cuanki-serayu

Kuliner Cuanki Santapan Hangat Kala Hujan

posted in: Blog, Kuliner | 0

Kuliner Cuanki Santapan Hangat Kala Hujan. Makanan khas Bandung dengan bunyi tok-toknya ini begitu melegenda. Pasalnya di mana pun kita berada baik itu di area perumahan, taman, atau area publik sekali pun kita pasti dengan mudah menemukan penjual makanan yang satu ini.

Di musim hujan seperti sekarang ini, memakan sesuatu yang hangat akan menjadi pilihan yang tepat. Salah satu santapan berkuah hangat yang mudah ditemukan di seantero Bandung tanpa kecuali, adalah cuanki.



Menurut Mulyana (39) pedagang cuanki Bandung yang sudah berjualan lebih dari 16 tahun mengungkapkan bahan-bahan pembuatan dasar cuanki terdiri dari tepung terigu, aci, dan ikan tenggiri. Sementara untuk pelengkapnya ada baso, tahu, pangsit dan bisa juga ditambahkan mie.

Pedagang cuanki biasanya ditemukan saat sore menjelang malam. Kuah kaldu yang gurih, ditambah empuknya somay dan lembutnya tahu memberikan cita rasa luar biasa pada semangkok cuanki. Tak heran, makanan ini selalu menjadi andalan kala nongkrong bersama kawan.

Cuanki, asal kata makanan ini ternyata merupakan akronim dari Cari Uang Jalan Kaki, itulah sebabnya banyak pedagang cuanki menjajakan daganganya dengan cara dipikul menggunakan pikulan aluminium berwarna silver dengan tulisan cuanki berwarna merah terang.

Kuliner Cuanki Santapan Hangat Kala Hujan

Walaupun berasal dari akronim Cari Uang Jalan Kaki, seiring perkembangan zaman penjual cuanki tak lagi hanya didapati dari pedagang keliling saja. Kini ada juga pedagang cuanki yang menetap di suatu tempat, misalnya Cuanki Serayu yang terletak di Jalan Riau, Bandung.

Tak berhenti di sana, inovasi terus bermunculan, mengikuti pergerakan zaman yang serba cepat. Kini jajanan khas Bandung ini pun melahirkan produk yang bisa dinikmati secara instan.




Kuliner Cuanki Santapan Hangat Kala Hujan

Ya, cuanki instan dari berbagai merek dagang kini bisa ditemukan dengan mudah di berbagai platform market place dengan harga yang bersaing. Walaupun zaman telah berganti, dan cara mendapatkan cuanki telah berubah, namun satu hal yang pasti, nikmatnya cuanki tidak akan terganti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *