Rekomendasi Tempat Wisata di Bandung 2024 Terbaru. Kalau kamu salah satunya yang lagi cari referensi weekend gateway di sini, berikut rangkuman beberapa rekomendasi tempat wisata di Bandung terbaru dan terfavorit yang instagramable untuk kamu kunjungi. Bandung adalah kota yang selalu ngangenin, bahkan bagi yang udah sering liburan ke Bandung sekalipun. Maklum, selain Bandung juga penuh dengan objek wisata yang bikin kota ini jadi salah satu magnet wisata utama di Pulau Jawa.


Ada banyak tempat wisata di Bandung yang selalu menjadi favorit keluarga, khususnya mereka yang tinggal di daerah Jabodetabek. Selain karena jarak tempuh yang tidak terlalu jauh, di Bandung juga ada banyak tempat wisata yang tak kalah seru.

Enggak heran juga, tiap akhir pekan, ada ribuan atau bahkan puluhan ribu masyarakat Jakarta yang memilih Kota Bandung sebagai destinasi liburan pendek mereka! Apa aja sih sebenernya tempat wisata di Bandung yang bikin kota ini layak untuk dikunjungi dan dieksplor lagi?

Rekomendasi Tempat Wisata di Bandung 2024 Terbaru

Saat lagi penat-penatnya dengan urusan kerja, Bandung sering jadi tempat pelarian yang paling bisa bikin panasnya hati menguap. Bukan cuma karena suasana yang sejuk dan asri, tapi Kota Kembang juga menawarkan beragam tempat wisata yang terasa wajib didatangi.

1. Kampung Korea (Little Seoul Bandung)

Kalau belum kesampaian ketemu oppa di Korea Selatan, mampir saja ke Little Seoul Bandung sebagai pemanasan. Lokasinya gak jauh dari Stasiun Bandung dan berjarak sekitar 3-4 kilometer.

Sesuai judulnya, nuansa Seoul berusaha dihadirkan ke Kota Bandung lewat desain tempatnya yang dibuat semirip mungkin. Selain itu, kamu juga bisa icip-icip aneka kuliner khas Korea Selatan yang  autentik. Jangan lupa dandan ala eonni dan oppa kalau ke sini!

2. Upside Down World

Ketika merasa punya beban berat, sampai-sampai pengin jungkir balik, pikirkan untuk datang ke sini biar kamu gak perlu repot head stand. Kalau kamu sering dengar wisata Upside Down Yogyakarta, wahana wisata serupa lahir lebih dahulu di Kota Kembang.

Upside Down Bandung ini letaknya masih berdekatan sama Little Seoul, tepatnya di Jalan H. Wasid No 31, Lebakgede, Kabupaten Coblong, Bandung.

3. Rabbit Town

Destinasi wisata baru yang lagi panas di Kota Bandung ini memang sempat tersenggol masalah plagiarisme terhadap Museum of Ice Cream, Los Angeles, Amerika Serikat. Tapi hal tersebut gak bikin para pengunjung gondok dan justru berbondong-bondong datang karena penasaran. Kalau penasaran juga, cobalah tengok Rabbit Town di Jalan Ranca Bentang.

4. China Town

Jangan keburu jantungan kalau tiba-tiba didatangi segerombol pemain barongsai ketika sedang nongkrong di China Town. Apalagi saat malam Minggu.

Tempat yang didesain mirip kampung pecinan ini punya banyak spot yang instagenic untuk berswafoto. Kalau pengin foto ala pemain serial Meteor Garden, langsung aja datang ke Jalan Kelenteng Nomor 41, Bandung.

Baca Yuk :  Wisata Outbound Pelita Desa di Ciseeng Bogor, Cek Harga dan Permainannya

5. Forest Walk

Di tengah kemajuan infrastrukturnya yang sudah sangat modern, Bandung rupanya menjaga baik paru-paru kotanya. Salah satunya diwujudkan dengan tetap asrinya Forest Walk yang ada di kawasan Babakan Siliwangi.

Area ruang publik hijau ini sudah dilengkapi banyak fasilitas umum hingga pusat oleh-oleh. Gak perlu lagi melarikan diri ke hutan belantara kalau pengin short escape, sekaligus cari suasana yang tenang dan sejuk.

6. Kampung Dago Pojok

Dulunya, Kampung Dago Pojok bahkan sama sekali tak tersorot keberadaannya. Namun sekarang, tempat ini dikenal sebagai kampung mural yang indah dan berwarna.

Gak cuma itu, keberadaan Kampung Dago Pojok juga berupaya menumbuhkan apresiasi seni di masyarakat dengan menyediakan media belajar yang efektif dan menyenangkan. Pengunjung bisa bergabung dalam workshop membuat wayang, alat musik bambu, serta menyaksikan beragam pertunjukan seni.

