Wisata Kuliner Legendaris di Kota Bandung, Ada Kue Balok Mang Salem hingga Sate Bu Ngantuk. Beragam kuliner yang tersaji sehingga menjadi pilihan bagi siapa saja yang datang ke Kota Kembang. Dari mulai kuliner jadul hingga modern banyak tersaji dengan rasa yang lezat.

Kuliner legendaris Bandung banyak tersebar di sejumlah tempat, bahkan sampai ke sudut kota. Wajar jika Kota Bandung disebut sebagai surganya wisata kuliner.

Banyaknya kuliner legendaris ini menjadikan Kota Bandung sebagai tempat yang cocok untuk bersantap berasama keluarga, kolega atau sahabat.

Wisata Kuliner Legendaris di Kota Bandung, Ada Kue Balok Mang Salem hingga Sate Bu Ngantuk

Aneka makanan enak Bandung ini dijual dengan harga mulai dari Rp 10.000. Ada banyak pilihannya, mulai dari masakan tradisional hingga yang hits masa kini.

Sedang berada di Bandung, Jawa Barat? Jangan lewatkan untuk mempir ke sederet tempat makanan enak di Bandung dari yang legendaris hingga yang kekinian.

Ketika malam hari tiba masyarakat berbondong-bondong menjajal aneka kuliner, beragam macam kuliner tersedia di Bandung. Mulai dari makanan ringan, makanan berat hingga desserts.

Kota Bandung selain dikenal akan kaya wisata juga dikenal sebagai salah satu wisata kuliner yang paling legendaris. Banyak kuliner di Bandung yang menawarkan cita rasa yang autentik membuat para wisatawan sangat menggemari berbagai macam kuliner di Bandung.

Wisata Kuliner Legendaris di Kota Bandung, Ada Kue Balok Mang Salem hingga Sate Bu Ngantuk

1. Nasi Kalong

Dari namanya saja sudah memiliki ciri khas jika kuliner ini buka ketika malam hari. Nasi kalong ini memiliki konsep prasmanan, jadi kalian dapat memilih sesuai dengan selera masing-masing.

Nasi kalong ini setiap harinya menyediakan menu yang berbeda-beda. Jadi untuk para konsumen tidak akan pernah bosan dengan menu yang tersedia.

Beralamat di Jl. RE Martadinata No.102, Cihapit, Bandung Wetan, Bandung, Jam operasional buka: 11.00-22.00 WIB dan untuk harga mulai dari Rp30.000.

2. Sate Bu Ngantuk

Sate legendaris yang terdapat di Bandung, diberi nama sate Bu Ngantuk lantaran penjual yang melayani sate tersebut selalu terlihat ngantuk. Sate ini buka ketika malam hari karena itu penjual terlihat sangat ngantuk.

Sate ini berbeda dengan tempat lain, karena pada sate ini berupa daging ayam dengan bumbu kecap serta bumbu kacang kemudian diatas sate tersebut ditaburi oleh koya.

Alamat Jl. Ranca Bentang III, Ciumbuleuit, Kec. Cidadap, Bandung, jam operasional buka: 24 jam dan Kisaran Harga: Rp1000/tusuk.

Baca Yuk :  Harga Rafting Pangalengan Bandung September 2021

Wisata Kuliner Legendaris di Kota Bandung, Ada Kue Balok Mang Salem hingga Sate Bu Ngantuk

3. Bubur Bejo

Bubur ini sangat legend di Bandung lantaran berdiri sejak 40 tahun lalu dan menjadi salah satu bubur terfavoritnya orang Bandung.

Bubur ayam dengan toping cakwe dan terdapat toping telur. Di bubur bejo juga tersedia sate jeroan, seperti usus, ampela, hati dan masih banyak lagi.

Bubur Bejo ini terletak pada Jl. Jenderal Ahmad Yani No. 173, Ahmad Yani, Bandung, harga sekitar Rp. 15.000 – Rp20.000.

4. Steak Warjo

Kedai ini tidak pernah sepi pembeli. Disini kalian dapat merasakan steak hotplate dengan harga yang terjangkau. Steak terbagi menjadi dua, Steak ayam dan Steak sapi.

