Permainan Outbound Yang NgeTrend, Permainan Outbound Yang NgeTrend 2022, Outbound Yang NgeTrend Di 2022

Inilah Permainan Outbound Yang NgeTrend Di 2022

Inilah Permainan Outbound Yang NgeTrend Di 2022. Melihat manfaat dari jenis permainan outbound, tak heran jika permainan ini memang selalu dicari oleh beberapa acara sekolah hingga perusahaan untuk membentuk kekompakan dalam tim mereka. Sebab, setiap kontribusi anggota sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan tim itu sendiri.

Outbound merupakan salah satu jenis permainan yang efektif menggabungkan antara intelegensia, fisik, dan mental. Jenis permainan outbound sendiri dibagi menjadi dua yaitu outbound anak dan outbound dewasa.


Sebab, setiap kontribusi anggota sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan tim itu sendiri. Untuk itulah ketika bermain Outbound jangan dibutuhkan kolaborasi untuk menjaga keutuhan dan kebersamaan kelompok. Nah, berikut ini akan membahas jenis permainan Outbound kebersamaan yang bisa menjadi referensi kalian.

Inilah Permainan Outbound Yang NgeTrend Di 2022

Outbound anak merupakan kegiatan permainan yang dilakukan oleh anak-anak berkisar antara 5 tahun ke atas. Sedangkan outbound dewasa merupakan jenis outbound yang dilakukan oleh seseorang yang berumur lebih dari 17 tahun ke atas. Umumnya, outbound sendiri memiliki tujuan untuk mengembangkan kepercayaan diri, keberanian, dan kebersamaan.

Pada dasarnya, kegiatan Outbound sudah ada sejak tahun 1886 dan diciptakan oleh seorang berkebangsaan Jerman, Dr. Kurt Hant. Outbound terdiri dari 2 jenis, yaitu Outbound soft skill dan hard skill. Outbound soft skill berfungsi untuk mengasah personality dan keterampilan dari para peserta. Sedangkan jenis Outbound hard skill berfungsi untuk mengasah kemampuan fisik seseorang. Di bawah ini akan kami sajikan permainan Outbound yang nge-trend di 2022.

Permainan outbond yang nge-trend di 2022 kebanyakan dipopulerkan melalui kegiatan Pramuka. Namun ada juga yang dibuat oleh inisiatif para pembuat game. Sebagai EO berpengalaman dalam kegiatan gathering, Cileunca Adventure akan membagikan beberapa permainan outbond terpopuler di 2022. Berikut ini berbagai permainan outbond paling seru yang bisa kalian jadikan referensi sewaktu gathering bersama teman.

Inilah Permainan Outbound Yang NgeTrend Di 2022

Menyusun yel-yel kelompok

Menyusun yel-yel juga bsia membuat bonding antar tim berjalan dengan lebih baik. Tim saling berkomunikasi dan mengeluarkan pendapatnya jika berkaitan dengan yel-yel. Sehingga antara anggota satu dengan yang lainnya pun bisa saling mengenal dan bercanda bersama. Setelah yel-yel jadi, maka hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah menampilkan yel-yel di depan semua orang. Pasti di antara mereka ada yang membuat yel-yel dengan menyisipkan guyonan atau kalimat lucu dan dapat membuat suasana lebih hidup.

Baca Yuk :  Kegiatan Family Gathering Outbound

Permainan Rantai Nama

Berbicara mengenai outbond, tak lengkap rasanya jika tidak melakukan kegiatan yang mengasah soft skill agar suasana kekeluargaan terasa. Setelah melakukan berbagai kegiatan fisik, saatnya bermain santai. Kalian bisa melakukan permainan rantai nama agar bisa saling akrab. Contohnya, pemain pertama menyebutkan namanya, “Saya Basis”. Kemudian pemain kedua menyebutkan nama pemain pertama dan kedua secara berurutan, “Basis, saya Gilang”, dan begitu seterusnya. Apabila ada satu saja ada pemain yang salah menyebutkan nama dari pemain lain atau salah urutan, maka ialah yang akan dihukum. Permainan ini sangat cocok dimainkan saat malam hari.

Arung Jeram (rafting)

Permainan Arung Jeram banyak digunakan oleh para penyelenggara kegiatan outbond atau team building untuk memperkuat ikatan batin para team. Arung Jeram biasanya dilaksanakan di sungai-sungai dengan air yang bersih serta arus yang kuat. Permainan ini termasuk outbond hard skill, dan dilakukan dengan satu tim yang terdiri dari 4-5 orang. Mereka akan menempati satu perahu boat dan memakai perlengkapan keselamatan seperti pelampung, helmet, tas kedap air, serta berbagai perlengkapan lain. Mereka harus menelusuri sungai dengan arus yang cukup berbahaya dengan berbekal peralatan P3K, dayung, pompa boat, dan tali lempar. Mereka akan bersaing dengan tim lain agar bisa sampai tujuan dalam waktu tercepat.

Rope Course

Aktivitas tali tinggi (high rope activities) sering juga disebut sebagai rope course. Game yang satu ini terdiri dari berbagai jenis permainan yang terfokus pada taktik menyusuri tali dan panjat memanjat. Ada banyak prosedur keamanan yang harus dipatuhi pada permainan tali tinggi. Seperti harus ada helm pelindung, kawat backing, pemandu, dan lain sebagainya. Permainan tali tinggi ini juga bisa dimodofikasi dan dipadukan dengan estafet, sehingga akan lebih cocok digunakan sebagai permainan outbond yang nge-trend di 2020. Contoh dari permainan jenis ini adalah Flying Fox, Rappeling, dan Climbing Tower.

