Tips Tempat Camping di Tepi Danau Atau di Bawah Rindang Hutan Pinus. Masak bersama, menyalakan api unggun menjadi kegiatan yang mengasyikan. Menghabiskan akhir pekan bersama teman-teman akan sangat menyenangkan jika camping di alam terbuka.

Bagi kalian warga Jawa Barat yang ingin camping bersama teman-teman bisa menyimak 4 rekomendasi tempat camping yang dirangkum.

Camping atau berkemah menjadi salah satu aktivitas seru untuk mengisi liburan sekolah. Kamu bisa camping bersama keluarga atau teman-teman di alam terbuka.

Tips Tempat Camping di Tepi Danau Atau di Bawah Rindang Hutan Pinus

Jika ingin liburan ke Kota Kembang, ada tempat camping di Bandung yang bisa menjadi alternatif. Ada pilihan camping di area hutan pinus, kebun teh, tepi sungai, dan tepi danau.

1. Waduk Parang Gombong

Daya tarik yang pertama ialah tempat untuk berkemah, camping ground di Parang Gombong sangat luas. Saking luasnya hingga dapat menampung ratusan tenda.

Meskipun di sini terdapat tempat penyewaan tenda, dimana kamu dapat sewa tenda jika kekurangan, atau bahkan ketinggalan.

Lokasi Wisata Waduk Parang Gombong beralamat di Desa Kutamanah, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

2. Hutan Pinus Gunung Pancar

Hutan Pinus Gunung Pancar berada di area yang sangat luas, dan banyak spot-spot wisata yang bisa dikunjungi oleh wisatawan.

Anda juga bisa berkemah di Hutan Pinus Gunung Pancar. Nikmati sensasi berkemah di bawah hutan pinus, sungguh sangat mengesankan.

Lokasi Hutan Pinus Gunung Pancar berada di Jl. Ke Karang Tengah, Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

3. Jungle Milk Jayagiri

Jungle Milk adalah camping ground yang lokasinya dekat dengan Lorong Lumut. Memberikan suasana berkemah yang sejuk di hutan pinus yang teduh.

Selain camping, Jungle Milk juga dapat dijadikan lokasi piknik yang asyik. Telah disediakan beberapa spot piknik cantik, yang dilengkapi dengan tempat duduk hingga tenda mini.

Lokasi Jungle Milk berada di kawasan Orchid Forest Cikole, tepatnya di Jayagiri, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

4. Suaka Elang Loji Bogor

Baca Yuk :  Harga Tiket Masuk Pantai Pasir Putih Santolo Garut, Cocok Untuk Liburan Akhir Tahun

Suaka Elang Loji selalu dikunjungi para pecinta alam yang ingin menikmati malam dengan mendirikan tenda. Selalu ramai dikunjungi apalagi jika weekend, entah itu oleh sebuah organisasi ataupun perseorangan.

Lokasinya yang luas dan sangat indah merupakan daya tarik dari area camping yang ada di Suaka Elang Loji ini. Kawasan camping ground nya dikelilingi hutan pinus yang sangat indah.

Selain itu kamu juga bisa memasang hammock diantara kedua pohon pinus yang berdekatan. Beristirahat sejenak di atas sebuah ayunan sambil memandang keindahan pohon pinus.

Lokasi Suaka Elang Loji masih berada di Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Tepatnya berada di Kampung Loji, Desa Ciburayut, Kecamatan Cigombong, Bogor, Jawa Barat.

5. Ranca Upas

Ranca Upas adalah salah satu tempat camping populer di Bandung. Obyek wisata ini sempat viral di media sosial beberapa waktu lalu lantaran sebagian rumput dirusak para pengguna motor trail.

Namun, kini tempat penangkaran rusa itu sudah kembali menghijau setelah dilakukan penanaman tumbuhan kembali.

Selain penangkaran rusa, Ranca Upas memiliki bumi perkembahan, fasilitas outbound, pemandian air panas alami, dan lainnya. Berada di ketinggian 1.700 mdpl, membuat suhu udara di Ranca Upas cukup dingin, yakni sekitar 17-20 derajat celcius.

Jika kamu ingin mengisi waktu libur dengan camping di Ranca Upas, lokasinya ada di Jalan Raya Ciwidey – Patengan KM 11, Patengan, Rancabali, Kabupaten Bandung.

6. Taman Langit Pangalengan

Tempat camping di Bandung ini memiliki nama lengkap Taman Langit Pangalengan 360. Sesuai namanya, kamu bisa menyaksikan pemandangan Pangalengan secara 360 derajat, dari ketinggian 1.670 mdpl, seperti dikutip dari Kompas.com (16/5/2023).

Selain area camping, Taman Langit Pangalengan merupakan obyek wisata berupa panorama hamparan kebun teh hijau dari ketinggian. Harga tiket masuk Taman Langit Pangalengan adalah Rp 15.000 untuk dewasa dan Rp 5.000 untuk anak-anak.

Jika hendak camping, tiket masuknya sebesar Rp 35.000. Sementara tarif camping mulai dari Rp 450.000, tergantung paket yang dipilih.

