Nepal Van Java Dusun Butuh Magelang

Nepal Van Java Dusun Butuh Magelang

Nepal Van Java Dusun Butuh Magelang  terdapat sebuah desa yang memiliki pemandangan mirip dengan wisata di Nepal.

Dahulunya dusun tersebut hanyalah jalur perlintasan biasa yang dilalui para pendaki Gunung Sumbing. Sebelum menjadi desa wisata, masyarakatnya Nepal van Java umumnya berprofesi sebagai petani sayur mulai dari wortel, kentang, kol juga sayuran lainnya. Namun ketika wisatawan berdatangan, perekonomian pun makin maju.


Nepal Van Java Dusun Butuh

Nepal van Java atau kampung Nepal Terletak di lereng Gunung Sumbing di Dusun Butuh, Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Kemiripan panoramanya dengan Nepal terlihat pada rumah-rumah yang dibangun di lereng Gunung Sumbing. Jika dilihat sekilas, rumah penduduk tersebut nampak tersusun bertumpuk dan menciptakan pemandangan layaknya pemandangan perdesaan Namche Bazaar di Nepal yang berlokasi di Pegunungan Himalaya, hingga terciptalah julukan Nepal van Java pada 2019.

Baca Yuk :

Dusun Butuh merupakan dusun tertinggi di Kabupaten Magelang, yaitu dengan ketinggian 1.600 mdpl. Sehingga saat kita berkunjung pun akan merasakan udara yang bersih, asri, dan sejuk. Letaknya  berada di kaki lereng gunung membuat suasana dingin dan udara sejuk pun langsung menyelimuti.

Nepal van Java juga dilengkapi berbagai spot Instagramable yang dapat kita gunakan untuk berfoto dan membagikannya di media sosial.

Beberapa tempat tersebut  yaitu :

  • Gapura Dusun
  • Teras Nepal
  • Taman Depok
  • Teras Masjid
    Gapura Pendakian

Rute Menuju Nepal van Java

Untuk menutu ke Nepal van Java terdapat dua rute yang bisa kita pilih, yaitu melalui Yogyakarta dan Semarang. Bedanya, jika dari Yogyakarta kita membutuhkan waktu tempuh sekitar 2 jam.  Jika dari Semarang dan menggunakan jalan tol, kita memerlukan waktu sekitar 2,5 jam perjalanan.

Apabila sudah mulai memasuki Kota Magelang, ikuti jalur menuju Pasar Kaliangkrik, yang jaraknya sekitar 12 kilometer. Dari pasar tersebut kita ikuti jalan hingga tiba di Sekolah Dasar Negeri Desa Temanggung.

Kemudian ambil kanan, dan naik sekitar 6 kilometer ke arah basecamp Sumbing melalui Dusun Butuh, Kaliangkrik. Nantinya kita bisa menemukan lokasi Nepal van Java, sekitar 400-500 meter sebelum basecamp Gunung Sumbing via Butuh Kaliangkrik.

Untuk rute Pulang dari Nepal van Java ini, pengunjung bisa saja lewat rute yang sebelah barat, Desa Sukomakmur, Pasar Gatukan terus ke timur itu lebih mengurangi risiko karena jalannya tak terlalu curam.

Jika berencana berkunjung ke Dusun Butuh, simak dulu tipsnya berikut ini:

  • Pastikan kendaraan kuat menanjak
  • Jika menggunakan kendaraan matic waspada rem blong
  • Pakai kamera drone sehingga rumah-rumah warga akan tampak seolah benar-benar bertingkat atau bertumpuk seperti di Nepal.
  • Datang saat cuaca cerah lagit biru di angkasa juga makin mempercantik pemandangan. Kombinasi langit biru, hijau Gunung Sumbing, dan perumahan penduduk akan tampak begitu padu.

Itulah informasi Nepal van Java, karena memiliki pemandangan berupa rumah penduduk yang seolah bertumpuk di lereng gunung, seperti Negara Nepal.

Referensi: kemenparekraf.go.id, kompas.com

Baca Yuk :

Rekomendasi Untuk Anda :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *