara berkelompok. Setiap orang harus mampu mengerjakan tugasnya masing-masing dengan baik dan bersinergi untuk mencapai tujuan bersama.

Dalam hal ini, sikap toleransi, tenggang rasa, dan juga saling membantu akan menjadi poin penting. Tanpa ada ketiga hal tersebut, tim pasti akan kesulitan untuk menyelesaikan misinya. Makin kompak, makin mudah misinya dilewati.

  • Mempererat Komunikasi dan Leadership

Kerja sama tentu saja tidak akan berhasil tanpa komunikasi dan leadership yang baik. Harus ada leader yang membagi atau mendelegasikan tugas dengan baik. Alih-alih membikin down anggotanya, leader yang baik akan terus berusaha menyemangati dan mengingatkan timnya tentang tujuan dan rencana awal.

  • Recharge Motivasi

Seiring dengan pekerjaan yang kian menggunung dan kesibukan yang tak ada hentinya, banyak karyawan atau anggota organisasi yang kehilangan motivasi. Tanpa adanya motivasi, kamu pasti akan kesulitan untuk mencapai hasil yang maksimal saat bekerja.

Melalui aktivitas yang dilakukan dalam sesi team building, kamu akan memiliki kesempatan untuk kembali membangun motivasi dalam diri. Supaya nantinya, kamu jadi makin bersemangat saat bekerja.

  • Sarana Refreshing

Stres yang berkepanjangan bisa bikin pikiranmu jadi mandek. Badan jadi terasa tak nyaman, semangat bekerja pun terasa awut-awutan. Aktivitas-aktivitas seru dan menantang bisa bikin badan dan jiwa kamu ‘melek’ lagi.

Baca Yuk :  Harga Warung Nasi Ceu Mar Braga Bandung, Kuliner Kaki Lima Legendaris

Beban di hati kamu yang berasal dari rutinitas akan terasa jadi lebih ringan. Pikiran segar dan hati yang tenang membuat kamu jadi lebih kreatif dan makin produktif.

Tips Manfaat Team Building Membangun Kerjasama Lewat Outbound

Kegiatan yang Biasa Dilakukan dalam Team Building

Ada banyak kuis, games, atau kegiatan seru dalam team building yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan tujuan yang ingin dicapai. Dan tentu saja dengan bujet serta jumlah peserta yang kamu punya.

Wisata ekstrem seperti paintball atau rafting menjadi beberapa aktivitas yang sering dimasukkan dalam daftar acara. Selain itu, ada pula beragam permainan seru lainnya, seperti Guess the thing atau yang biasa dikenal sebagai Komunikata.

Peserta akan berusaha menebak dan memeragakan benda atau objek yang mesti ditebak secara bergiliran. Peserta terakhir akan menjadi pihak yang menyampaikan tebakan tim.

Lalu ada pula perlombaan estafet. Peserta dalam tim harus melakukan berbagai tugas yang berbeda secara bergantian. Tugas tidak boleh dilaksanakan apabila teman setim yang mendapat giliran sebelumnya belum atau tak selesai mengerjakan.

Cileunca Adventure adalah operator wisata yang akan menyediakan beragam paket seru untuk acara outbond dan team building kamu. Kamu tinggal menentukan tanggal, bujet, dan pesan paketnya.

Ada beragam paket wisata Pangalengan atau paket outbond yang tersedia. Bahkan, ada paket team building tersendiri yang bisa kamu gunakan untuk liburan bersama teman-teman di kantor atau organisasimu.

Kontak Kami

Outbound Cileunca Adventure
Kantor :
Jl.Terusan Situ Cileunca Pangalengan Bandung
Kontak :
cileunca.adventure99@gmail.com
087711711040