Inilah Permainan Outbound Yang NgeTrend Di 2022

Lomba Bakiak

Siapa sih, yang tidak mengenal permainan yang satu ini? Bakiak merupakan sebutan untuk sandal kayu panjang yang bisa diguankan oleh lebih dari 1 orang. Mereka melangkah bersama untuk bisa mencapai tujuan dengan waktu yang paling cepat. Permainan ini mengombinasikan antara soft skill dan hard skill.

Baca Yuk :  Naga Bendungan Tempuran, Wisata Blora Jawa Tengah Memikat Wisatawan

Menara Air

Jenis permainan outbound yang pertama yaitu permainan air. Permainan yang satu ini tim memang diperlukan kebersamaan dan kekompakkan yang luar biasa. Selain itu, tiap-tiap anggota tim yang ikut memiliki tanggung jawab agar tujuan tim tetap berada dalam jalur menuju kesuksesan.

Adapun cara bermainnya yaitu yang pertama harus menyiapkan ember tempat air dan gayung. Setelah itu, tim diminta berbaring, menegakkan kaki dan saling menumpukkan kaki hingga membentuk sebuah menara. Lalu, letakkan ember wadah di atas kaki tim. Salah seorang tim bertugas mengisi wadah air. Tim penopang air bertugas menopang dan menjaga air agar tidak tumpah. Jika kalian mengisi air dengan penuh dan cepat, berarti kalian-lah pemenangnya.

Pipa Bocor

Selanjutnya, jenis permainan outbound selanjutnya yaitu pipa bocor. Permainan yang dilakukan berkelompok ini bertujuan membentuk rasa kebersamaan antar tim. Adapun cara bermainnya yaitu tim memindahkan air dengan menggunakan pipa yang penuh lubang, tiap-tiap anggota tim berusaha menutup lubang agar air tidak keluar dan tim berlari memindahkan air, tim mana yang paling cepat tim tersebut yang menang. Untuk bisa bermain jenis outbound yang satu ini, kalian hanya memerlukan pipa air sepanjang 1 meter, penutup pipa, ember, dan sejumlah tim yang akan main.

Inilah Permainan Outbound Yang NgeTrend Di 2022

Kubus Sempurna

Jenis permainan outbond kebersamaan yang bisa kalian jadikan referensi yaitu kubus sempurna. Peralatan yang dibutuhkan dari permainan ini yaitu sebuah tali yang panjang yang diikat bersama penutup mata setiap tim. Cara bermain dari outbound ini yaitu tim berdiri dalam lingkaran memegang tali.

Kemudian suruhlah semua tim memakai penutup mata dan taruh tali di lantai. Kemudian setiap tim mundur sedikit dari lingkaran. Setelah itu, mintalah semua tim untuk maju dan berusaha membentuk sebuah kubus tanpa membuka penutup mata. Selain bertujuan untuk melatih kebersamaan, jenis permainan ini juga berfokus pada komunikasi yang kuat dan skill kepemimpinan.

Baca Yuk :  Manfaat Olahraga Rafting Arung Jeram Untuk Traveler

Telur Jatuh

Selanjutnya, jenis permainan outbound kebersamaan yang bisa kalian coba yaitu telur jatuh. Adapun cara bermain dari permainan ini yaitu pertama-tama dibagi group menjadi bertiga hingga berlima setiap tim-nya. Setiap tim mempunyai waktu 15-30 menit untuk membuat sebuah alat untuk melindungi telur ketka dijatuhkan.

Bisa memakai plester, pencil, sedotan, peralatan plastik, kardus, koran, karet gelang.
Setelah waktu habis, jatuhkan mesin telur tersebut dari tempat yang cukup tinggi dan lihat apakah mereka mendarat dengan utuh. Selain kebersamaan, permainan ini juga sangat menghibur.

Inilah Permainan Outbound Yang NgeTrend Di 2022

Memindahkan Karet

Memindahkan karet merupakan jenis permainan outbound yang sangat menyenangkan. Jenis permainan ini bertujuan untuk kebersamaan dan melatih kesabaran supaya berhati-hati melakukan sesuatu. Adapun alat yang diperlukan dalam permainan ini adalah karet sejumlah tim yang ada dan sedotan atau korek api.
Setelah itu, cara bermainnya yaitu peserta dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok berdiri dan berbaris berbanjar, lalu setiap orang memegang sedotan menggunakan mulut. Pemandu akan menaruh karet gelang di sedotan orang yang berada pada barisan paling depan. Kemudian karet gelang dipindahkan melalui sedotan hingga sampai ke orang terakhir. Kalian akan dinyatakan menang jika memindahkan karet gelang dengan cepat.

Bola Estafet

Selanjutnya, jenis permainan outbound yang tak kalah seru yaitu bola estafet. Permainan ini hampir sama dengan memindahkan karet. hanya alat yang digunakan berbeda. Adapun cara bermainnya yaitu membagi tim, setelah itu setiap tim memegang sendok dengan mulut mereka. Lalu, dibagi menjadi dua bagian kanan dan kiri.

Bagian kanan berdiri di sebelah kanan lapangan dan bagian kiri berdiri di bagian kiri lapangan. Setiap kelompok harus berusaha memindahkan bola pingpong dari sebelah kiri ke sebelah kanan dan sebaliknya, sampai semua anggota kelompok ikut bermain. Kalian akan dinyatakan menang jika memindahkan bola dengan cepat. Permainan yang satu ini memang dibutuhkan kerjasama yang kuat supaya dapat menyelesaikan tantangan bola tanpa terjatuh.

Inilah Permainan Outbound Yang NgeTrend Di 2022, selamat mencoba. Untuk mencoba kegiatan outbound ini bisa kontak ke Cileunca Adventure di bawah ini ya :

  1. cileunca.adventure99@gmail.com
  2. 087711711040
  3. Instagram

Sumber :


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *