Tips Rafting Yang Aman Jika Tak Bisa Berenang

Bagaimana tips rafting yang aman jika tak bisa berenang? Arung jeram atau rafting kini menjadi salah satu alternatif berwisata selain mengunjungi obyek wisata pada umumnya.

bri_serang_3

Namun, tidak semua orang berani menjajal wisata ekstrim ini. Kebanyakan orang takut hanyut karena tidak bisa berenang dan kekhawatiran lainnya. Padahal, arung jeram atau rafting yang dilakukan sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang ditetapkan, arung jeram bisa menjadi wisata yang sangat menyenangkan.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum wisatawan terjun menyusuri sungai, seperti mengenal jenis, karakter, dan grade (tingkat jeram) sungai itu sendiri.

Sungai Palayangan Pangalengan Cileunca Bandung merupakan sungai yang masuk kategori Grade 3. Arung jeram di sungai ini wajib dilakukan oleh orang yang profesional.

Wisatawan juga harus memperhatikan cuaca dan debit arus sungai. Jika cuaca hujan yang mengakibatkan debit air sungai melampaui batas aman maka wisatawan tidak diperkenankan untuk arung jeram. Pun, ketika kemarau, debit air sangat kecil sehingga banyak bebatuan yang dimungkinkan membahayakan wisatawan.

Hal lain yang harus diperhatikan, tandas Miki, adalah kredibilitas operator dan pemandu arung jeram. Miki menjelaskan, pemandu yang kredibel adalah pemandu yang menguasai teknik arung jeram serta berpengalaman. Termasuk kemampuan memberi pertolongan (rescue).

Anda bisa mencoba rafting yang aman bersama kami Cileunca Adventure.

Outbound Cileunca Adventure
Kantor :
Jl.Terusan Situ Cileunca Pangalengan Bandung
Kontak :
cileunca.adventure99@gmail.com
085294089506

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*