Terdapat pilihan saus, seperti Black Pepper, Mushroom, Cheese, dan Brown Sauce. Dan juga terdapat tingkat kepedasan dapat diatur mulai dari 0-5.

Berada di Jl Karapitan Nomor 11A, Burangrang, Lengkong, Bandung, buka pukul 09.00-20.00 WIB di weekdays dan 10.00-22.00 WIB di weekend. Harga mulai dari Rp30.000 -Rp60.000.

5. Kue Balok Mang Salem

Untuk yang terakhir ini ada dessert, setelah menikmati berbagai macam makanan ringan dan berat yang gurih selanjutnya ada dessert.

Kue Balok mang salem ini terkenal akan kelezatan dan adonan nya yang sangat halus. Selain itu berbagai topping, seperti cokelat, keju, kismis, bluberry, strawberry, nanas, hazelnut, tiramisu, matcha, ovomaltine dan masih banyak lagi.

Harganya yang sangat murah sekitar Rp. 3.000, lokasi kue balok mang salem ini berada di Jl. Ir. H. Juanda No 151, Dago, Bandung. Buka pada pukul 17.00-22.00.

6. Bubur Ayam Mang H. Oyo

Bubur memang selalu menjadi pilihan untuk sarapan. Kamu bisa sarapan bubur khas Bandung ke Bubur Ayam Mang H. Oyo.

Bubur yang dijual di sini terbilang unik. Konon jika kamu membalik mangkuk berisi bubur dari kedai ini, buburnya tidak akan tumpah karena tekstur bubur sangat kental.

Beras yang digunakan untuk bubur juga merupakan beras yang dipanen dari sawah milik H. Oyo sendiri.

Lokasi Kedai Bubur Ayam Mang H. Oyo berada di Jalan Sulanjana Nomor 30,Tamansari, Kota Bandung.

Untuk menikmati bubur ayam mang H.Oyo kamu bisa datang sejak pukul 06:00 WIB.

7. Cafe D’Pakar

Cafe D’Pakar berlokasi di Jalan Dago Pakar Utara Sekejolang, Ciburial, Bandung, Jawa Barat. Buka dari pukul 09.00-21.00 WIB.

Tempat makan outdoor di Bandung ini menawarkan ruangan terbuka dengan pemandangan alam yang masih asri.

Baca Yuk :  Harga Team Building Situ Cileunca dan Nimo Highland Pangalengan Terbaru Januari 2024

Ada aneka menu makanan mengenyangkan seperti Nasi Goreng Kencur, Ayam Geprek Sambal Bawang, Nasi Tutug Oncom, dan Nasi Sop Buntut dengan harga mulai dari Rp 22.000-150.000.

8. Iga Bakar Mas Giri

Iga Bakar Mas Giri salah satu tempat makan iga bakar yang populer di Bandung, bisa kamu coba.

Iga Bakar Mas Giri menyediakan aneka olahan iga bakar seperti Nasi Goreng Iga Bakar, Iga Kambing Bakar, dan Iga Bakar Blackpepper.

Iga Bakar Mas Giri juga mempunyai tempat cukup luas untuk makan malam bersama keluarga.

9. Rumah Makan Khas Sunda Cibiuk

Rumah Makan Khas Sunda Cibiuk berada di Jalan Soekarno Hatta Nomor 508, Batununggal, Bandung Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat. Buka dari pukul 09.00-21.00 WIB.

Ada saung yang bisa kamu tempati bersama keluarga atau teman dengan sungai yang mengelilinginya.

Kamu bisa pesan menu paket nasi liwet untuk 2-5 orang dengan harga mulai dari Rp 104.000-340.000.

Ada pun menunya seperti, Nasi Liwet, Ayam Kampung Goreng, Gurame Bakar, dan Aneka sambal.

10. Nasi Bancakan

Nasi Bancakan berlokasi di Jalan Diponegoro Nomor 25, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat. Buka dari pukul 09.00-22.00 WIB.

Ada puluhan menu makanan khas Indonesia yang bisa kamu ambil sendiri.

Seperti Nasi Liwet, Asin Gabus, Lalapan, Burung Puyuh, hingga Nasi Timbel dengan harga mulai dari Rp 3.000-21.000.

