perkebunan_teh_malabar_pangalengan_bandung_1

Wisata Pangalengan Perkebunan Teh Malabar

Wisata pangelengan Perkebunan Teh Malabar adalah salah satu perkebunan yang ada di Pangalengan. Perkebunannya sangat luas dan dingin. Kita bisa ajak keluarga jalan-jalan sepanjang perkebunan.

Untuk mencapai perkebunan teh Malabar, dari arah pasar Pangalengan ambil jalan terus sekitar 10 km. Setelah itu kita akan masuk pintu gerbang perkebunan Malabar. Untuk masuk, biasanya bayar rp 2.000 rupiah/mobil.

Anda bisa keliling dengan mobil menjelajahi kebun teh yang indah. Selain itu juga bisa wisata ke pabrik perkebunan teh Malabar yang sudah sangat tua. Konon di tempat ini ilmuan Belanda, Junghun dan Boscha tinggal. Kedua ilmuan Belanda tersebut dikuburkan di Malabar, baik Junghun maupun Boscha. Anda bisa melihat makamnya.

Sebagaimana diketahui, kualitas teh yang dihasilkan perkebunan teh Malabar dan Kertamanah merupakan kualitas nomor wahid, sehingga hasilnya diekspor keluar negeri. Wajar jika Belanda saat itu begitu getol melakukan penanaman teh secara besar-besaran di area Pangalengan.

Kalau sore hari seringkali kabut dingin turun, jika ingin menikmati maksimal pemandangan nan indah di Pangalengan alangkah baiknya dilakukan pada pagi dan siang hari.

Nikmati wisata Pangalengan perkebunan teh Malabar bersama kerabat atau keluarga Anda. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*