Wisata Camping Kampung Rahong Pengalengan

posted in: Outbound | 0

Wisata Camping Kampung Rahong Pengalengan. Wisata Kampung Rahong bisa jadi salah satu tujuan untuk kamu ketika berlibur ke daerah Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Wanawisata ini punya enam klaster wisata sekaligus yang jaraknya tak terlalu jauh dari satu sama lain.

Wisata Camping Kampung Rahong Pengalengan

Berdiri sejak 2009, wanawisata Kampung Rahong ternyata berawal sebagai tempat pembuangan sampah. Namun Pencinta Alam Tapak Tiara Pangalengan kemudian menyelamatkan area tersebut dengan mengubahnya perlahan jadi area wisata.



Secara total, area wisata seluas 4,5 hektar ini terbagi lagi ke dalam enam klaster berbeda. Keenam klaster tersebut adalah Hutan Pinus Rahong, Datar Pinus, Wisata Alam Singkur, Wisata Kampung Singkur, Bukit Rahong, dan Jembatan Rahong.

Lantas, apa saja aktivitas wisata seru di wisata Kampung Rahong Pengalengan?

Permainan di wanawisata Rahong

Karena areanya yang begitu luas dan beragam, ada berbagai kegiatan yang bisa kamu lakukan ketika berwisata di sini. Setiap klaster pun punya aktivitas unggulan.

Kawasan Hutan Pinus Rahong misalnya, ada beberapa permainan yang bisa kamu coba.

Aktivitas tersebut, seperti paint ball dengan harga Rp 85.000 per orang, flying fox Rp 15.000 per orang.

Lalu fun game yang harganya tergantung pada permintaan permainan masing-masing pengunjung. Harga per jamnya sekitar Rp 40.000–Rp 80.000 per orang.

Selain permainan seru, Hutan Pinus Rahong juga sering digunakan untuk area camping ground.

Tarif per malamnya yakni Rp 20.000 per orang. Harga tersebut belum termasuk harga tiket masuk senilai Rp 5.000.

Berbagai aktivitas permainan seru juga bisa kamu nikmati di Wisata Kampung Singkur. Klaster ini terletak di dekat Sungai Palayangan yang mengalir dari Situ Cileunca.




Sebut saja tubing menggunakan ban menelusuri derasnya air Sungai Palayangan. Harganya bervariasi, mulai dari Rp 50.000 – Rp 90.000 per orang tergantung jumlah orang yang ikut serta fasilitas dan jarak yang ditempuh.

Selain itu ada juga kegiatan rafting yang cocok dilakukan berkelompok bersama teman atau keluarga. Harganya juga bervariasi, mulai dari Rp 125.000 per orang.

Dalam satu paket rafting sudah termasuk konsumsi, alat pengaman, pemandu, asuransi, dan transportasi lokal.

Jika ingin memacu adrenalin tapi tidak mau basah-basahan, kamu bisa coba paket offroad seharga Rp 200.000 per orang. Dengan rute Gambung – Situ Cileunca atau Gunung Tilu – Warnasari, Situ Cileunca.

Harga tersebut sudah termasuk mobil land rover, supir, pemandu, alat pengaman, air mineral, dan camilan.

Jika ingin permainan yang lebih santai, seperti di Hutan Pinus Rahong, ada pula permainan semacam paint ball dan flying fox dengan harga masing-masing Rp 75.000 dan Rp 20.000.

Camping dan glamping

Kawasan Datar Pinus biasa dijadikan camping ground. Dengan harga tiket masuk Rp 5.000, kamu bisa camping dengan tenda biasa bersama teman atau keluarga. Per malamnya dihargai Rp 20.000 per orang.




Selain camping biasa, kamu juga bisa camping dengan membawa mobil hingga masuk ke area camping.

Menurut Deru, camping seperti ini juga cukup digemari. Banyak yang kemudian memasang tenda di pinggir kendaraannya.

Aktivitas yang disebut Jeep Camp oleh Deru ini punya tarif yang agak berbeda, yakni Rp 150.000 per kendaraan.

Selain camping, area Datar Pinus juga sering dimanfaatkan untuk kegiatan outdoor semacam konser, fun game sesuai permintaan, atau pre-wedding.

Area Wisata Kampung Singkur juga punya fasilitas camping ground. Untuk tarifnya adalah mulai dari Rp 50.000 per malam. Fasilitas sudah termasuk area camping, tiket masuk, listrik, toilet dan mushola.

Jika tak ingin repot membawa peralatan camping, kamu juga bisa sekalian mengambil paket yang sudah termasuk penyewaan alat-alat. Harganya sekitar Rp 125.000–Rp 350.000.

Harganya bervariasi sesuai dengan jumlah orang dan fasilitas dari tiap paket. Ada yang termasuk penyewaan tenda, sleeping bag, hingga selimut. Ada juga yang sudah termasuk makanan.

Jika tak ingin menginap dengan tenda, kamu juga bisa memilih beberapa kabin yang tersebar di klaster Wisata Alam Singkur dan Wisata Kampung Singkur.

Di Wisata Alam Singkur, ada beberapa kabin sederhana dengan harga yang cukup terjangkau. Kabin kecil dari bambu tersebut dihargai sekitar Rp 250.000 per malamnya.

Jika ingin menginap dalam jumlah besar, ada juga kabin besar dengan harga sekitar Rp 1,5 juta per malam. Namun kabin tersebut bisa menampung hingga 20 orang dengan fasilitas lengkap berupa toilet, televisi, audio karaoke, hingga sarapan.

Selain area camping, Wisata Kampung Singkur juga punya fasilitas penginapan semacam glamping. Harganya sekitar Rp 600.000 per unit untuk kapasitas empat orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *