manfaat_olahraga_rafting

Manfaat Olahraga Rafting Arung Jeram

Manfaat olahraga rafting arung jeram adalah melepaskan diri dari dunia monoton kita. Orang dapat beristirahat dari kenyataan dan melupakan daftar things-to-do mereka. Ini membawa kita keluar dari kota yang penuh dengan kebisingan, faktor-faktor yang menekan, dan melepaskan diri ke lingkungan yang lebih tenang. Pikiran dapat difokuskan pada bersenang-senang dan santai. Tindakan sederhana melepaskan diri dari bekerja adalah keajaiban bagi jiwa. Menghapus faktor tekanan bahkan hanya untuk sehari pun, bisa menghidupkan jiwa seseorang.



Manfaat Olahraga Rafting Arung Jeram

manfaat_olahraga_rafting
manfaat_olahraga_rafting

Manfaat olahraga rafting arung jeram menurut pakar kedokteran olahraga, dr Michael Triangto, SpKO, rafting adalah salah satu olahraga yang membuat kaki relatif tidak banyak bergerak. Namun, rafting adalah kegiatan yang membuat dada, punggung, bahu termasuk leher banyak bergerak.

Dada, punggung, bahu termasuk leher banyak melakukan manuver yang kadang tak mudah, bahkan berat. Sehingga hal itu akan memaksa jantung berdenyut lebih keras. Bila terjadi pada jangka panjang saya percaya bisa meningkatkan derajat kesehatan seseorang.

Tentu, lanjut Michael, peningkatan kesehatan ini tidak secara langsung. Untuk pemula, satu kali rafting atau bahkan tiga kali malah bisa menyebabkan cedera.

“Sebenarnya satu minggu membutuhkan 3 kali latihan itu baru bisa untuk kesehatan. Kita lihat saja para instruktur yang setiap hari rafting pasti mereka sehat bugar,” lanjut Michael.



Sebaliknya, untuk traveler yang melakukan rafting hanya untuk rekreasi mungkin tidak akan mendapatkan nilai kesehatan.

“Kalau rafting satu kali setahun misalnya karena undangan kantor tidak akan mendapatkan nilai kesehatan. Tapi kalau rutin dan teratur saya percaya bisa mendapatkan nilai kesehatan.”

Selain itu manfaat olahraga rafting arung jeram yang dikumpulkan dari berbagasi sumber adalah:

  1. Menguji ketahanan fisik dan mental
  2. Melatih kekompakan dan kerjasama dengan teman satu tim
  3. Menguji adrenalin
  4. Meningkatkan relaksasi, mereset tubuh dari stres akibat kepenatan sehari hari
  5. Dapat meningkatkan kemampuan atau kapasitas jantung dan paru – paru, kekuatan dan daya tahan otot, serta fleksibilitas sendi bahu dan pinggang.
  6. Intinya Manfaat Arung Jeram, tubuh bisa merasa lebih bugar dan sehat



Semoga informasi manfaat olahraga rafting ini bermanfaat bagi kita semua. Ingin mencoba olahraga rafting dengan harga rafting terjangkau? hubungi kami di Cileunca Adventure
Sumber:
– http://travel.detik.com/read/2013/09/19/074934/2363003/1382/inilah-manfaat-rafting-untuk-kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*