Memeluk Pohon Bantu Atasi NDD (Nature Deficit Disorder)

Memeluk Pohon Bantu Atasi NDD (Nature Deficit Disorder)

posted in: Blog | 0

Memeluk Pohon Bantu Atasi NDD (Nature Deficit Disorder). POLA kehidupan masyarakat modern yang cenderung indoor seperti sudah menjadi kewajaran. Sebut saja, beraktivitas di dalam ruangan tertutup, seperti di kamar, apartemen, kantor, mal, dan gym ialah buatan manusia.

Memeluk Pohon Bantu Atasi NDD (Nature Deficit Disorder)

Baca Yuk :

Tanpa disadari, hal itu bisa berpengaruh pada aspek psikis dan fisik karena bertentangan dengan hakikat hubungan manusia dengan alam.



Menurut psikolog dari Universitas Indonesia Ratih Ibrahim, Alam dipindahkan ke digital. Kita menonton screen saver, melihat, dan meraba pohon atau tanaman atau bunga palsu. Matahari diganti dengan sinar lampu dan sebagainya. Hal tersebut diyakini bisa mengarah pada nature deficit disorder/NDD, sebuah istilah yang diangkat oleh Richard Louv dalam bukunya Last Child In The Wood, 2005.

Dengan mengutip Louv, dijelaskan Ratih, kondisi tersebut berkonsekuensi serius meski kerap tidak disadari bahkan diabaikan oleh setiap individu.

Orang menjadi tidak kenal dengan alam itu apa dan bagaimana. Hal ini dalam jangka panjang berdampak terhadap perkembangan fisik, koginitif mental, dan psikososial. Apalagi jika terjadi sejak usia anak-anak.

Kondisi nature deficit disorder dapat memengaruhi perkembangan fi sik, seperti otot, tulang, stamina, dan vitalitas.

Selain itu, nature deficit disorder juga dapat memengaruhi kualitas pola pikir (kognitif), dan berbagai aspek kehidupan lainnya.

Selain berkontak langsung dengan alam seperti memeluk pohon, jelas Ratih, kita juga bisa mendorong orang untuk mulai menanam tumbuhan di rumah, serta menyediakan waktu untuk outbound secara teratur, minimal 2 jam dalam seminggu.

Sambil ikut merawat kelestarian lingkungan, menghormati alam dengan tidak buang sampah sembarangan, tidak membuat limbah termasuk limbah plastik, tidak mencomot atau memindahkan batu, motek atau jebol tanaman, menyakiti binatang, dan lainlain, orang akan mendapatkan manfaat luar biasa dari alam yang sifatnya sangat therapeutic.




Bersatu dengan alam, kata Ratih, harus dilakukan, bukan hanya diucapkan. Hal tersebut kemudian akan memberikan dampak yang baik pada tubuh.

Memeluk Pohon Bantu Atasi NDD (Nature Deficit Disorder)

Sumber : https://www.medcom.id/foto/grafis/0k8R5oON-memeluk-pohon-bantu-atasi-ndd

Baca Yuk :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *