Manfaat Kentang untuk Wajah, Bantu Atasi Jerawat hingga Flek Hitam

posted in: Outbound | 0

Manfaat Kentang untuk Wajah, Bantu Atasi Jerawat hingga Flek Hitam. Kentang merupakan satu di antara jenis sayuran yang tergolong tanaman Solanaceae. Sayuran ini mudah ditemukan di pasaran dengan harga yang bervariasi. Kentang mengandung banyak nutrisi dan kerap menjadi makanan pengganti nasi. Kentang juga cukup populer dengan diolah menjadi berbagai menu , termasuk menjadi camilan favorit.

Manfaat Kentang untuk Wajah, Bantu Atasi Jerawat hingga Flek Hitam

Namun tahukah Anda, kentang juga berguna untuk hal lainnya selain untuk dimakan. Merawat kulit wajah merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Ada banyak bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk merawat kulit wajah agar tetap sehat. Salah satu bahan alami tersebut adalah kentang.




Kentang memiliki banyak manfaat untuk wajah, seperti mengatasi jerawat, membantu memudarkan bekas jerawat, mengatasi flek hitam, mengatasi kantung mata hitam, mengatasi masalah kulit kering, memperlambat tanda-tanda penuaan, mencerahkan wajah, hingga mengobati kulit yang terbakar matahari.

Banyaknya manfaat kentang tentu dapat Anda manfaatkan sebaik mungkin. Untuk mengetahui lebih lengkap tentang manfaat kentang untuk wajah, Merdeka.com telah merangkumnya dari berbagai sumber.

Manfaat kentang untuk wajah yang pertama yaitu mengatasi jerawat. Kentang termasuk dalam jenis umbi-umbian yang mengandung antiradang.

Kandungan tersebut dapat membantu dalam meredakan peradangan pada jerawat. Anda dapat menggunakan kentang sebagai masker untuk mendapatkan manfaat tersebut.

Bantu Pudarkan Bekas Jerawat

Selain bermanfaat untuk mengatasi jerawat, kentang juga dapat membantu memudarkan bekas jerawat. Hal ini lantaran kentang memiliki kandungan niacin.

Oleh sebab itu, tak heran jika penggunaan masker kentang segar dapat membantu memudarkan bekas jerawat.

Mengatasi Flek Hitam

Manfaat kentang untuk wajah yang ketiga yaitu mengatasi flek hitam. Dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa gula dan pati merupakan dua bahan utama dalam kentang yang mampu mengangkat sel-sel kulit mati dan membantu pertumbuhan sel-sel baru.

Selain itu, adanya kandungan vitamin C, vitamin B6, seng, potasium, serta fosfor sangat bermanfaat, lantaran dapat membantu meremajakan produksi kolagen di kulit.




Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda dapat mengiris kentang yang sudah dibersihkan, lalu oleskan air ke permukaan kentang dan letakkan pada area yang ada flek hitam. Tunggu kurang lebih 10 menit. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda dapat melakukan cara tersebut setiap hari.

Mengatasi Kantung Mata Hitam

Memiliki kantung mata hitam terkadang membuat seseorang tak percaya diri. Apabila Anda mengalami masalah tersebut, cobalah untuk memanfaatkan kentang untuk mencerahkan lingkaran gelap di bawah mata.

Anda hanya perlu mengupas kentang dan mengiris menjadi potongan besar. Setelah itu, bungkus dengan kain bersih lalu letakkan di atas lingkaran mata yang menghitam. Diamkan kurang lebih 20 menit dan bilas dengan air hangat.

Mengatasi Masalah Kulit Kering

Manfaat kentang untuk wajah selanjutnya yakni mengatasi masalah kulit kering. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda hanya perlu memarut kentang dan menambahkan setengah sendok teh dadih.

Setelah itu, oleskan pada wajah dan diamkan kurang lebih 20 menit. Bilas wajah dengan air sampai bersih.

Memperlambat Tanda Penuaan

Salah satu tanda-tanda penuaan yaitu munculnya kerutan di wajah. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda dapat memanfaatkan kentang. Kentang dinilai efektif dalam memperlambat tanda-tanda penuaan.




Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda hanya perlu menumbuk kentang yang sudah dikupas, lalu oleskan pada kulit wajah Anda. Diamkan selama kurang lebih 20 menit, dan bilas dengan air.

Mencerahkan Wajah

Manfaat kentang untuk wajah berikutnya yaitu dapat mencerahkan wajah. Anda dapat mencampur kentang dengan jus lemon atau yoghurt yang disebut mampu mencerahkan kulit. Lakukan secara teratur untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Bantu Obati Kulit yang Terbakar Matahari

Kentang juga dapat membantu mengobati kulit yang terbakar matahari. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda dapat melakukan langkah berikut ini.

Siapkan kentang dingin yang sudah diiris, lalu tempelkan di area kulit yang terkena sengatan matahari. Diamkan selama kurang lebih 20 menit, lalu bilas. Selain itu, Anda juga dapat mengoleskan jus kentang pada kulit.

Semoga artikel ini bermanfaat ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *