Apa kamu pernah merasa marah? Amarah merupakan suatu emosi yang normal dan sehat yang bisa dialami oleh setiap orang pada suatu waktu. Biasanya amarah didasari emosi seperti kesedihan, ketakutan, atau rasa bersalah. Terutama saat kita sedang merasa stress, kita mungkin mengalami kemarahan lebih sering dari biasanya.

Meskipun suatu hal yang normal, kemarahan bisa menjadi masalah jika tidak terkendali. Beberapa orang mencoba mengelola amarah dan stres yang mereka alami, salah satunya dengan berolahraga. Kira-kira olahraga apa yang bisa dilakukan untuk meredakan amarah ya? Simak ulasan berikut yuk!

Dampak Amarah pada Kesehatan

Amarah didefinisikan sebagai keadaan emosional yang terdiri dari perasaan yang intensitasnya bervariasi dari iritasi ringan atau gangguan hingga kemarahan yang intens, ada 2 jenis amarah:

  • Amarah konstruktif: kemarahan yang dapat membantu seseorang dalam memecahkan masalah dan dapat memiliki komponen pelindung.
  • Amarah destruktif: kemarahan yang digunakan untuk membenarkan perasaan atau untuk mengintensifkan keadaan marah.

Meskipun amarah bisa menjadi emosi yang sehat, itu bisa berdampak buruk bagi tubuh. Bahkan dalam ajaran agama Buddha amarah disebut sebagai salah satu dari 3 racun pikiran, selain keserakahan dan kebodohan.

Amarah bisa memengaruhi kesehatan. Menurut penelitian dalam Journal of Medicine and Life disebutkan bahwa amarah bisa berdampak pada sistem sarah simpatik, dimana ini berkaitan dengan risiko penyakit aterosklerosis atau penyakit jantung koroner. Emosi negatif, termasuk amarah juga merupakan salah satu faktor penyebab perilaku bulimia, gangguan makan yang ditandai dengan kegiatan mengeluarkan kembali makanan yang telah dimakan. Selain itu, kemarahan juga berkaitan dengan meningkatnya risiko kecelakaan di jalan raya.

Baca Yuk :  Bunga Bleeding Heart dengan Bentuk Yang Unik

Mengatasi Amarah dengan Berolahraga

Olahraga telah dikaitkan dengan penurunan risiko berbagai penyakit, termasuk penyakit jantung. Olahraga juga terbukti meningkatkan ketahanan emosional seseorang terhadap stres akut dan bisa membantu mengurangi kecemasan, depresi, dan membantu mencegah amarah. Jadi, ketika kamu merasa marah, olahraga mungkin merupakan cara positif untuk meredakan ketegangan.

Terdapat beberapa jenis olahraga yang biasanya dilakukan untuk mengatasi amarah. Beberapa orang mungkin lebih suka melepaskan amarahnya dengan gerakan eksplosif, seperti tinju, latihan sirkuit, atau lompat tali. Beberapa lainnya mungkin lebih suka menenangkan pernapasan dan mengurangi detak jantung mereka dengan latihan yang melibatkan tubuh dan pikiran seperti yoga, tai chi, atau meditasi. Sementara yang lainnya mungkin menyukai kombinasi keduanya seperti hiking di alam.

Alihkan fokusmu dengan olahraga berikut:

Olahraga bisa membantu kamu berkonsentrasi pada berbagai tantangan gerakan dalam olahraga, sehingga fokus kamu dapat teralihkan dari sumber kemarahan, setidaknya untuk sementara. Berikut beberapa jenis olahraga yang bisa membantumu mengalihkan fokus dari kemarahan:

  • Boxing – latihan ini memaksamu fokus pada kombinasi pukulan dan jab tertentu. Selain itu, latihan ini juga melibatkan seluruh tubuh, membantumu membakar kalori dan membangun kekuatan.
  • Lompat tali – latihan ini membantumu mengalihkan pikiran dari amarah untuk mengoordinasikan kaki untuk melompat. Latihan ini bisa membnatu meningkatkan detak jantung dengan cepat dan membakar kalori.
  • Circuit training – latihan ini membuatmu terus bergerak, berpindah dari satu latihan ke latihan lain dalam waktu singkat. Ini membantumu mengalihkan fokus pikiranmu pada latihan yang sedang kamu lakukan.
  • Outbound – latihan ini meningkatkan rasa percaya diri. Mengembangkan kekompakkan antar kelompok. Meningkatkan ketahanan fisik dan mental. Sarana untuk introspeksi diri.
Baca Yuk :  Paket Outbound Bandung Murah

Tenangkan dirimu dengan olahraga berikut:

Selain dengan meluapkan amarah dan mengalihkan fokusmu, kamu juga bisa melakukan olahraga untuk menenangkan pikiran dan suasana hatimu, seperti melakukan olahraga berikut:

  • Yoga – latihan ini berfokus pada pernapasan yang memusatkan pikiran dan tubuh. Yoga bisa membantumu mengelola amarah dan mengurangi impuls yang mengelilinginya, memungkinkan kita untuk berpikir lebih jernih dan membantu menenangkan diri.
  • Tai chi – seni bela diri asal Cina yang merupakan serangkaian meditasi dan gerakan mengalir dengan laju yang lambat, ini bisa membantumu menenangkan emosi dan menurunkan detak jantung.

Selain melakukan beberapa olahraga di atas, kamu juga bisa melakukan beberapa olahraga lain yang bisa membuat pikiranmu tenang dan fokusmu teralihkan dari rasa marah yang menggebu, seperti melakukan olahraga berikut:

Baca Yuk :  Belajar Sambil Liburan Di Perkebunan Kopi Malabar Bandung
  • Jalan kaki – latihan ini menawarkan berbagai manfaat kesehatan, termasuk penurunan risiko penyakit kardiovaskular dan risiko penyakit kronis seperti diabetes tipe 2. Jalan kaki juga merupakan cara yang bagus untuk melepaskan amarah. Ajak teman atau orang terdekatmu untuk jalan bersama denganmu. Jalan kaki di area terbuka dan bertemu banyak orang bisa mengurangi stres yang kamu alami.
  • Hiking – mendaki gunung dan menikmati alam merupakan cara yang bagus untuk melepaskan stres dan amarah. Berolahraga di lingkungan alami berkaitan dengan perasaan yang lebih baik, penurunan ketegangan, kemarahan dan depresi, serta bisa meningkatkan energi.

Iitulah beberapa olahraga yang bisa membantu meredakan amarahmu. Meskipun olahraga merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengurangi kemarahan, beberapa orang mungkin mengalami kesulitan mengendalikan perasaan mereka, dan ini bisa menimbulkan konsekuensi berbahaya. Jadi, yang terbaik ialah bersikap proaktif sebelum kemarahan meledak dan menjadi masalah. Perlu diingat juga olahraga tidak serta merta menghilangkan seluruh amarahmu, olahraga hanya memberi jalan keluar untuk manajemen ekspresi yang lebih sehat. Sumber : https://wrp.co.id/kelola-amarahmu-dengan-berolahraga/