Lokasinya ada di Kampung Puncak Mulya, Jalan Cukul, Sukaluyu, Pangalengan, Kabupaten Bandung.

Baca Yuk :  Pabrik Kopi Luwak Pangalengan Kabupaten Bandung

7. Pine Forest Camp

Jika ingin camping di tengah hutan pinus, maka Pine Forest Camp adalah pilihan tepat. Pine Forest Camp adalah area perkemahan eksklusif yang dikelilingi hutan pinus.

Lokasinya di Suntenjaya, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Berada di ketinggian 1.200 mdpl membuat Pine Forest Camp memiliki udara sejuk dan lingkungan asri.

Area camping ini juga memiliki fasilitas cukup lengkap. Ada kamar mandi umum, jalur trekking, area api unggun, gazebo, mushala, aula terbuka, dan area outbond.

8. Terminal Wisata Grafika Cikole

Berada di kaki gunung Tangkuban Perahu, Terminal Wisata Grafika Cikole memiliki udara sejuk dan segar. Area wisata seluas 9 hektare ini dikelilingi hutan pinus di ketinggian 1400 mdpl.

Obyek wisata ini menawarkan paket wisata komplit, meliputi penginapan, area camping, ruang pertemuan, restoran, outbond, spot foto, serta koleksi flora dan fauna.

Alamat Terminal Wisata Grafika Cikole, berada di Jalan Raya Tangkuban Perahu KM 23, Cikole, Lembang, Bandung Barat.

Jika wisatawan ingin menginap di alam terbuka, maka bisa memilih tipe Tenda Dome dengan tarif Rp 460.000 per tenda. Kapasitasnya empat orang per unit dengan alas permanen sehingga tidak bersentuhan langsung dengan tanah.

Tarif tersebut sudah mencakup fasilitas tiket masuk lokasi wisata, tenda dome, alas tenda, sleeping bag, mi instan, air galon, colokan listrik, kamar mandi air panas (fasilitas bersama), dan api unggun.

9. The Lodge Maribaya

Selain camping, kamu bisa mencoba glamorous camping atau glamping di The Lodge Maribaya. Lokasinya berada di Jalan Maribaya Nomor 149/252, Babakan, Gentong, Cibodas, Lembang, Bandung Barat.

Tarif glamping di The Lodge Maribaya mulai dari Rp 800.000 per malam. Fasilitas glamping The Lodge Maribaya sangat memadai sehingga kamu tidak perlu repot-repot membawa perlengkapan.

Selain fasilitas glamping, ada sejumlah wahana di The Lodge Maribaya yang menarik. Meliputi, ayunan tinggi di wahana Valley Swing, Mountain Swing, dan Extreme Swing.

Wisatawan juga bisa menaiki balon udara, berjalan di atas jembatan kaca yang tinggi, berfoto di Sky Tree dan Bamboo Sky, serta naik Zip Bike dan Gantole.

Baca Yuk :  Belajar Sambil Liburan Di Perkebunan Kopi Malabar Bandung

10. Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang

Tempat camping di Bandung selanjutnya adalah Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang. Lokasinya berada di Jalan Mekarsari, Kecamatan Pasir Jambu, Kabupaten Bandung.

Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang terbagi menjadi tiga blok. Blok atas dan tengah merupakan bukit rerumputan. Sedangkan, blok bawah merupakan hamparan rumput datar di tepi sungai yang menjadi lokasi camping favorit.

Selain camping, Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang menyediakan area khusus glamping bagi wisatawan yang tidak ingin repot membawa tenda dan peralatan camping lainnya.

11. Pineus Tilu Riverside Pangalengan

Area camping Pineus Tilu Riverside Pangalengan berada di pinggir Sungai Palayangan, seperti dikutip dari Kompas.com (1/11/2021). Aliran Sungai Palayangan berasal dari Situ Cileunca sehingga memiliki debit dan arus air yang cukup stabil.

Selama camping, ada berbagai aktivitas seru yang bisa dilakukan. Mulai dari rafting, memancing di kolam, pesta barbeque, dan sebagainya.

Daya tarik Pineus Tilu Pangalengan adalah keberadaan hutan pinus di sekitar area camping.

12. Situ Cileunca

Jika ingin camping di tepi danau, kamu bisa mendatangi Gaspol Situ Cileunca. Lokasinya berada di Jalan Situ Cileunca, Pulosari, Pangalengan, Kabupaten Bandung.

Wisatawan bisa menikmati sensasi menginap di alam terbuka di tepi danau. Fasilitas camping Gaspol Situ Cileunca antara lain toilet, api unggun, alat barbeque, dan sebagainya.

Situ Cileunca merupakan danau buatan seluas 1.400 hektar yang dikelilingi perbukitan dan pegunungan hijau. Selain camping, ada sejumlah wahana di Situ Cileunca, antara lain arung jeram, paintball, flying fox, offroad, river tubing, dan lainnya.

Tips Tempat Camping di Tepi Danau Atau di Bawah Rindang Hutan Pinus

Sumber : https://travel.kompas.com/