11. Miss Bee Providore

Berlokasi di Jalan Rancabentang Nomor 11A, Ciumbuleuit, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat, Miss Bee Providore termasuk tempat makan yang ramah anak.

Restoran ini memiliki ruang yang luas. Ada bagian dalam dan luar ruangan untuk tempat makan.

Anak-anak bisa bermain di ruang terbuka, lengkap dengan fasilitas berupa meja, bangku, dan ayunan. Beragam menu juga tersedia di Miss Bee Providore, mulai dari camilan, makanan ringan, hingga minuman.

Kamu bisa menikmati Mushrooms Carbonara, Salmon Alfredo, Crispy Duck Curry, Oxtail Goreng, serta aneka minuman panas dan dingin seharga mulai Rp 50.000-an.

Miss Bee Providore buka setiap Rabu-Senin pukul 07.00-22.00 WIB dan Selasa pukul 10.30-22.00 WIB.

12. Mie Ayam Cipaganti

Tempat makan mie ayam legendaris di bandung salah satunya adalah Mie Ayam Cipaganti.

Rasa mie ayamnya gurih. Harga seporsi mie ayam gerobakan ini berkisar Rp 10.000 dan Anda cukup membayar Rp5.000 jika ingin menambahkan bakso.

Lokasi mie ayam cipaganti berada tepat di depan Masjid Cipaganti, Anda akan mudah menemukannya.

Baca Yuk :  Harga Rafting Pangalengan Bandung

Mie Ayam Cipaganti berlokasi di Jalan Cipaganti Nomor 85, Pasteur, Sukajadi, Kota Bandung, Jawa Barat. Buka pukul 10.00-17.00 WIB.

13. Hong Sin Restaurant

Hong Sin Restaurant merupakan restoran chinese food yang berlokasi di Jalan Banceuy Nomor 110, Braga, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat.

Restoran ini menjual Daging Sapi Ca Saus Tiram, Soun Goreng, Ayam Kuluyuk, Nasi Tim Ayam, Pangsit Ca Asam Manis, Puyunghay, dan Bakso Ikan Kuah.

Selain itu, Hong Sin Restaurant juga menjual masakan mengandung babi. Harga makanan di Hong Sin Restaurant berkisar Rp 60.000 hingga Rp 190.000.

Kamu bisa datang ke Hong Sin Restaurant setiap hari pukul 07.00-14.00 WIB, dilanjut pukul 17.00-22.00 WIB.

14. Batagor Kingsley

Tempat makan batagor enak di Bandung yang pertama adalah Batagor Kingsley. Lokasinya berada di Jalan Veteran Nomor 25, Kb. Pisang, Sumur Bandung, Kota Bandung. Buka dari pukul 08.30-18.30 WIB.

Ada menu Batagor Goreng, Batagor Campur Goreng, Batagor Baso Kuah yang bisa kamu pesan dengan harga mulai dari Rp 30.000.

Selain batagor, ada menu makan mengenyangkan yang juga kamu pilih seperti Bihun Goreng Seafood, Chicken Katsu dan Nasi, Nasi Goreng Kambing dengan harga mulai dari Rp 37.500-55.000.

15. Bakso Aci Masjay

Salah satu tempat makan bakso aci terkenal di Bandung ini berdiri pada 2017.

Bakso Aci Masjay memiliki konsep ruang makan yang nyaman dan estetik dengan kapasitas hingga 50 orang.

Kamu bisa memesan aneka bakso aci di Bakso Aci Masjay, mulai dari bakso aci kuah rempah membara, bakso aci goreng, bakso aci kuah rempah nusantara, dan bakso aci kuah rempah merapi.

Satu porsi bakso aci dengan ragam kuah tersebut dibanderol seharga Rp 20.000-an.

Jika ingin tambah topping bakso aci dengan sukro, ceker, kikil, atau tulang ayam, kamu perlu merogoh kocek mulai dari Rp 2.000 sampai Rp 9.000.

Wisata Kuliner Legendaris di Kota Bandung, Ada Kue Balok Mang Salem hingga Sate Bu Ngantuk

Selamat mencoba 🙂