Tips Traveling Saat Musim Hujan. Beberapa orang mungkin menghentikan aktivitas travelingnya karena faktor cuaca yang dianggap tidak begitu mendukung. Padahal meski hujan, traveling bisa tetap menyenangkan kok.

Traveling saat musim hujan? Kenapa enggak? Meski musim hujan telah tiba, tapi rencana traveling tetap harus terlaksana. Jangan biarkan hujan menghentikan liburan ya.

Dengan persiapan matang, liburan kamu akan tetap nyaman meskipun turun hujan. Musim hujan kerap menjadi kendala untuk berlibur. Namun, bukan berarti kita tidak bisa traveling sama sekali.

Tips Traveling Saat Musim Hujan

Saat bepergian selama musim hujan, diperlukan beberapa persiapan dan tindakan khusus untuk menjaga kenyamanan dan keamanan Anda. Berikut beberapa tips untuk traveling saat musim hujan:

  1. Pilih Pakaian yang Tepat:
    • Gunakan pakaian yang tahan air atau bawa jas hujan agar tetap kering.
    • Kenakan sepatu yang tahan air atau sandal khusus musim hujan.
  2. Bawa Payung dan Pelindung Elektronik:
    • Selalu bawa payung tahan angin yang dapat melindungi Anda dari hujan dan angin kencang.
    • Gunakan pelindung plastik atau tas anti-air untuk melindungi perangkat elektronik, seperti ponsel dan kamera.
  3. Packing Ekstra:
    • Bawa pakaian dan perlengkapan cadangan dalam tas plastik anti-air.
    • Bawa kantong plastik ekstra untuk menyimpan pakaian basah atau kotor.
  4. Pilih Akomodasi yang Tepat:
    • Pilih akomodasi yang memiliki fasilitas perlindungan hujan, seperti payung di kamar atau atap teras.
    • Pastikan tempat menginap dekat dengan transportasi umum atau tempat perlindungan jika hujan sangat deras.
  5. Update Ramalan Cuaca:
    • Pantau perkiraan cuaca sebelum berangkat untuk mengetahui kondisi cuaca di destinasi Anda.
    • Siapkan rencana cadangan jika cuaca buruk mempengaruhi rencana perjalanan.
  6. Perhatikan Kesehatan dan Keamanan:
    • Hindari berjalan di genangan air yang dalam, karena dapat menyebabkan kecelakaan atau penyakit.
    • Pastikan untuk mencuci tangan dengan bersih setelah terpapar air hujan.
    • Jaga barang berharga Anda dengan lebih hati-hati untuk menghindari kerugian akibat kerusakan air.
  7. Siapkan Dokumen Penting:
    • Pastikan dokumen penting, seperti paspor, tiket, dan reservasi, disimpan dalam tas anti-air atau pelindung plastik.
    • Simpan salinan digital dokumen-dokumen tersebut di cloud atau perangkat seluler sebagai cadangan.
  8. Patuhi Peringatan Lokal:
    • Ikuti peringatan dan informasi dari otoritas setempat terkait cuaca buruk atau bencana alam yang mungkin terjadi selama musim hujan.
  9. Pertimbangkan Transportasi Umum:
    • Gunakan transportasi umum jika mungkin. Ini dapat mengurangi stres dan risiko terjebak di jalan yang banjir atau macet.
  10. Fleksibilitas Itinerary:
    • Bersiap untuk merencanakan ulang jadwal perjalanan Anda jika cuaca memburuk.
    • Pertimbangkan untuk memiliki rencana cadangan atau aktivitas dalam ruangan.
Baca Yuk :  Manfaat Outbound Untuk Anak

Dengan mempersiapkan diri dengan baik dan berhati-hati, Anda dapat tetap menikmati perjalanan Anda meskipun cuaca buruk selama musim hujan.

Tips Traveling Saat Musim Hujan

Berikut tips liburan saat musim hujan agar perjalananmu tetap nyaman.

1. Cek ramalan cuaca

Memeriksa ramalan cuaca sebelum pergi berlibur akan membantu kamu mengantisipasi masalah cuaca di destinasi tujuan. Apalagi, jika kamu berencana mengunjungi wisata alam.

Namun, tentunya kamu harus bersiap dengan semua situasi, karena hal itu merupakan konsekuensi dari liburan di musim hujan.

Dengan mengecek prediksi cuaca, kamu bisa merencakan kunjungan ke destinasi wisata. Misalnya, pilih waktu keliling obyek wisata saat ramalan cuaca menunjukkan cuaca terang.

Akan tetapi, ramalan cuaca tak selalu tepat 100 persen. Jadi, kamu juga harus bersiap dengan kondisi terburuk.

2. Bawa payung dan jas hujan

Payung dan jas hujan merupakan dua perlengkapan yang wajib dibawa saat liburan di musim hujan. Kamu bisa memilih payung lipat sehingga barang bawaan tetap efisien.

Pastikan kedua barang tersebut berada di tempat yang mudah dijangkau, sehingga kamu tidak perlu repot membongkar tas ketika turun hujan secara tiba-tiba.

