Resep Bakar Ikan Ayam Ayam ala Pangumbahan Sukabumi

Resep Bakar Ikan Ayam Ayam ala Pangumbahan Sukabumi

Resep Bakar Ikan Ayam Ayam ala Pangumbahan Sukabumi. Jika berkunjung ke Pantai Ujunggenteng dan Pantai Pangumbahan di Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, jangan lupa mencicipi menu yang satu ini. Ikan  ayam ayam bakar ala nelayan jamparing.

Resep Bakar Ikan Ayam Ayam ala Pangumbahan Sukabumi

Ikan ayam ayam dikenal pula sebagai ikan etong, jebong, atau kambing-kambing adalah ikan laut komsumsi populer yang biasa diolah sebagai ikan bakar. Ikan ini biasa ditemukan di perairan hangat kawasan Indo-Pasifik, mulai dari Laut Merah sampai Samudera Pasifik bagian barat.

Ukuran rata-rata adalah 40 cm, tetapi dapat mencapai 60 cm (jantan). Sirip punggung memiliki 25-27 jari-jari sedangkan di sirip anal terdapat 24-26 jari-jari. Sisiknya cenderung besar di dekat sirip perut. Ikan ini memiliki patil di bagian belakang tubuhnya.

Sifat hidup demersal (hidup di laut dasar) dan amphidromous (bermigrasi dari perairan asin dan perairan tawar). Hidup menyukai terumbu karang dekat hewan spons atau alga laut, serta dasar berpasir. Ikan ini biasa tertangkap jaring yang lalu dijual segar atau dikeringkan menjadi ikan asin. Jenis ikan lain yang mirip dan diberi nama sama adalah Abalistes stellatus dan A. filamentosus.

Salah satu yang menawarkan menu ini adalah warung predator. Ikan ayam-ayam yang ditawarkan disini merupakan hasil tangkapan dengan cara dipanah atau jamparing dengan cara menyelam.

Ikan ini dagingnya empuk dan kalau dibakar akan terasa gurih apalagi kondisinya segar dadakan. Sebelum dibakar kulitnya dikupas dulu, dan dibalur dengan bumbu rempah biarkan selama 2 menit biar menyerap. Setelah itu sediakan bumbu dari lengkuas, bawang merah, bawang putih, jahe, ketumbar, kemiri, dan minyak goreng yang panas secukupnya ditumbuk dan diaduk.

Ikan ayam ayam yang sudah direndam bumbu, baru dibakar, setelah setengah matang baru dioles bumbu bolak balik. Sekitar 15 menit juga sudah matang dan siap disantap dengan nasi liwet dan sambal jahe.
Ikan ayam-ayam mentah di warung ini dijual Rp 40 ribu perkilo. Kalau yang tinggal makan, Rp 100 ribu plus nasi liwet sampal dan cah kangkung.

Resep Bakar Ikan Ayam Ayam ala Pangumbahan Sukabumi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*