outbund arung jeram di bandung

Tips Olahraga Arung Jeram 2021

posted in: Outbound | 0

Tips Olahraga Arung Jeram 2021. BOSAN di rumah dan ingin liburan seru? Tak ada salahnya jika kamu mencoba arung jeram yang bisa memicu adrenalin. Arung jeram merupakan salah satu olahraga yang cukup ekstrem dan menantang adrenalin. Arung jeram ini adalah olahraga menyusuri arus sungai yang deras dengan perahu karet.

Tips Olahraga Arung Jeram 2021

Nah, ada banyak lokasi yang bisa dijadikan tempat olahraga ini, termasuk di Pulau Jawa. Adapun beberapa lokasi arung jeram favorit di wilayah Pulau Jawa seperti Sungai Citarik (Sukabumi), Sungai Pekalen (Probolinggo), Sungai Elo (Magelang), Sungai Progo (Magelang), dan Sungai Cisadane (Bogor).




Arung jeram di aliran sungai ini terhitung cukup menarik dan menantang. Selain aliran sungainya yang deras, juga banyak ditemui bebatuan dalam ukuran besar di sepanjang aliran sungai ini. Mengikuti rafting di aliran sungai Brantas ini memang bisa membuat jantung berdegup kencang.

Tak hanya karena benturan dengan bebatuan sungai, tapi juga efek terjun mengikuti arus sungai yang deras. Sensasi yang ditimbulkan pun beragam. Kadang meliuk seperti ular, kadang pula bergoyang.

Berikut ini beberapa tips olahraga arung jeram 2021 :

1. Kondisi tubuh harus sehat

Kamu harus memastikan bahwa kondisi kesehatan sedang dalam keadaan yang prima. Selain itu, sebaiknya kita juga bisa berenang dan kuat secara mental. Olahraga ini bisa membuat detak jantung berdebar kencang. Sehingga, kondisi kesehatan dan mental harus baik sebelum memulainya.

2. Berkelompok

Jangan nekat melakukan olahraga ini sendirian. Lakukanlah bersama teman atau keluarga. Hal ini untuk berjaga sewaktu-waktu terjadi kecelakaan atau masalah saat melakukan arung jeram.

3. Perlengkapan keamanan harus lengkap

Kita tidak tahu risiko apa yang akan terjadi, misalnya saat kondisi arus yang deras. Oleh karena itu, kita harus memakai perlengkapan keamanan yang mendukung. Hal-hal itu termasuk helm, pelampung, dayung, dan sebagainya.




4. Pakaian nyaman

Gunakanlah pakaian yang nyaman dan cepat kering. Hindari menggunakan baju atau celana berbahan jeans. Begitu juga alas kaki, gunakanlah sandal gunung bertali agar tidak mudah terlepas.

5. Perhatikan arahan guide

Pahami dan ikuti arahan dari guide, serta hindari bertindak ceroboh yang bisa mencelakakan diri sendiri dan orang lain.

Dengan tips di atas, maka olahraga arung jeram bisa menyenangkan sekaligus aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*