Selain payung dan jas hujan, sebaiknya kamu menggunakan tas anti air. Dengan demikian, barang-barang bawaan kamu terjaga tetap kering.

3. Pilih pakaian yang cepat kering

Pakaian basah kuyup adalah hal yang tidak nyaman. Sayangnya, itu bisa saja jika terjadi jika kita berlibur saat musim hujan. Jadi, kamu harus mempersiapkan mental dengan kondisi tersebut.

Baca Yuk :  Harga Tiket Glamping Cileunca Pangalengan, Tempat Liburan Keluarga Wisata Glamping di Bandung

Tips agar liburan kamu tetap nyaman adalah membawa pakaian dengan bahan yang cepat kering. Misalnya, menggunakan pakaian berbahan katun ringan tentu lebih menguntungkan daripada pakaian berbahan jeans atau wol.

Dengan demikian, kamu bisa mengeringkan baju saat di penginapan dalam waktu singkat.

Dengan bahan yang cepat kering, maka kamu bisa melanjutkan perjalanan tanpa membawa baju basah.

4. Pilih lokasi indoor

Agar liburan tetap nyaman meskipun di tengah musim hujan, cobalah siasati dengan memilih destinasi wisata dalam ruangan (indoor).

Karenanya, kamu perlu membuat rencana perjalanan dengan matang khususnya saat berlibur pada musim hujan.

Saat ini, banyak destinasi wisata indoor yang menyediakan fasilitas tak kalah menarik dengan obyek wisata outdoor.

Sejumlah destinasi wisata indoor telah dilengkapi dengan wahana, taman bermain, dan lainnya serupa dengan obyek wisata outdoor. Jadi, kamu tetap bisa menikmati liburan meskipun di luar tengah ruangan turun hujan.

5. Bawa vitamin

Cuaca yang tidak menentu berisiko pada kesehatan tubuh. Oleh sebab itu, upayakan membawa sejumlah vitamin saat liburan di tengah musim hujan.

Hal tersebut untuk memastikan kondisi tubuh kamu tetap fit meskipun cuaca tidak menentu. Selain itu, pastikan kamu menjaga asupan makanan selama perjalanan.

Jangan sampai tumbang di tengah liburan karena hal tersebut justru membuat perjalanan kamu berantakan.

6. Siapkan dana ekstra

Usahakan memiliki dana ekstra saat liburan di tengah musim hujan. Sebab, cuaca yang tidak menentu juga bisa membuat pengeluaran membengkak, sehingga kamu membutuhkan dana ekstra.

Misalnya, ketika hujan turun mau tidak mau kamu harus menyewa mobil padahal pada rencana awal, perjalanan bisa dijangkau menggunakan motor atau berjalan kaki. Alhasil, kamu harus mengeluarkan biaya ekstra untuk transportasi.

7. Cari Pemandian Air Panas

Ketika memasuki musim hujan ada baiknya kamu memilih destinasi wisata yang bisa kamu gunakan untuk relaksasi, misalnya berendam di pemandian air panas. Berendam dalam air yang hangat sambil menikmati rintik hujan dan hawa dingin pasti bikin suasananya makin syahdu.

Baca Yuk :  Tempat Outbound Di Bandung

8. Manfaatkan Fasilitas Hotel

Saat ini banyak hotel yang menawarkan fasilitas lengkap. Jadi ketika hujan turun, kamu tetap bisa stay di hotel dengan bahagia tanpa perlu ke mana-mana. Tapi jangan salah meski cuma di hotel, kamu bisa memanfaat semua fasilitas hotel yang tersedia. Jadi liburan kamu akan tetap menyenangkan.

9. Hunting Kuliner Hangat

Ketika musim hujan kamu harus akrab dengan udara dingin. Jadi untuk menghangatkan tubuh, kamu bisa hunting kuliner hangat yang bisa menghangatkan tubuh kamu. Misalnya bakso, wedang ronde, teh hangat, sup ayam, dan masih banyak lainnya.

10. Siapkan Barang-Barang Pelengkap Musim Hujan

Karena kamu traveling saat musim hujan, artinya kamu wajib menyiapkan barang-barang pelengkap musim hujan, seperti payung, jas hujan, sepatu boot, dan sandal. Jadi ketika hujan turun, kamu sudah siap dan enggak perlu khawatir basah karena terkena tampias hujan.

11. Gunakan Tas Tahan Air

Wah, yang terakhir penting banget nih, tas tahan air. Ini bertujuan agar barang bawaan kamu terlindungi meski terkena air hujan. Kamu enggak mau kan ponsel kamu tiba-tiba rusak karena terkena air. Atau dokumen penting saat liburan jadi rusak karena basah. Jadi tas tahan air wajib kamu gunakan ketika traveling saat musim hujan ya.

Itu dia tips liburan di musim hujan yang dapat kamu coba agar perjalanan kamu tetap nyaman. Hal paling utama adalah mempersiapkan mental bahwa dalam perjalanan bisa saja kamu kehujanan sehingga perjalanan kamu terkendala.

Tips Traveling Saat Musim Hujan

Sumber : https://travel.kompas.com