Wisata Instagrammable Riung Gunung Pengalengan Bandung, Cocok Buat Liburan. Nuansa Riung Gunung Pangalengan menawarkan panorama indahnya hamparan perkebunan teh. Cocok untuk berburu spot instagramable.

Nuansa Riung Gunung Pangalengan berupa wisata keluarga dan outdoor, sangat cocok untuk tempat healing, me time, outbound, pre-wedding, dan lainnya.


Wisata ini sedang ramai dikunjungi terlebih dari kalangan kawula muda, Nuansa Riung Gunung Pangalengan merupakan wisata alam di Bandung yang sedang hits. Nuansa Riung Gunung Pangalengan seringkali disebut sebagai Swiss of Bandung karena punya pemandangan yang menawan.

Wisata Instagrammable Riung Gunung Pengalengan Bandung, Cocok Buat Liburan

Nuansa Riung Gunung menawarkan akomodasi di Bandung dan berjarak sejauh 250 meter dari Wisata Nunasa Riung Gunung. Properti memiliki tempat parkir. Setiap tenda dilengkapi dengan alas tidur dan kamar mandi bersama. Bak mandi dan ember tersedia di kamar mandi.

Tamu dapat menikmati makanan di Warung Umi. Pilihan tempat makan lain juga tersedia di sekitar properti. Bandara terdekat adalah Bandar Udara Internasional Husein Sastranegara, 46,3 km dari properti.

Tentang Keindahan Riung Gunung Pengalengan

Kata “riung” dalam nama Riung Gunung diambil dari bahasa Sunda, yang artinya berkumpul saling berhadap-hadapan. Jadi, nama Riung Gunung berarti gunung-gunung yang berkumpul atau saling berhadapan.

Area ini cukup luas hingga beberapa kilometer, dengan ketinggian sekitar 1500 mdpl. Hamparan kebun tehnya memiliki luas sekitar 30 hektar. Di destinasi wisata ini, pengunjung bisa merasakan udara sejuk pegunungan, dan hamparan kebun teh yang indah.

Baca Yuk :  Tempat Wisata Alam di Bandung Barat yang Lagi Trending 2024

Sangat cocok dikunjungi saat butuh suasana alam setelah lelah dengan berbagai pekerjaan. Tak heran jika Riung Gunung Pengalengan selalu ramai dikunjungi saat momen liburan.

Namun, saat ini Riung Gunung masih dalam tahap pengembangan, sehingga masih ada beberapa spot wisata yang belum selesai. Riung Gunung Pengalengan adalah destinasi wisata alam di Bandung yang sedang hits.

Di sini, kita dapat menjumpai hamparan kebun teh yang tertata indah, dengan pemandangan alam yang menyejukkan mata. Saking indahnya, Riung Gunung Pengalengan sering dijuluki Swiss-nya Bandung, lho!

Daya Tarik Wisata Riung Gunung Pengalengan

Seperti halnya tempat wisata lain, Riung Gunung Pengalengan juga memiliki banyak daya tarik. Salah satunya adalah Sky Walk, spot yang paling jadi favorit pengunjung yang suka berfoto.

Sky Walk adalah jembatan kayu yang dibuat membentang dan membelah perkebunan teh dengan sangat indah. Panjangnya sekitar 400 meter, dan pengunjung bisa melintasi jembatan ini sambil melihat indahnya kebun teh.

Di tempat wisata ini juga ada tempat untuk yang hobby camping. Area camping ini cukup luas dan bisa menampung hingga 50 tenda. Jika tidak punya tenda dan perlengkapan camping lainnya, di sini juga ada tempat untuk menyewanya.

Tempat wisata ini berupa area perkebunan teh yang luas yaitu sekitar 30 hektar. Suasananya juga sangat menyegarkan sehingga tidak heran dijadikan sebagai tempat wisata andalan di Pangalengan.

Baca Yuk :  Permainan Outbound Terbaru Cocok Untuk Perusahaan

Salah satu daya pikat wisata ini yaitu adanya sky walk. Sky walk ini berupa jembatan kayu yang membentang dan membelah perkebunan sepanjang 400 meter.

Banyak wisatawan yang mengabadikan momennya di sana karena latarnya yang begitu cantik. Selain itu, wiata ini juga punya tempat camping yang cukup luas. Mampu menampung hingga 50 tenda.

Bagi yang tidak membawa perlengkapan camping, bisa menyewa dengan harga mulai dari Rp50.000 sesuai dengan jenis tenda yang diinginkan.

Untuk fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap mulai dari bean bag, kolam renang, warung makan, area outbound, flying fox, musala, lahan parkir, dan masih banyak lagi.

Harga tiket masuknya sebesar Rp10.000 per orang. Ada pun biaya tambahan seperti mencoba wahana dan mendirikan tenda mulai dari Rp15.000.

Nuansa Riung Gunung buka selama 24 jam. Namun untuk menikmati wahananya hanya dibuka mulai dari pukul 09:00 WIB hingga pukul 16:00 WIB.

Lokasi, Rute, dan Harga Tiket Masuk Riung Gunung Pengalengan

Riung Gunung Pengalengan berlokasi di Kp. Riung Gunung, Desa Pulosari, Pangalengan, Bandung, Jawa Barat. Destinasi wisata ini berjarak sekitar 50,2 kilometer dari pusat Kota Bandung, Dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 1,5 jam.

Akses jalan menuju lokasi wisata memang sedikit berbatu. Jadi, Kamu harus berhati-hati saat menuju ke sini, ya. Jalan menuju Riung Gunung Pangalengan dapat diakses oleh mobil maupun motor.

Baca Yuk :  Wisata Hidden Gem di Garut Bisa Jadi Spot Healing dan Liburan Puasa Ramadan 2024

Lokasi parkir motor berada di bagian dalam, sedangkan untuk parkir mobil berada di dekat jalan raya. Jika Kamu menggunakan jalan Tol dan keluar di Tol Buah Batu, belok ke kanan untuk menuju Baleendah/Dayeuhkolot-Banjaran.

Lalu, jika sudah tiba di bundaran, ambil arah menuju Jalan Situ Cileunca. Setelah itu, Kamu tinggal mencari lokasi wisata Riung Gunung. Jam operasional Riung Gunung Pangalengan adalah mulai pukul 07.00 sampai 17.00 WIB.

Namun, bagi yang ingin camping, terbuka waktu 24 jam non stop. Harga tiket masuk untuk tempat wisata ini pun cukup murah, yaitu hanya Rp10.000 saja per orang.

Jika membawa kendaraan, ada biaya parkir motor sebesar Rp5.000, sedangkan biaya parkir mobil sebesar Rp10.000. Namun, jika ingin camping, ada beberapa biaya tambahan, seperti:

  • Biaya tiket camping sebesar Rp25.000.
  • Biaya parkir motor Rp10.000.
  • Biaya parkir mobil Rp25.000.

Lokasi Nuansa Riung Gunung Pangalengan berada di Riunggunung, Pulosari, Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40378.

Nuansa Riung Gunung buka selama 24 jam. Namun untuk menikmati wahananya hanya dibuka mulai dari pukul 09:00 WIB hingga pukul 16:00 WIB.

Lokasi Nuansa Riung Gunung Pangalengan berada di Riunggunung, Pulosari, Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40378. Jaraknya dari Alun-Alun Bandung 46 km atau sekitar 1 jam 50 menit perjalanan.

Wisata Instagrammable Riung Gunung Pengalengan Bandung, Cocok Buat Liburan

Selamat berlibur 🙂