Danau Situ Cileunca Pangalengan Bandung

Danau situ cileunca terletak di Pangalengan Kabuaten Bandung. Dengan letak lokasi sekitar 45 km sebelah selatan kota Bandung atau sekitar 185 km dari kota Jakarta, keindahan Situ Cileunca yang terletak 1100 mdpl ini tak perlu diragukan lagi. Dengan berbagai fasilitas outbond dan adanya taman wisata di tempat ini, tentunya sudah cukup untuk menyampaikan keindahan pesona alam yang ditawarkannya, Swissnya Indonesia, begitulah para wisatawan biasa menyebutnya.

Danau di Pangalengan ini sebenarnya berupa waduk PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air) yang berada di ketinggian 1100 DPL. Luasnya sekitar 1400 hektar, dan mendapat suplai air dari sungai utama Palayangan, yang dikenal juga sebagai lokasi arung jeram. Kondisi alam yang indah dan berhawa dingin karena dikelilingi beberapa gunung dan tebing yang menawan ini merupakan tempat terbaik sebagai lokasi liburan keluarga maupun berkemah oleh kaum muda. Anda disarankan membawa jaket yang cukup tebal karena di malam hari suhu udara mencapai di bawah 15 derajat celcius.

Kegiatan Wisata di Situ Cileunca Pangalengan, Bandung
Ada beberapa kegiatan yang dapat anda lakukan di danau yang indah dan romantis ini :

1. Memancing. Dengan menyewa perahu nelayan tidak lebih dari Rp. 100.000 (ukuran kecil), anda sudah bisa memancing seharian. Beberapa ikan air tawar seperti Mujair, Tawes dan Sepat adalah ikan yang mendominasi di danau terpopuler di Pangalengan.

2. Berkemah. Di wilayah Situ Cileunca banyak tersedia camping ground yang dikelola beberapa pihak. Lokasinya berbeda-beda berdasarkan sisi danau yang diinginkan. Manapun pilihan Anda, tempat ini menyediakan view terbaik untuk Anda.

3. Menikmati liburan di resort. Di sini juga tersedia resort yang cukup nyaman sebagai akomodasi terbaik selama di Danau Cileunca Pangalengan. Fasilitas yang disediakan juga lengkap sehingga cocok sebagai alternatif berakhir pekan.

4. Mengunjungi kebun strawberry. Karena wilayah situ Cileunca yang dingin, maka kawasan ini merupakan tempat yang cocok untuk bertanam strawberry. Dan uniknya, untuk mencapai kebun strawberry ini, Anda perlu menyeberang dengan menggunakan perahu dengan tarif Rp. 5.000 per orang.

5. Arung Jeram. Danau ini merupakan muara dari sungai Palayangan yang memiliki jeram-jeram terbaik dengan tingkat kesulitan sedang. Anda menyukai olah raga yang menantang ini? Silakan ikuti arung jeram di Palayangan yang berakhir di danau ini.

6. Berfoto dan keliling danau dengan perahu. Jika anda ingin mengeksplorasi keindahan obyek wisata ini, disarankan untuk menyewa perahu dan berkeliling sambil mencari spot foto terbaik. Bahkan anda juga bisa menyeberang ke Situ Cipanunjang yang berada di sebelahnya dan tersembunyi.

 

Harga Tiket Masuk Situ Cileunca = Rp.3000/org

Lokasi Situ Cileunca Pangalengan, Bandung :
Desa Wanasari , Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Lat Long : -7.190293, 107.548193

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*