Permainan Outbound : Toxic Waste

Permainan Outbound : Toxic Waste. Permainan ini adalah permainan yang populer, permainan untuk kelompok kecil dan selalu berhasil membangun inisiatif kebersamaan, memberikan tantangan untuk team-work selama 30-45 menit. Melatih proses berpikir, berimajinasi.

Permainan-dan-Simulasi-Outbound-Toxic-Waste-1

Permainan ini populer, namun dengan perlatan dan pemandu yang “serius” akan membuat permainan ini tetap menarik. Inti permainan ini adalah untuk membentuk team work dengan sedikit dramatisasi. Jadi, sebagai pemandu, buatlah cerita yang dapat membawa pemain berfantasi dan serius saat bermain.

Skenarionya adalah, tiap kelompok diberi tugas memindahkan “limbah beracun” (toxic waste) atau sebuah “bom” dengan peralatan yang disediakan dan waktu yang terbatas. Benda yang dipindahkan berupa ember kecil yang berisi air (sebagai cairan limbah) yang harus dipindahkan ke dalam ember besar dengan jarak 10 samapai 20 meter. Buat batas di sekeliling benda dengan tali atau garis berbentuk lingkaran. Batas itu diibaratkan sebagai batas area kontaminasi radiasi yang semua pemain tidak boleh memasukkan anggota tubuh ke dalamnya. Ukuran garis batas menyesuaikan jumlah pemain tiap kelompok dan peralatan yang tersedia.

Permainan Outbound : Toxic Waste

Tim harus memindahkan cairan beracun dari satu container ke container yang lain.
Aturan Main :
  • Peserta tidak boleh berbicara satu sama lain.
  • Alat bantu yang dapat digunakan hanya berupa tali-tali yang tersedia.
  • Tidak boleh memasuki area radiasi, bila ada seorang peserta yang menginjak maka permainan harus diulang dari awal lagi.
  • Cairan tidak boleh tumpah, apabila tumpah permainan diulang dari awal.
  • Dianggap selesai bila tali-tali yang dipergunakan kembali keluar lingkaran.
Tipe : Strategic Game
Target : team work dalam mencapai target, inovasi-kreativitas , disiplin

Berikan penutup yang baik untuk memberikan kesimpulan dari permainan ini. Permainan toxic waste, sangat mengena untuk melatih kerja sama tim dan cara berkomunikasi. Permainan ini idealnya dilakukan dengan kelompok beranggotakan 7 sampai 9 orang. Meskipun bisa juga dilakukan dengan 4 – 12 orang anggota kelompok.

Permainan ini memiliki banyak sebutan, seperti Alien Transfer, Atom Transfer, Bomb Removal, Chuck-A-Hunk, Commodore’s Retreat, Computer , Disinfectant, Grab-A-Hold, Great Pearl Capture, Nuclear Reactor, Nuclear Waste Transfer, Mission Possible, Object Retrieval, Object Transfer, Save the Baby, The Great Mississippi Lizard Egg, Three Mile Island, Toxic Waste Dump.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*