pabrik-kopi-luwak-di-Pangalengan-Bandung_1

Pabrik Kopi Luwak Pangalengan

Pabrik kopi luwak Pangalengan adalah salah satu pabrik kopi luwak terbesar di Indonesia. Jika Anda adalah penikmat kopi, maka tentunya tidak asing lagi dengan Ketenaran Kopi Luwak.  Kopi Luwak ini secangkirnya bisa diatas Rp 100 ribu lho di Hotel berbintang dan bbrp Cafe  terkenal di Jakarta.Meskipun sudah cukup tersohor dan mahal, namun bagi sebagian orang yang baru mendengar bagaimana Kopi Luwak dihasilkan, tak urung bikin gentar juga .

Pabrik Kopi Luwak Pangalengan

Di perkebunan kopi, biasanya ada Luwak (Paradoxurus hermphrodirus) atau musang yang memakan biji kopi. Pilihan biji kopi si luwak ini adalah buah kopi merah yang sudah matang untuk dimakan dan tentunya juga yang kualitasnya sangat baik. Buah kopi yang telah di cerna Luwak ini lah yang akan diambil untuk diolah menjadi kopi lezat nikmat tak terkira.



Kopi Luwak merupakan jenis kopi yang sudah sangat terkenal. Kopi ini memiliki rasa dan aroma yang khas sehingga membuat pecinta kopi ketagihan dengan kopi yang satu ini. Sepadan dengan kualitas yang dimiliki, kopi luwak memiliki harga yang cukup merogoh kantong. Kopi luwak ini merupakan kopi yang berasal dari biji kopi pada feses luwak yang tidak ikut tercerna. Proses fermentasi dalam perut luwak inilah yang membuat kopi jenis ini memiliki rasa dan aroma khas.



Pangalengan, Bandung merupakan salah satu sentra penghasil kopi luwak yang terkenal.  Kopi luwak dari pangalengan ini  telah mendapatkan sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan mendapat penghargaan sebagai pengelolaan kandang kopi luwak terbersih se Indonesia serta telah menjadi anggota Asosiasi Kopi Luwak Indonesia.  Budidaya kopi luwak yang dilakukan oleh para petani di Pangalengan menggunakan sistem kandang.

Jenis luwak yang dibudidayakan untuk menghasilkan kopi luwak di Pangalengan adalah luwak pandan bulan yang memiliki bau pandan yang tajam. Luwak ini memiliki kebiasaan mencari buah-buahan kopi terbaik dan yang sudah benar-benar matang fisiologis yaitu buah kopi berwarna merah sebagai makanannya dengan menggunakan indera penciuman yang begitu tajam. Biji kopi yang masih dilindungi kulit keras tidak mampu dicerna luwak akan keluar melalui kotoran luwak.

Di  tanah Pasundan sebenarnya kopi baru dibudidayakan pada akhir tahun 1999, dengan panen perdana tahun 2003. Lahannya ditanam di lahan-lahan perkebunan dan Perhutani bekerjasama dengan masyarakat. Sekarang pabrik kopi luwak tumbuh di PANGALENGAN BANDUNG. Dari tidak adanya pabrik pengolahan kopi, kini ada beberapa pabrik kopi. Tanaman kopi pun tidak hanya ditanam di kawasan perhutani, tapi juga di lahan masyarakat dan lahan PTPN.



Salah satu KOPI LUWAK Pengalengan adalah  Merk GOLDEN LUWAK ( Real Original Coffee Luwak ) dimana Anda dapat menikmati kenikmatan Cita rasa Kopi Luwak Asli yang murni benar-benar kopi luwak. Di PANGALENGAN Anda juga bisa melihat peternakan Luwak yang terletak tepat disamping lokasi pabrik. Di tempat inlah  Luwak ditangkarkan/ diternakkan. Karena ini kopi luwak penangkaran, maka pakan Luwak ini pun dijaga kualitasnya. Luwak itu tidak hanya diberi makan buah kopi, tetapi juga buah-buahan lain seperti pisang, papaya dan juga vitamin daging2an sprt ikan,belut,lele,kerang,dan wiskas serta crickers (vitamin makanan kucing)



Mau kopi luwak merk Golden Luwak silahkan oreder di http://kopiluwakindonesia.co.id/kontak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*