Tempat Wisata Curug Cinulang di Sumedang. Tempat ini mempunyai keunikan, karena memiliki dua air terjun yang saling berdampingan, yang tentunya sangat mencuri perhatian. Jika kamu ingin berkunjung ke Curug Cinulang.

Air terjun dapat menjadi destinasi alam yang dapat menjernihkan pikiran dan mengusir penat. Jawa Barat memiliki banyak sekali objek wisata ini. Salah satu yang paling mengesankan adalah Curug Cinulang.

Sumedang, kabupaten yang terletak di Jawa Barat, menawarkan banyak destinasi wisata alam yang mempesona. Salah satu yang paling terkenal adalah Curug Cinulang. Dikenal dengan keindahan air terjunnya yang kembar, Curug Cinulang menjadi destinasi favorit bagi wisatawan yang ingin menikmati udara pegunungan yang sejuk dan menyegarkan.

Tempat Wisata Curug Cinulang di Sumedang

Pesona Curug Cinulang

Curug Cinulang memiliki dua air terjun kembar dengan ketinggian masing-masing mencapai 50 meter. Keindahan alam yang ditawarkan oleh Curug Cinulang membuatnya menjadi spot yang sangat instagramable. Banyak wisatawan yang datang ke sini untuk berfoto dengan latar belakang air terjun yang megah.

Selain pemandangan yang indah, suara gemuruh air terjun yang jatuh dari ketinggian juga memberikan efek relaksasi tersendiri bagi para pengunjung. Curug Cinulang merupakan tempat yang sempurna untuk melepaskan penat setelah beraktivitas di kota.

Harga Tiket

Curug Cinulang berlokasi di Jl. Cicalengka, Sindangwangi, Tanjungwangi, Cicalengka, Sumedang. Tempat wisata ini cukup mudah dijangkau dari Kota Bandung, sehingga bisa menjadi alternatif liburan singkat yang menyegarkan.

Baca Yuk :  Permainan Paintball Outdoor Seru di Cileunca Adventure Bandung Selatan

Untuk menikmati keindahan Curug Cinulang, wisatawan hanya perlu membayar tiket masuk mulai dari Rp20 ribu. Harga yang cukup terjangkau untuk pengalaman wisata alam yang luar biasa ini.

Tips Berkunjung ke Curug Cinulang

  • Datang Pagi Hari: Untuk menghindari keramaian dan mendapatkan pencahayaan terbaik untuk foto, sebaiknya datang di pagi hari.
  • Kenakan Pakaian Nyaman: Mengingat lokasi Curug Cinulang yang berada di pegunungan, kenakan pakaian yang nyaman dan sesuai untuk trekking.
  • Bawa Perlengkapan Fotografi: Jangan lupa membawa kamera atau smartphone dengan baterai penuh untuk mengabadikan momen-momen indah di Curug Cinulang.
  • Jaga Kebersihan: Selalu bawa kantong sampah dan pastikan untuk tidak meninggalkan sampah di area wisata.

Curug Cinulang di Sumedang adalah destinasi wisata alam yang menawarkan keindahan air terjun kembar yang mempesona. Dengan tiket masuk yang terjangkau dan akses yang mudah, tempat ini menjadi pilihan ideal untuk liburan singkat yang menyegarkan.

Tempat Wisata Curug Cinulang di Sumedang

1. Lokasi, jam operasional, dan harga tiket masuk

Lokasi: Cicalengka Sindang Wangi, Sindulang, Cimanggung, Sumedang, Jawa Barat, Indonesia, 45364

Jam operasional: 08.00 – 16.00 WIB

Tiket masuk: Rp20.000

2. Rute menuju ke Curug Cinulang

Terdapat sejumlah rute yang bisa ditempuh bila keberangkatan dimulai dari kota Bandung. Salah satunya adalah melalui jalan Nanggeleng – Cirahayu. Di samping itu, kamu juga dapat melewati jalan raya Bandung-Garut dari Cileunyi.

Apabila memakai kendaraan pribadi, dari jalan raya Bandung-Garut menuju by pass Cicalengka, akan ada penunjuk arah ke Villa Aki, kemudian belok kiri dan ikuti saja jalan tersebut. Lokasi air terjun berada kurang lebih 8KM dari situ.

Baca Yuk :  Perlengkapan Rafting : Sepatu Rafting

Sementara itu, bila kamu memilih memakai kendaraan umum, maka perjalanan akan lebih mudah lagi. Dari kota Bandung naik angkutan umum menuju Cicalengka, lalu turun di terminal Cicalengka. Sesudahnya naik angkutan pedesaan jurusan desa Sindulang.

3. Aktivitas yang bisa dilakukan

Curug Cinulang terletak di area pedesaan, sehingga membuatnya memiliki udara yang begitu sejuk dan segar. Selain itu, rimbunnya pepohonan menjadikan suasana semakin asri dan menyenangkan. Wisatawan dapat sekadar bersantai sambil menikmati pemandangan yang tersedia.

Terdapat kolam yang berada di bawah air terjun. Perairannya begitu jernih dan segar. Pengunjung dapat bermain dan berenang di kolam ini. Mereka juga dapat menceburkan kakinya ke sungai.

Di samping itu, di hadapan air terjun ada jembatan yang dibuat dari bambu. Jembatan tersebut menjadi jalan menuju ke area air terjun. Di lokasi ini, pengunjung dapat berhenti sejenak untuk berfoto di jembatan. Dari tempai ini, mereka bisa melihat pemandangan curug dengan lebih jelas.

4. Fasilitas yang tersedia

Sebelum memasuki pintu masuk, kamu akan menemukan parkiran yang cukup luas. Setelahnya, kamu akan disambut dengan beberapa penjual yang menjajakan barang dagangannya. Biasanya mereka menjual makanan, minuman, baju, sandal, atau sovenir lainnya.

Selanjutnya ada banyak pendopo dengan ukuran yang cukup besar yang tersebar di sekitar destinasi wisata. Pendopo ini tergolong sangat nyaman untuk sekadar menjadi tempat istirahat sejenak.

Baca Yuk :  Paintball Cileunca Pangalengan Juli 2024

5. Tips berkunjung

Sampah menjadi masalah yang perlu  diperbaiki di tempat wisata ini. Ini dikarenakan banyaknya wisatawan yang membawa makanan maupun minuman, namun ketersediaan tempat sampah belum cukup memadai untuk memfasilitasi pengunjung dalam membuang sampah. Oleh karena itu, wisatawan sangat disarankan untuk tidak membuang sampah sembarangan dan jika memungkinkan, mereka membawa kantong plastik sendiri sebagai wadah sampah mereka dan kemudian dibuang setelah menemukan tempat sampah.

Selain itu, perjalanan menuju destinasi wisata cukup meliak-liuk dan sempit. Walaupun jalannya telah beraspal, namun wisatawan harus tetap berhati-hati karena di kanan kiri jalan terdapat jurang dan tebing. Di samping itu, yang perlu diwaspadai lagi adalah jalanan berlubang.

Curug Cinulang menghadirkan keindahan yang sukses menyejukkan mata. Kamu bisa menyegarkan pikiran dan membuang kepenatan saat berwisata di sini. Yuk, jadikan destinasi wisata ini sebagai tujuan selanjutnya!

Tempat Wisata Curug Cinulang di Sumedang