Taman Wisata Situ Cileunca Pangalengan Bandung

Taman Wisata Situ Cileunca berada di Desa Warnasari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Situ Cilenca sejatinya merupakan sebuah danau buatan yang digunakan sebagai penampungan air untuk keperluan pembangkit tenaga listrik. Terletak di dataran tinggi Pangalengan yang berhawa sejuk, Situ Cileunca menjadi tampat yang cocok untuk menikmati keindahan pemandangan dengan udara segar jauh dari hiruk pikuk kota besar.

Taman Wisata Situ Cileunca Pangalengan Bandung



Pangalengan merupakan sebuah tempat yang terkenal sebagai penghasil susu sapi, tempat ini juga memiliki perkebunan teh cukup luas yang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda.

Pada awalnya situ yang semakin banyak dikunjungi oleh para pendatang ini merupakan areal hutan belantara. Sampai pada tahun 1918 kemudian kawasan ini dibuat sebuah situ yang berfungsi untuk sumber kebutuhan air warga setempat. Situ Cileunca memiliki kedalaman sampai 17 meter, memiliki warna yang bening, serta tentu sangat enak untuk dipandang mata.

Biasanya banyak wisatawan yang datang ke tempat ini bertujuan untuk melakukan camping, rafting maupun outbound.

Di sekitar danau Situ Cileunca terdapat sebuah sungai bernama Sungai Palayangan, saat ini sungai Palayangan cukup populer di kalangan wisatawan sebagai tempat untuk melakukan aktifitas Arung Jeram, dengan debit air yang konsisten hampir di sepanjang tahun.

Hal yang perlu Diperhatikan:
*Untuk bisa ke Situ Cileunca, pengunjung bisa naik bus dari Bandung jurusan Pangalengan dengan waktu tempuh 2-2,5 jam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*