outbund arung jeram di bandung

Arung Jeram Domba Situ Cileunca Pangalengan Bandung

Arung Jeram Domba Situ Cileunca Pangalengan Bandung. Rafting atau Arung Jeram adalah suatu aktifitas olahraga air yang mengikuti derasnya lajur air sungai yang berjeram atau riam, dengan menggunakan media tertentu seperti ban besar yang berbentuk perahu. Ada pula yang menggunakan kayak, kano dan dayung.

Arung Jeram Domba Situ Cileunca Pangalengan Bandung

Jika Anda menyukai aktifitas olahraga ini, Anda wajib mencoba petualangan yang menantang dan mengasyikkan ini di daerah Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.



Wahana ini terletak di Situ Cileunca dan tergolong wahana baru. Tetapi saat weekend sudah banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini.

Bagi wisatawan yang menyukai tantangan, di Pangalengan juga ada wisata arum jeram. Sungai yang harus ditaklukan adalah Sungai Palayangan. Di sungai ini terdapat beberapa jeram yang cukup menantang.

Jika ingin bermain Arung Jeram sebaiknya ajaklah sanak saudara atau teman Anda agar lebih mengasikan.

Jika sebelum anda melakukan Arung jeram, para wisatawan di ajak untuk pemanasan terlebih dahulu, kemudian para wisatawan mengarungi danau Situ Cileunca sepanjang kurang lebih 2 KM sampai tempat arung jeram.

Kurang lebih 5 sampai 10 perahu karet dinaiki oleh 5 sampai 7 orang setiap perahunya untuk berlomba-lomba memacu perahu agar cepat sampai.

Untuk tiketnya rata-rata dipatok dari harga Rp 150.000 hingga Rp 180.000, biasanya minimal lima orang.

Setelah sampai, para wisatawan akan mengarungi aliran Sungai sejauh 3 KM, lokasi danau dengan lokasi arum jeram hanya di batasi oleh jalan raya.

Kemudian para pengunjung bersiap-siap dan diberi arahan terlebih dahulu untuk akhirnya turun ke lokasi Arung Jeram.

Saat bermain olahraga Arung Jeram, para wisatawan mengarungi Sungai Palayangan dan mendapatkan sensasi yang luar jeram yang luar biasa. Mulai dari jeram blender, domba.

Berikut adalah kelebihan-kelebihan arung jeram (rafting) di Sungai Palayangan :

1. Sumber Air dari aliran Danau Situ Cileunca

Dalam arung jeram, sumber air adalah bagian yang sangat penting dalam setiap pengarungan. Sumber air Sungai Palayangan berasal dari aliran danau Situ Cileunca yang relatif stabil sepanjang tahun dengan debit rata-rata diantara 1 – 2,5 M3/detik sehingga sungai ini dapat diarungi kapan saja dan juga bebas dari banjir bandang. Kelebihan ini memungkinkan Sungai Palayangan dapat diarungi oleh peserta pemula, pengarungan dalam kondisi hujan atau peserta dengan umur minimal diatas 10 Tahun.

2. Pemandangan Tepi Sungai yang Indah

Sungai Palayangan terletak di ketinggian 1550 Mdpl yang dikelilingi oleh pegunungan dan melewati 3 kawasan wisata yang memiliki pemandangan paling terbaik di Pangalengan, yakni danau Situ Cileunca, kawasan hutan wisata pinus Rahong dan perkebunan teh Malabar. Kondisi ini selain membuat pengarungan menjadi lebih mengesankan dan instagramable, juga menjadikan Sungai Palayangan memiliki air yang jernih dan dingin.

3. Penampang Sungai yang tidak terlalu besar

Sungai Palayangan memiliki penampang sungai yang tidak terlalu lebar seperti pada sungai umumnya, sehingga memungkinkan untuk mengatur tim penyelamat (rescue) didarat dan berjaga di titik-titik jeram tertentu. Rescue darat sangat penting karena selain pertolongan menjadi lebih cepat juga dapat menjaga fokus dalam penyelamatan.

4. Variasi Jeram yang hanya ada di Sungai Palayangan

Sungai Palayangan memiliki panjang sungai kurang lebih 5 Km dengan jumlah jeram sebanyak 7 jeram Grade III dan 11 Jeram Grade II dengan variasi bentuk jeram, antara lain :

  1. Drop, terbentuk karena terjadi penurunan dasar sungai seperti bentuk tangga / undak menurun pada dasar sungai tetapi tidak terlalu besar (seperti air terjun kecil). Jenis ini dapat dijumpai di jeram domba I dan domba II.
  2. Double Drop, terbentuk karena arus sungai melewati atau melampaui batuan besar. Disebut double drop karena bentuk arus yang menyerupai air terjunan yang berurutan. Jenis ini dapat dijumpai di jeram kacapi.
  3. Turbulence, merupakan gelombang berpusar di bawah permukaan air yang biasanya terbentuk karena kedalaman sungai yang dihiasi batuan besar atau jatuhnya air dari ketinggian sebelumnya. Jenis ini dapat dijumpai di jeram selamat datang dan jeram blender.

Variasi-variasi jeram ini hanya dapat ditemukan jika berarung jeram di Sungai Palayangan.




5. Lokasi Basecamp di Tepi Danau

Selesai pengarungan yang cukup melelahkan anda akan diajak untuk beristirahat, mandi atau bilas dan menyantap makan siang di basecamp tepi danau sambil melihat keindahan danau Situ Cileunca. Jika masih ada waktu, anda juga dapat mengunjungi perkebunan arbei, jeruk atau mengelilingi danau dengan menggunakan perahu ke jembatan cinta untuk foto-foto.

Bagi anda yang takut dengan aliran air deras, jangan khawatir replika aliran air ini bisa tetap stabil dan sangat aman untuk para wisatawan. Dan jika Anda ingin menikmati petualangan arung jeram, kontak kami Cileunca Adventure di bawah ini.

Arung Jeram Domba Situ Cileunca Pangalengan Bandung

cileunca.adventure99@gmail.com

085294089506

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *