Harga Tiket Masuk Tempat Wisata Jembatan Gantung Rengganis di Ciwidey Bandung, Jawa Barat, Terpanjang di Asia Tenggara. Jembatan gantung tersebut berada di Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung.


Sebelum kehadiran jembatan gantung tersebut, wisatawan yang hendak menuju Kawah Rengganis harus melalui jalan setapak buatan warga yang jaraknya lebih jauh.

Kabupaten Bandung punyai wisata baru yang tengah viral di kalangan wisatawan, yaitu Rengganis Suspension Bridge. Pengelola Rengganis Suspension Bridge Marcel menuturkan, Rengganis Suspension Bridge menghubungkan wisatawan dari pintu masuk Kawah Rengganis ke lokasi kawah.

Harga Tiket Masuk Tempat Wisata Jembatan Gantung Rengganis di Ciwidey Bandung, Jawa Barat, Terpanjang di Asia Tenggara

Sebelum kehadiran jembatan gantung tersebut, wisatawan yang hendak menuju Kawah Rengganis harus melalui jalan setapak buatan warga yang jaraknya lebih jauh.

Setelah sampai di titik akhir penyeberangan Rengganis Suspension Bridge, wisatawan hanya perlu berjalan kaki sekitar 300 meter untuk menuju lokasi kawah.

Adapun jembatan gantung dipilih karena merupakan infrastruktur yang menghubungkan dua titik, tanpa merusak bentang alam.

Rengganis Suspension Bridge membentang sepanjang 370 meter, dengan ketinggian 75 meter. Marcel mengungkapkan, panjang Rengganis Suspension Bridge melebihi jembatan gantung serupa di Sukabumi, yaitu Situ Gunung Suspension Bridge.

Sebagai perbandingan, Situ Gunung Suspension Bridge mempunyai panjang 243 meter, dengan ketinggian mencapai 100 meter. Oleh sebab itu, Marcel mengklaim bahwa Rengganis Suspension Bridge merupakan jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara (Asean).

Baca Yuk :  Wisata Air Terjun Curug Batu Templek Bandung Timur, Cek Harga Tiket Masuk

Namun demikian, perancang desain jembatan kedua jembatan gantung tersebut ternyata sama, meskipun pengelolaannya berbeda.

Marcel menuturkan Rengganis Suspension Bridge berada di bawah pengelolaan PT Prakarsa Mulya yang bekerja sama dengan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII.

Rengganis Suspension Bridge membentang di atas hutan serta sungai yang berada di kaki Gunung Patuha. Lokasinya berada di ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut.

Karenanya, saat melintas di atas jembatan gantung tersebut, wisatawan akan disuguhi hamparan hijau hutan belantara serta kebun teh.

Ternyata, jembatan terpanjang di Asia Tenggara ini adanya di Ciwidey Bandung, Jawa Barat lho. Nah di wilayah jembatan terpanjang di Asia Tenggara yang ada di Ciwidey Bandung ini pun sering kali digunakan sebagai tempat wisata para wisatawan terutama pada saat weekend.

Pantas saja hingga kini jembatan terpanjang di Asia Tenggara ini selalu ramai pengunjung setiap harinya. Wah Bandung memang selalu menjadi sorotan dan tujuan wisata para wisatawan dari luar kota ya.

Apalagi dengan adanya jembatan yang sangat tinggi ini. Sehingga cocok untuk kamu yang suka ketinggian apalagi ditemani dengan cuaca Ciwidey Bandung yang saat ini sejuk dan asri.

Selain itu jembatan terpanjang di Asia Tenggara ini pun memiliki gantungan yang kuat dan kokoh sehingga bisa menampung cukup banyak orang.

Baca Yuk :  Team Building Cileunca Pangalengan 2024

Jadi kamu yang berencana liburan akhir pekan atau akhir tahun 2023 ini dan ingin melatih keberanian di ketinggian, cocok banget ke tempat wisata satu ini.

Nah, apakah kamu sudah tahu apa nama jembatan terpanjang di Asia Tenggara yang dimaskud? Ya, jembatan terpanjang di Asia Tenggara yang ada di Ciwidey Bandung Jawa Barat ini adalah Jembatan Gantung Rengganis.

Harga Tiket Masuk Tempat Wisata Jembatan Gantung Rengganis di Ciwidey Bandung, Jawa Barat, Terpanjang di Asia Tenggara

Untuk warga asli di Ciwidey, Bandung tentunya sudah sangat hafal dengan keberadaan jembatan satu ini. Maka itu rasakanlah sensasi berjalan di jembatan terpanjang se-Asia Tenggara ini dengan spot alam yang indah asri dan sejuk.

Kamu dan keluarga akan rasakan juga hembusan angin segar ketika melangkah di atas Jembatan Gantung Rengganis itu. Sebagai tempat wisata yang hits di Bandung, tentu selalu ramai dan jadi pilihan untuk liburan keluarga atau teman dan kerabat kerja.

Ada juga spot alam yang indah dan mempesona yakni ada Situ Patenggang yang bisa kamu dikunjungi sekaligus di wilayah jembatan terpanjang di Asia Tenggara ini. Kabarnya untuk harga tiket sedniri di Kawah Rengganis serta melintasi Jembatan Rengganis, ini sekitar Rp 70 ribu.

Lalu untuk masuk dan merasakan indahnya panorama alam dari Kawah Rengganis, harga tiketnya Rp 15 ribu. Kemudian untuk parkir aman tersedia di area jembatan terpanjang di Asia Tenggara yang ada di Ciwidey Bandung Jawa Barat ini.

Baca Yuk :  Harga Permainan Flying Fox Pangalengan Juni 2024 Terbaru, Seru

Fasilitas juga ada lho mulai dari mushola lengkap dengan mukena, sarung, sajadah, dan juga tempat wudhu yang bersih. Ada juga toilet umum yang bersih juga.

Kemudian untuk jam buka Suspension Bridges dari jam 07.00 sampai 17.00 WIB, sementara Kinara Resto buka dari jam 08.00 sampai 17.00 WIB.

Namun tetap hati-hati ketika hendak menginjak ke jembatan terpanjang di Asia Tenggara atau Jembatan Gantung Rengganis ini jangan lompat atau laris.

Terakhir dipastikan ketika akan naik ke jembatan terpanjang se-Asia Tenggara yang ada di Bandung ini pastikan sudah pakai alat keamanan yang kuat.

Gimana, apakah kamu tertarik berlibur ke jembatan terpanjang di Asia Tenggara yag ada di Ciwidey Bandung Jawa barat ini? Demikian informasi terkait jembatan terpanjang di Asia Tenggara yag ada di Ciwidey Bandung Jawa barat. Semoga bermanfaat.

Harga Tiket Masuk Tempat Wisata Jembatan Gantung Rengganis di Ciwidey Bandung, Jawa Barat, Terpanjang di Asia Tenggara

Sumber :