Wisata Berkemah Tepi Sungai Pineus Tilu Pangalengan Jawa Barat Harga Terjangkau. Wisata berkemah memang cukup banyak menjamur di daerah Bandung Selatan. Namun Pineus Tilu punya daya tarik tersendiri yang membuatnya berbeda. Selain hutan pinus yang menjadi ciri khas juga terdapat sebuah aliran sungai. Dengan aliran yang cukup deras dengan air jernih khas pegunungan. Kita dapat merasakan sensasi berkemah di tepi sungai berteman suara air mengalir.

Kawasan Bandung Selatan memang sejak lama kita kenal dengan wisata alamnya. Berada di kaki pegunungan, banyak tempat wisata yang menawarkan suasana alam asri. Di daerah Pangalengan ada satu tempat untuk aktivitas camping yaitu Pineus Tilu Camping Ground. Tempat ini menawarkan wisata berkemah di hamparan hutan pinus yang sangat asri.


Wisata Berkemah Tepi Sungai Pineus Tilu Pangalengan Jawa Barat Harga Terjangkau

Harga Menginap di Pineus Tilu

Tempat ini tidak memberlakukan tiket masuk. Sehingga jika kita hanya sekedar berkunjung atau menikmati keindahan bisa masuk secara gratis. Kita baru mengeluarkan kocek jika ingin berkemah.

Sedikit berbeda dengan area berkemah lainnya, di tempat ini berlaku harga paket. Jadi cukup membayar sekali sudah termasuk beragam fasilitas. Berikut harga menginap di Pinus Tilu:

  • Tenda Arpenaz 4.0 Rp650.000 – Rp1.100.000
  • Tenda Arpenaz 4.2 Rp750.000 – Rp1.100.000
  • Camping Pineus Tilu 3 (Tenda) Rp1.500.000 – Rp2.200.000
  • Camping Pineus Tilu 3 (Cabin) Rp1.500.000 – Rp2.200.000
Baca Yuk :  Destinasi Wisata Bandung Selama Ramadhan 2024

Jam Buka

Jika kita berencana untuk berkunjung pastikan melakukan reservasi. Untuk jam reservasi kunjungan, bisa dilakukan mulai pukul 09.00 – 21.00 WIB.

Suasana Berkemah dan Aktivitas

Pineus Tilu Camping Ground adalah kawasan berkemah di daerah Pangalengan Bandung. Sesuai dengan namanya ciri khas dari tempat ini adalah hamparan hutan pinus.

Selain itu di dalamnya terdapat sebuah sungai dengan aliran air yang jernih. Sungai tersebut bisa dipakai untuk berbagai aktivitas air seperti rafting atau berenang. Tempatnya sangat cocok untuk lebih dekat dengan alam bersama keluarga atau sahabat.

Di Bandung memang ada beberapa area berkemah lain di area hutan pinus. Namun Pineus Tilu punya ciri khas yang membuatnya berbeda. Di tempat ini peralatan camping sudah tersedia.

Mulai dari tenda, peralatan tidur, makan, hingga alat pancing. Sehingga kita cukup membawa baju ganti dan perbekalan pribadi. Sehingga cocok bagi yang ingin berkemah tapi tidak mau repot.

Wisata Berkemah Tepi Sungai Pineus Tilu Pangalengan Jawa Barat Harga Terjangkau

Sensasi Berkemah di Tepi Sungai

Di Pineus Tilu area berkemahnya berada di tepi sungai. Tenda-tenda berdiri berjajar dengan kapasitas 4-6 orang. Jadi cocok untuk kita mengajak keluarga merasakan sensasi berkemah di tempat ini.

Berkemah di tepi sungai pastinya akan memberikan sensasi yang berbeda. Suara gemericik air mengalir terasa begitu menenangkan jiwa. Kita dapat bersantai di depan tenda sambil melihat sungai yang indah khas pegunungan.

Baca Yuk :  Harga Paket Outbound Pangalengan April 2024

Sungai ini diapit ratusan pohon pinus yang rindang. Suasana begitu teduh dan segar. Ketika malam tiba suasana semakin bertambah romantis. Alam yang tenang menjadi waktu yang tepat untuk bercengkrama bersama keluarga maupun sahabat.

Menyeruput minuman hangat ditemani ratusan bintang di langit menjadi momen yang pastinya tidak akan terlupakan.

Tak hanya tenda, tersedia pula alat untuk bakar-bakar. Kita bisa menghabiskan malam dengan BBQ dan membakar berbagai makanan lainnya. Kita dapat membawa sendiri jagung hingga sosis untuk semakin menambah variasi. Menghabiskan malam dengan aktivitas seperti ini tentu membuat waktu berjalan tidak terasa.

Ketika pagi kawasannya menyajikan pemandangan indah nan menyegarkan khas kawasan pegunungan. Ratusan pohon pinus yang tersorot cahaya matahari terbit menciptakan panorama yang sangat cantik.

Kabut tipis yang masih menyelimuti semakin menambah kesegarannya. Waktu-waktu tersebut sangat cocok untuk berkeliling area hutan pinus. Tersedia jalan setapak tanah untuk menyusuri setiap sudut hutan pinus.

Selain itu kita dapat menyaksikan keindahan hamparan perkebunan teh. Hal itu karena memang tempat ini bersebelahan langsung dengan kebun teh. Dari kejauhan tampak gunung dan bukit menjulang menyempurnakan panorama yang ada. Di area hutan pinus juga tersedia beragam spot foto yang menarik.

Baca Yuk :  Harga Arung Jeram Rafting Bandung Pangalengan Maret 2024

Serunya Bermain Ratfing

Bagi penggemar aktivitas seru yang menantang bisa mencoba arung jeram. Kita akan diajak menyusuri aliran air sungai dengan perahu kerat. Terdapat beberapa titik jeram yang menambah keseruan.

Arung jeram di tempat ini terbilang sangat aman karena arusnya yang tidak terlalu deras. Anak-anak pun juga bisa ikut aktivitas ini mulai usia minimal 7 tahun. Perlengkapan yang digunakan sangat aman dan sesuai standar.

Wisata Berkemah Tepi Sungai Pineus Tilu Pangalengan Jawa Barat Harga Terjangkau

Memancing

Tak hanya arung jeram, kita pun juga dapat memancing di sungainya. Tidak perlu bingung membawa alat pancing sendiri karena sudah disediakan oleh pengelola. Kita dapat bersantai di depan tenda sembari menunggu umpan dimakan oleh ikan.

Fasilitas Pineus Tilu

Tempat camping ini sudah dilengkapi dengan fasilitas yang sangat memadai. Tersedia area parkir, toilet, musala, terminal listrik, kamar mandi air hangat dan beberapa fasilitas penunjang lainnya.

Lokasi Pineus Tilu

Pineus Tilu Camping ground beralamat di Desa Pulosari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Berjarak sekitar 44 Km dari pusat kota Bandung. Dapat ditempuh dengan perjalanan selama kurang lebih 2 jam.

Wisata Berkemah Tepi Sungai Pineus Tilu Pangalengan Jawa Barat Harga Terjangkau