7. Bukit Senyum

Jangan lupa bahagia ya, Guys! Kalau lupa, coba mendaki ke lereng Gunung Burangrang, Desa Cipada, Cikalongwetan, Bandung Barat, deh. Kamu akan menemukan senyummu kembali di sini.

Perjalanannya mungkin bakal sedikit terjal di awal, tapi seperti namanya, senyummu bakal otomatis mengembang begitu sampai di puncak dan menyaksikan keindahan panorama kebun teh dan pohon pinus berjajar rapi.

8. Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih selalu berhasil bikin para turis terkagum-kagum meski sudah dikunjungi berkali-kali. Panorama eksotis dari kawah berwarna kehijauan yang dipenuhi kepulan kabut putih jadi daya tarik utamanya.

Tempat yang berlokasi di Jalan Soreang Ciwidey ini suhunya bisa mencapai 8 derajat Celcius, jadi kalau kamu punya alergi dingin, siapkan jaket yang tebal ya.

9. D’Dieuland

Belum kekinian namanya kalau gak update soal wisata baru di Bandung. Termasuk salah satunya D’Dieuland yang ada di kawasan Punclut, Dago. Destinasi ini statusnya ramah keluarga, jadi tetap seru dikunjungi semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Kamu bisa menjajal berbagai outdoor activity hingga sekadar jalan-jalan sambil selfie. Jangan takut mendadak bokek setelah mampir bareng keluarga besar, karena tiketnya cuma berkisar Rp10-Rp15 ribu aja.

10. Trans Studio Bandung

Dengan lahan seluas 4,2 hektare, Trans Studio Bandung jadi taman hiburan yang paling besar di Jawa Barat. Poin paling pentingnya, hampir seluruh kawasannya indoor alias dalam ruangan.

Ada sekitar 20 wahana seru yang menanti untuk kamu jelajahi, mulai dari wahana yang menantang adrenalin hingga tempat-tempat bertema unik.

11.Orchid Forest Cikole

Tempat wisata di Bandung selanjutnya adalah Orchid Forest Cikole, destinasi ini disebut-sebut sebagai taman anggrek terbesar di Indonesia, lho!

Dalam lahan seluas 12 hektare ini, terdapat lebih dari 157 jenis bunga anggrek yang dibudidayakan. Bibit anggrek berasal dari berbagai negara, seperti Venezuela, Amerika Serikat, hingga Peru.

Baca Yuk :  Curug Kondang : Wisata Alam Curug di Bogor, Harga Tiket Cuma Rp 10 Ribu

12. Ranca Upas

Kalau pengin lebih dekat dengan alam, di sinilah tempatnya. Camping ceria di pinggir danau dan rerumputan hijau, kawasan yang tenang dan sepi, serta udara sejuk yang asri akan menemanimu semalaman.

Bukan cuma itu, Ranca Upas yang juga merupakan tempat konservasi memungkinkan kamu bertemu dan memberi makan rusa yang berkeliaran.

13. Bukit Jamur Ciwedey

Disebut begitu bukan karena ditumbuhi jamur di tiap sudutnya. Di sini kamu bisa menemukan jajaran pohon pinus yang tak terlalu tinggi, tapi bentuknya menyerupai jamur payung. Kalau tertarik, Desa Rancabolang, Kecamatann Ciwidey, Kabupaten Bandung, adalah alamat yang harus kamu tuju.

14. Green Kenyot Cikahuripan

Butuh dana puluhan juta buat menyaksikan keindahan Grand Canyon di Amerika Serikat. Tapi kamu cuma perlu keluar uang Rp15 ribu saja untuk datang ke kembarannya, yakni Green Kenyot.

Tebing menjulang di aliran Sungai Cikahuripan ini eksotis banget, nyaris gak nyangka kalau ada di Bandung. Tapi hati-hati ya kalau mau ke sini menjelang musim hujan, karena debit air bisa tiba-tiba naik drastis.

15. Curug Cimahi

Gak butuh gandengan, menggenggam secangkir kopi panas di pinggir Air Terjun Cimahi juga dijamin bikin hati berdesir. Air terjun setinggi 87 meter ini mengalir berhulu di Situ Lembang dan mengalir sampai Cimahi.

16. Amazing Art World 3 D

Baru satu setengah tahun dibuka pada awal 2017 lalu, Amazing Art World 3D sudah masuk dalam daftar wisata best seller di Bandung.

Karya yang apik dan nampak super realistis ini merupakan hasil kolaborasi antara para seniman Korea Selatan dan para pelukis lokal. Alamatnya berada di Jalan Setiabudhi Nomor 293, Isola, Sukasari, Bandung.

17. Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda

Ada sekitar 2.500 spesies tanaman yang menghuni kawasan konservasi terpadu seluas 590 hektare ini. Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda terbentang dari kawasan Pakar hingga Maribaya dan menawarkan panorama yang luar biasa, salah satunya jembatan di atas ini.

18. Stone Garden

Dengan angle pengambilan gambar yang tepat, fotomu bakal tricky karena kelihatan kayak lagi foto di Sumba. Padahal sebenarnya diambil di Stone Garden Geopark alias kebun batu yang ada di Kampung Girimulya, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Kamu harus mendaki sedikit. Tenang, tak begitu terjal kok.

19. Perkebunan Teh Rancabali

Jawa Barat selama ini dikenal sebagai penghasil teh terbesar di Indonesia, salah satunya termasuk perkebunan teh Rancabali di kawasan Ciwidey.

Tea walk atau jalan-jalan di sela perkebunan teh bakal mengembalikan mood kamu secara instan, belum lagi udara sejuk yang turut menemani perjalananmu. Kalau sudah mulai kedinginan, jangan lupa menyeduh secangkir teh hangat.

20. Taman Lembah Dewata

Kalau mampir ke Lembang jangan cuma nyari Gunung Tangkuban Perahu, karena ada keindahan dari Taman Lembah Dewata gak boleh dilewatkan.

Baca Yuk :  Jasa Outbound Pangalengan Juni 2024

Danau tadah hujan ini cukup terkenal dan ramai wisatawan, karena suasananya dan lokasinya yang syahdu, yakni ada di kawasan wisata berkuda Ganesha Equestrian Lembang.

21. Sunrise Point Cukul

Destinasi Sunrise Point Cukul merupakan spot melihat sunrise terbaik di Bandung. Meski harus menempuh 2,5 jam perjalanan, itu semua akan terbayar dengan panorama alam indah. Agar gak ketinggalan momen, kamu bisa OTW sejak malam. Alternatif lainnya adalah menyewa paket camping lengkap di Sunrise Point Cukul.

22. Sanghyang Heuleut

Menurut cerita setempat, dulunya, Sanghyang Heuleut adalah tempat pemandian bidadari. Gak heran, sih, sebab permukaan air di sana cukup jernih. Bebatuan putih disekelilingnya pun menambah pesona Sanghyang Heuleut kian menawan. Lokasinya sendiri cukup jauh dari Bandung, sekitar 2 jam perjalanan. Kamu juga perlu hiking untuk sampai puncaknya.

23. Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo merupakan tempat wisata Bandung yang menyajikan sejarah serta pementasan musik angklung. Selain itu, pengunjung juga bisa belajar membuat angklung. Bila tertarik kamu dapat mengikuti kelas pelatihan angklung. Oh,iya, jangan lupa beli angklung di toko suvenir untuk oleh-oleh, ya.

24. Kebun Teh Sukawana

Destinasi wisata Bandung, Kebun Teh Sukawana, menawarkan lanskap hijaunya kebun teh yang segar. Selain menikmati atmosfer di sana, tentu kamu bisa berburu foto. Banyak spot instagenic yang wajib dicoba, agar makin keren, sesuaikan dengan OOTD-mu, ya.

25. Grafika Cikole

Tertarik berwisata atau menginap di rumah kurcaci tengah hutan pinus? Bila iya, gak ada salahnya menghabiskan momen seru di Grafika Cikole weekend ini. Selain deretan vila unik, wisata Bandung ini juga menawarkan aktivitas ATV, paintball, hingga outbound.

26. Rumah Belanda

Siapa bilang foto dengan gaya noni Belanda cuma bisa dilakukan di Belanda? Kini, kamu melakukannya di Bandung, tepatnya di Rumah Belanda. Bangunan dan vibes di tempat ini beneran serasa di Volendam. Gak hanya itu, pengunjung juga dapat menikmati sajian khas Belanda seperti macaroni schotel, kroketten, dan bitterbalen.

27. Farmhouse Lembang

Nah, bila tertarik jadi peternak di pedesaan Eropa, kamu bisa datang ke Farmhouse Lembang. Theme park ini menampilkan bangunan tradisional Belanda. Di sana, kamu pun dapat menyewa kostum tradisional Belanda yang lucu. Setelah puas bermain, jangan lupa menikmati sajian susu segar di restorannya yang unik.

Rekomendasi Tempat Wisata di Bandung 2024 Terbaru

Demikianlah beberapa tempat wisata Bandung terbaru dan terfavorit yang instagramable untuk kamu kunjungi.