dayung-kayu

Peralatan Rafting : Jenis-jenis Dayung

posted in: Rafting | 0

Peralatan Rafting : Jenis-jenis Dayung. Wisata petualangan rafting salah satu rekreasi yang disukai banyak orang, kegiatan olah raga adu nyali ini ada di sejumlah tempat di Indonesia.Memang wisata rafting atau rekreasi arung jeram ini harus menggunakan peralatan dengan standar keamanan, sehingga peserta rafting saat mengarungi jalur atau lintasan di sungai merasa, fun, aman dan nyaman selama aktivitas. Dengan perlengkapan yang digunakan sangat penting untuk meminimalis kecelakaan dan kejadian tak terduga lainnya.

Peralatan Rafting : Jenis-jenis Dayung

Baca Yuk :

Berikut salah satu peralatan rafting, dayung kayu yang siap di gunakan untuk bermain rafting. Setiap dayung terdiri dari 3 bagian, yaitu :

  1. Pegangan, berbentuk huruf T, biasa disebut T grip.
  2. Gagang, terbuat dari bahan alumunium.
  3. Blade/bilah, terbuat dari bahan fiber dilapisi serat karbon yang ringan dan kuat. Namun ada pula yang terbuat dari bahan campuran plastik.
  4. Seperti namanya digunakan untuk mendayung boat, dayung tersebut berfungsi untuk mengatur laju boat baik untuk maju, belok, mundur ataupun berhenti. Kekuatan termasuk berat dayung tersebut sangat penting. Dayung biasanya terbuat dari kayu, fiber, plastik dan aluminium. Yang terbaik adalah dayung aluminium dan plastik, karena ringan dan bisa terapung dalam air. Pegangan pada ujung dayung berbentuk hurup T dan gagangnya terbuat dari aluminium. Panjang dayung antara 150 -170 meter disesuaikan dengan peserta rafting.

Ada beberapa jenis dayung yang bisa digunakan untuk arung jeram, antara lain :

  1. Dayung kayu, lebih berat dan kekuatannya kurang dibandingkan dengan dayung yang dibuat dari bahan lain.
  2. Dayung fiber glass, dayung ini cukup ringan tetapi mudah pecah dan pecahannya sangat tajam, bisa melukai pemakai atau orang disekitarnya.
  3. Dayung aluminium dan plastik, dayung ini cukup ringan, terapung di air dan lebih kuat dari dayung lainnya yang tersebut diatas. Saat ini para operator arung jeram di seluruh dunia kebanyakan menggunakan dayung ini.

Untuk pengarungan dengan perahu karet, berdasarkan pemakaiannya dikenal dua macam dayung. Yaitu :
1. Dayung paddle

Dayung ini digunakan untuk pengarungan dengan perahu berawak banyak, jadi masing-masing awak perahu menggunakan satu dayung. Ukuran panjang dayung disesuaikan dengan ukuran tubuh dan kekuatan awak perahu serta ukuran perahu. Panjang dayung umumnya berkisar antara 150 cm-170 cm.

2. Dayung OAR
Ukuran dayung OAR lebih panjang dari dayung paddle, hal ini dikarenakan dayung OAR memerlukan rangka (frame) sebagai peganggannya. Rangka ini dipasang melintang di atas tabung perahu. Sepasang dayung OAR (kanan-kiri) digerakkan oleh satu orang.

Peralatan Rafting : Jenis-jenis Dayung

Baca Yuk :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *